Pentingnya Studi Kelayakan Hotel untuk Pengembangan Investasi Jangka Panjang

Pentingnya Studi Kelayakan Hotel untuk Pengembangan Investasi Jangka Panjang

Uji kelayakan, atau Feasibility Study merupakan sebuah syarat mutlak sebelum memulai pembangunan sebuah sarana dan prasarana, tak itu saja, studi kelayakan pun menjadi salah satu dari beberapa hal penting dan fundamental. Sudah pernah dan banyak dibahas sebelumnya mengenai pentingnya studi dan kajian uji kelayakan ini sendiri. Lalu, bagaimana dengan studi kelayakan hotel?

 

Tak jauh berbeda. Hanya saja, pada uji kelayakan hotel yang paling dna lebih banyak dipertimbangkan adalah bagaimana hotel tersebut sebagai badan usaha. Ini tentu saja berbeda dengan studi kelayakan pada rumah sakit atau pada pembangunan jalan.

 

Ada banyak sekali unsur dan aspek kepentingan dari sebuah studi kelayakan. Terutama untuk studi kelayakan pada hotel. Salah satunya adalah uji kelayakan yang berkaitan dengan investasi berjangka panjang untuk hotel. Dan pada kali ini, pembahasan akan dikhususkan pada pentingnya kajian kelayakan dalam segi investasi perhotelan.

 

Studi Kelayakan Hotel untuk Investasi Jangka Panjang

Studi kelayakan hotel merupakan sebuah kajian khususu yang dilakukan sederet tim dan ahli. Masing-masing tim ini akan memeriksa berbagai ruang lingkup dari kelayakan sebuah hotel. Karena itu, studi kelayakan hotel ini umumnya sudah mulai dilakukan atau digelar bahkan sebelum pembangunan atau usaha hotel tersebut dimulai. Seperti disebutkan, akan ada beberapa instansi maupun perseorangan yang behubungan dengan kajian dan studi kelayakan hotel ini. Tepatnya, pihak dan instansi yang berhubungan langsung dengan masalah permodalan.

 

Salah satu fungsi dan tujuan dari studi kelayakan hotel memang adalah untuk menilai, apakah hotel tersebut layak dan pembangunan serta proses berlangsungnya usaha tersebut nantinya sesuai dengan ketentuan, dan prosedur yang berlaku. Studi kelayakan hotel juga akan melihat aspek keuntungan, serta risk factor atau faktor kerugian dari usaha hotel yang nantinya akan dibangun. Karena itu, kajian dan uji kelayakan untuk bidang perhotelan menjadi salah satu dari beberapa hal yang penting dilakukan sebelum investor atau pihak kreditor memberikan investasi.

 

Untuk studi kelayakan hotel sendiri dibagi menjadi dua aspek pasar, yang dibedakan dari ruang lingkup untuk studi kelayakan ini sendiri. Dua aspek dasar dari studi kelayakan ini adalah antara lain.

 

  1. Aspek pasar

Aspek pasar menjadi aspek penting pertama dalam sebuah studi kelayakan di dunia perhotelan. Untuk aspek pasar ini sendiri, konsultan studi kelayakan akan menilai supply dan demand dari produk kehotelan yang akan segera dirilis. Selain itu, untuk studi kelayakan pun akan dinilai mengenai kekuatan pasar dan market demand di daerah tersebut dan juga unsur improvisasi pada pasar nantinya. Hal-hal ini akan menjadi penting sebagai pertimbangan bagi para investor dan kreditor sebelum memberikan investasi dalam jangka panjang.

 

  1. Aspek Finance

Aspek ini masih akan berkaitan dengan aspek pasar yang sebelumnya. Di aspek finance ini, studi kelayakan akan melihat dan mengkaji kemampuan finansial dari usaha hotel bila beroperasi untuk melihat arus cash flow dan kembalinya modal. Selain itu, dari aspek finance ini, kreditur dan juga investor akan dapat melihat kemampuan dari usaha hotel untuk memgembalikan moda,, dan hingga kapan bunga akan bisa benar-benar dibayar seluruhnya. Aspek finance ini menjadi tak kalah penting untuk perkembangan penanaman modal nantinya.

 

Studi kelayakan hotel menjadi sebuah hal yang begitu penting dan fundamental dalam sebuah usaha perhotelan. Tentu saja demi meyakinkan investor dan kreditor untuk mulai bekerja dalam penanaman modal.

grapadi
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website