Tips Memilih Jasa Manajemen Kontruksi Terbaik di Indonesia

Image

Tips Memilih Jasa Manajemen Kontruksi Terbaik di Indonesia

Berbicara mengenai manajemen kontruksi, ada beberapa hal menarik yang bisa diperhatikan. Misalnya dari cara memilih jasa manajemen kontruksi itu sendiri. Di Indoenesia, ada banyak sekali perusahaan jasa yang menyediakan manajemen konstruksi. Terlebih lagi, manajemen konstruksi di Indonesia terdapat bagitu banyak sekali yang menjadikan pilihan mencari jasa untuk manajemen konstruksi pun begitu berat.

 

Sebelumnya, apa itu manajemen konstruksi? Manajemen konstruksi merupakan seluruh proses dari perencanaan, koordinasi hingga kontrol sebuah proyek konstruksi bangunan. Seluruh proses ini akan berada dalam pengawasan manajemen konstruksi untuk memenuhi standar kebutuhan dan kepentingan semua pihak, mulai dari hasil yang fungsional hingga proyek tersebut pun dianggap layak secara finansial. Selain itu manajemen konstruksi pun penting untuk memastikan proyek selesai pada waktu yang ditentukan dengan biaya yang juga sudah ditentukan. Dan tak ketinggalan kualitas proyek yang tepat pula.

 

Memilih Jasa Manajemen Kontruksi dengan Pelayanan Terbaik

Setelah mengetahui apa itu manajemen konstruksi, sudah jelas bahwa jasa satu ini sangat penting untuk memulai sebuah proyek konstruksi. Inilah mengapa jasa manajemen konstruksi merupakan elemen penting sebelum memulai sebuah proyek. Karena inilah, mencari penyedia jasa yang terbaik di Indonesia sendiri, bukan hal yang bisa dianggap mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

 

  1. Tips pertama, cari jasa manajemen konstruksi yang mampu memenuhi fungsi dasar.

Ketika mulai mencari penyedia jasa, sebaiknya benar-benar perhatikan track record dari perusahaan tersebut sebelumnya. Penyedia jasa harus mampu memenuhi beberapa fungsi dari manajemen konstruksi ini sendiri, mulai dari:

  • Fungsi kontrol; fungsi manajemen konstruksi yang pertama adalah menjaga kondisi lapangan dan mengontrol segala perubahan yang mungkin terjadi.
  • Managerial Functional; fungsi kedua adalah melakukan analisa untuk kemampuan lapangan, serta memastikan akan menggunakan sistem komunikasi dan informasi yang baik.
  • Quality Control; Menjaga keselarasan antara pelaksana proyek dan perencanaan proyek.

 

Hasil kajian balik dijadikan sebagai tindakan pengambilan keputusan terhadap masalah-masalah yang terjadi di lapangan, serta memantau kemajuan proyek dan prestasi yang telah tercapai dan dilakukan secara berkala dalam hitungan hari, minggu dan bulan.

 

Sebuah penyedia manajemen konstruksi seharusnya bisa memenuhi semua fungsi diatas dengan baik. Dan tipsnya, untuk mencari manajemen konstruksi pun seharusnya perusahaan dengan semua fungsi tersebut pula.

 

  1. Trik berikutnya adalah memilih tujuan manajemen konstruksi yang baik.

Beberapa hal lain yang harus dipertimbangkan ketika mencari jasa manajemen konstruksi adalah perusahaan yang benar-benar mengetahui tujuan manajemen konstruksi itu sendiri. Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan mengenai tujuan manajemen konstruksi ini sendiri. Beberapa hal dari tujuan konstruksi ini sendiri adalah pengawasan biaya ( Cost Control ), pengawasan mutu ( Quality Control ), dan pengawasan waktu pelaksanaan ( Time Control ). Ketiga tujuan dari manajemen konstruksi ini seharusnya bisa menjadikan sebuah perusahaan penyedia jasa dipercaya dan memiliki kredibilitas yang bisa dipertanggung jawabkan.

 

  1. Tips ketiga, mampu mengikuti seluruh rangkaian proses proyek konstruksi.

Untuk tips ketiga, sebuah manajemen konstruksi seharusnya mampu untuk menjalankan dan mengikuti seluruh proses dari pelaksanaan proyek itu sendiri. Untuk jasa manajemen konstruksi, biasanya akan dibuat sebuah tim khusus untuk menjalankan seluruh bagian dari proyek itu sendiri. Mulai dari proses perencanaan, pelelangan, hingga ketika sebuah proyek dinyatakan layak (feasible), tahapan desain dari proyek, hingga pelaksanaan dan dokumentasi proyek hingga selesai.

grapadi
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website