Manfaat Jasa Pembuatan Studi Kelayakan serta Ruang Lingkupnya

Image

Manfaat Jasa Pembuatan Studi Kelayakan serta Ruang Lingkupnya

Memulai sebuah usaha atau bisnis, ada banyak sekali elemen yang terlibat. Dan tentunya, masing-masing elemen ini memiliki kepentingan dan tujuan masing-masing yang ingin dicapai dari bisnis atau usaha tersebut. Berdasar dari inilah, Jasa pembuatan studi kelayakan menjadi sebuah hal yang penting ketika memulai sebuah bisnis atau usaha, apapun jenis usaha dan bisnis tersebut.

 

Guna dari studi kelayakan ini tentu untuk meyakinkan semua pihak dan elemen yang tergabung dengan usaha bisnis tersebut. Beberapa pihak yang saling berhubungan dengan sebuah usaha, misalnya saja seperti investor, pihak bank yang menjadi penjamin pinjaman modal, pemerintah yang akan berurusan dengan masalah perijinan, hingga pihak direksi dan manajemen dari bisnis dan usaha tersebut akan memerlukan daftar studi kelayakan yang sudah disiapkan.

 

Jasa Pembuatan Studi Kelayakan dan Ruang Lingkupnya

Dari sekian banyaknya pihak dan instansi yang akan berkaitan dengan sebuah bisnis, serta kepentingan mereka pada sebuah bisnis, menjadikan tingkat resiko dan peluang kegagalan menjadi tanggungan dari banyak orang. Oleh karena inilah, jasa pembuatan studi kelayakan dari sebuah bisnis menjadi begitu penting dan fundamental dari terbangunnya sebuah usaha atau pun bisnis.

 

Selain itu, masih ada beberapa hal lain lagi yang menjadikan studi kelayakan menjadi pendting. Pentingnya studi kelayakan ini pun memberikan banayk manfaat untuk para investor itu sendiri. Dibawah ini, adalah beberapa manfaat dari jasa pembuatan studi kelayakan untuk masing-masing pihak and instansi.

 

  1. Manfaat jasa pembuatan studi kelayakan untuk pihak investor

Investor merupakan penanam modal langsung di sebuah bisnis, usaha, atau bahkan investasi dan proyek. Karena itu, laporan study kelayakan yang dibuat oleh konsultan menjadi begitu penting untuk memberi rasa aman dan memastikan modal yang akan ditanamkan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Normalnya, uji kelayakan sudah akan diberikan pada investor sebelum penandatanganan modal dan investasi dilakukan oleh kedua pihak, serta bila ada pihak-pihak lain yang berusan dengan permodalan di sebuah usaha atau investasi.

 

  1. Kreditor atau bank

Selain investor, pihak lain dengan kepentingan yang besar untuk laporan study kelayakan ini adalah bank atau kreditor. Bank maupun kreditor memerlukan kajian lengkap dari sebuah usaha melalui study kelayakan untuk melihat agunan pinjaman yang diajukan, nilai investasi, rist factor atau besarnya peluang kegagalan, hingga menilik alur pengembalian modal demi memastikan sebuah usaha akan mampu memberikan pmebayaran sebagaimana tenggat yang sudah disepakati bersama.

 

  1. Manajemen perusahaan

Pihak manajemen pun memiliki kepentingan yang besar mengenai  jasa pembuatan studi kelayakan ini. Dengan adanya kajian dan laporan study kelayakan, pihak manajemen akan mampu memperkirakan arus untung rugi dari sebuah usaha atu proyek investasi. Selain itu, manajemen pun akan lebih mudah mereka sebuah rencana atau business plan dengan berdasarkan dari FS atau feasibility study ini.

 

  1. Pemerintah

Seperti sempat disinggung diatas, pihak terakhir yang akan memiliki peranan kepentingan besar dari sebuah uji kelayakan ini adlaah pemerintah. Pemerintah penting untuk mengetahui feasibity study atau kajian kelayakan dari sebuah usaha sebelum memberikan ijin. Perijinan yang berdasar dari uji kelayakan ini juga akan bergantung pada masalah pajak yang akan dibayar oleh usaha atau proyek tersebut. Serta tentu saja, pemerintah memastikan usaha tak melanggar peraturan dan perundangan.

 

Pentingnya jasa pembuatan studi kelayakan membuat usaha dan jasa ini begitu dicari. Dan memang penting untuk mendapatkan konsultan uji kelayakan yang benar-benar terakreditasi.

grapadi
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website