Jasa Perencanaan Manajemen

Mitos Soal Jasa Perencanaan Manajemen

 

Bicara soal jasa perencanaan manajemen, maka ada baiknya kita berbicara mengenai hal-hal apa saja yang sering beredar di bidang ini. Perencanaan manajemen sendiri merupakan sebuah skema terstruktur yang menciptakan suatu sistem manajerial atau kepengurusan. Manajerial ini yang nantinya akan berguna dalam menjalankan sebuah organisasi, yang dalam hal ini akan kita fokuskan pada sebuah perusahaan. Lihat juga artikel yang satu ini Konsultan Manajemen.

 

Yang Perlu Dipahami Soal Jasa Perencanaan Manajemen

 

Sebuah jasa yang bergerak dalam bidang perencanaan manajemen sering dianggap sebagai sebuah jasa yang tidak kompeten dan tidak baik untuk disewa. Hal yang menyebabkan anggapan ini adalah munculnya beberapa mitos atau isu berikut ini.

 

Tidak professional? Mitos!

 

Sebuah jasa perencanaan manajemen sering dianggap sebagai sebuah jasa yang tidak profesional. Penyebabnya adalah seringnya sebuah jasa melepas tanggung jawab ketika perusahaan klien sudah berjalan. Hal ini tentunya akan membuat perusahaan klien menjadi kesulitan apabila memiliki pertanyaan yang terkait dengan perencanaan manajemen yang telah dibuat bersama pada awalnya.

 

Faktanya, tidak semua jasa perencana manajemen bertindak seperti itu. Di antara sekian banyak jasa yang bergerak di bidang tersebut, hampir semuanya bertindak sebagai sebuah jasa yang memberikan jaminan dari perencanaan manajemen yang dibuatnya. Selain itu, tidak jarang sebuah jasa perencana manajemen justru meninjau perusahaan klien terkait sistem manajerial yang dilakukannya.

 

Membuat Perencanaan yang Tidak Praktis? Mitos!

 

Sebuah jasa perencanaan manajemen juga sering dianggap sebagai sebuah jasa yang menyusun sebuah rencana tanpa berpikir jangka panjang. Artinya, semua perencanaan tersebut adalah sebuah teori semata yang tidak dapat diterapkan secara langsung oleh perusahaan. Hal ini lantas membuat para pemimpin perusahaan startup menjadi enggan dalam melakukan konsultasi dan memulai kerja sama dengan jasa tersebut.

 

Faktanya, sebuah jasa di bidang perencanaa manajemen tidak mungkin menyusun suatu rencana manajerial tanpa meninjau secara akurat dan mendalam hal-hal apa saja yang mungkin terjadi di sebuah perusahaan. Sebuah jasa perencana manajemen justru akan mennggunakan ini sebagai sebuah bahan pertimbangan yang dianggap paling valid dan baku untuk menyusun rencana manajemen.

 

Tidak Mengerti Maksud Klien? Mitos!

 

Ini terjadi hampir di semua jasa perencana, tidak hanya manajemen, tetapi juga semua jasa yang bergerak dalam bidang perencanaan terkait berdirinya sebuah perusahaan baru. Di sini, isu yang beredar mengatakan bahwa sebuah jasa perencanaan manajemen akan menerapkan sebuah perencanaan standar yang dianggap berlaku secara umum dengan tidak memperhatikan kebutuhan-kebutuhan khusus dari seorang klien.

 

Faktanya, hal ini tidaklah mungkin kecuali jasa tersebut benar-benar jasa perencana manajemen yang abal-abal. Untuk memulai sebuah langkah awal perencanaan, sebuah jasa perencana haruslah mengerti maksud kliennya terlebih dahulu. Barulah dengan begitu mereka, para ahli di jasa tersebut, bekerja dengan berdasarkan pada keinginan sang klien. Jadi, isu semacam ini tidak perlu diperhatikan karena memang tidak mungkin terjadi.

 

Ingin Menjatuhkan Perusahaan Klien? Mitos!

 

Isu yang ini didasari atas kemungkinan berdirinya sebuah jasa perencana manajemen oleh perusahaan kompetitor untuk kemudian menyusun sebuah rencana manajemen yang buruk sehingga menjatuhkan perusahaan tersebut. Hal ini semakin diperkuat oleh kemungkinan seorang pemilik usaha untuk memiliki badan usaha lainnya dengan sangat mudah.

 

Faktanya, hal ini memang benar-benar mungkin terjadi. Namun, Anda akan cukup pintar untuk melihat kecilnya kemungkinan ini untuk terjadi, walau masih mungkin. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa Anda harus melakukan peninjauan terlebih dahulu sebelum menyewa sebuah jasa.

 

Itulah 4 hal yang menjadi mitos di dunia jasa perencanaan manajemen. Yang perlu Anda lakukan adalah tetap berhati-hati dan bersikap tegas pada penyedia jasa apabila mereka berusaha untuk bertindak seperti salah satu dari mitos-mitos di atas.