5 Alasan Mengapa Anda Harus Melakukan Studi Kelayakan Bisnis

5 Alasan Mengapa Anda Harus Melakukan Studi Kelayakan Bisnis

Apakah Anda seorang pebisnis dan belum pernah melakukan studi kelayakan bisnis? Beberapa pebisnis pemula, bahkan yang sudah lama memiliki bisnis merasa tidak perlu melakukan studi kelayakan bisnis karena tidak begitu penting untuk dilakukan. Pemahaman ini tentunya salah. Sebelum Anda merasakan betapa sengsaranya sebuah bisnis yang berjalan tanpa memiliki laporan studi kelayakan bisnis, simak 5 alasan mengapa Anda harus melakukan studi kelayakan bisnis berikut!

Memastikan Anda merasa yakin dengan ide bisnis

Tidak semua ide bisnis yang muncul bisa begitu saja Anda eksekusi. Agar bisnis yang Anda jalani nantinya dapat bertahan lama, Anda perlu memikirkan jenis bisnis yang sesuai dengan minat atau Anda memiliki keterikatan pada ide bisnis tersebut. Ikuti intuisi Anda dan mulailah mencari ide bisnis yang tidak membuat Anda merasa bosan atau tertekan mengendalikannya. Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah membuat studi kelayakan bisnis. Perencanaan yang matang dan pertimbangan dari berbagai aspek diperlukan agar ide bisnis Anda dapat direalisasikan. Seringkali, pebisnis tidak memperhitungkan apakah ide bisnisnya benar-benar dapat diwujudkan. Sekedar menerka-nerka pasar dan yakin bisnis Anda akan laris di pasaran tentu bukan sebuah taktik yang bagus. Dari hasil laporan studi kelayakan bisnis, Anda dapat memastikan apakah ide bisnis Anda layak untuk diperjuangkan.

Untuk mendapatkan dana dari kreditor/investor

Dana yang besar dalam membuat bisnis seringkali menjadi masalah yang dihadapi oleh pebisnis. Bukan hanya pebisnis pemula, perusahaan besar pun seringkali tidak mendanai bisnisnya sendiri. Biasanya perusahaan akan mencari investor yang bersedia menanamkan modal yang mendukung pengerjaan suatu proyek perusahaan. Sementara pebisnis pemula dapat mencari kreditor untuk memberikan pinjaman modal. Kreditor yang umumnya dipilih oleh pebisnis adalah pihak perbankan. Perbankan memang sering mencari pebisnis untuk didanai.

Sebelum investor yakin akan menanamkan modal pada bisnis Anda, tentunya mereka membutuhkan jaminan dan gambaran bagaimana pergerakan bisnis Anda akan tumbuh. Investor selalu meminta hasil studi kelayakan bisnis Anda untuk mempertimbangkan apakah bisnis Anda layak didanai. Tidak jauh berbeda, perbankan juga meminta pebisnis untuk mengirimkan hasil studi kelayakan bisnisnya untuk diperiksa apakah ide bisnis tersebut layak didanai.

Mengetahui keinginan market

Dengan melakukan studi kelayakan bisnis, sebuah perusahaan menjadi tahu keinginan pasar. Penelitian ilmiah yang dilakukan dengan observasi maupun survey menjadikan data yang didapat lebih akurat daripada hanya sekedar menduga – duga pasar. Dengan data ini, perusahaan dapat merencanakan produk seperti apa yang akan diluncurkannya di pasar. Hal ini dapat menghindari kerugian perusahaan mengeluarkan dana untuk mengeluarkan sebuah produk gagal di pasar.

Memudahkan perencanaan perusahaan

Ketika ide bisnis akan dieksekusi, kenyataannya para pebisnis seringkali kebingungan untuk merencanakan hal apa yang akan dilakukan. Dengan studi kelayakan bisnis, pebisnis dapat merencanakan bagaimana langkah selanjutnya yang akan diambil dalam merealisasikan bisnis. Hasil laporan studi kelayakan bisnis yang berisi analisis data dapat dijadikan acuan dalam menyusun program yang akan dilakukan untuk merealisasikan ide bisnis.

Mempermudah evaluasi bagi bisnis selanjutnya

Setelah ide bisnis berhasil diwujudkan, perusahaan tentunya akan memulai proyek yang lain. Laporan studi kelayakan bisnis dapat mempermudah perusahaan untuk melakukan bisnis selanjutnya. Hasil penelitian ilmiah yang dilakukan pada bisnis sebelumnya, dapat dijadikan pedoman bagi bisnis berikutnya. Studi analisis bisnis juga dapat menjadi evaluasi bagi bisnis selanjutnya.

Setelah mengetahui kelima alasan di atas, sekarang saatnya Anda membuat studi kelayakan bisnis untuk bisnis Anda!

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp