Aspek-aspek yang Harus Ada di Dalam Studi Kelayakan Bisnis

Aspek-aspek yang Harus Ada di Dalam Studi Kelayakan Bisnis

Dalam studi kelayakan bisnis, ada beberapa aspek yang harus Anda cantumkan. Setiap aspek di sini saling berkaitan, sehingga eksistensinya tidak dapat dipisahkan.

Aspek pemasaran

Dalam aspek pemasaran, Anda harus melakukan penelitian terhadap kelayakan pasar. Penelitian ini membahas apakah ide bisnis sudah tepat dengan apa yang dibutuhkan oleh calon konsumen. Anda harus melakukan riset terhadap pasar yang akan Anda tuju. Riset pada pasar berguna untuk memetakan calon konsumer yang akan membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, riset pasar juga berisikan kelayakan usaha Anda untuk bersaing dengan kompetitor yang memiliki usaha sejenis. Dalam riset pasar sebaiknya Anda juga membahas mengenai proyeksi penjualan di masa mendatang berdasarkan hasil riset yang Anda lakukan.

Biasanya riset pasar dilakukan dengan sistem STP (Segmentasi, Targeting, dan Promoting). Segmentasi adalah proses dimana pebisnis harus mengelompokkan pasar yang beragam menjadi menyempit sesuai dengan kebutuhan. Setelah melakukan segmentasi, pebisnis akan masuk ke tahap targeting, yaitu memilih segmen mana yang akan dituju. Setelah mendapatkan segmen pasar, saatnya pebisnis menentukan posisinya di dalam pasar.

Aspek teknik dan teknologi

Aspek teknis memikirkan bagaimana usaha Anda akan berjalan secara teknis. Seperti, menentukan skala prioritas dalam melakukan produksi yang dilihat dari sisi finansial perusahaan dan permintaan pasar, pemilihan produk yang diproduksi, merencanakan kualitas produk, dan teknologi apa saja yang akan digunakan dalam melakukan produksi. Dalam aspek ini, Anda juga harus dapat menjelaskan bagaimana secara teknis bahan baku, tenaga kerja, dan transportasi akan berjalan.

Aspek manajemen

Manajemen adalah aspek yang sangat penting dan perlu diperhatikan sebelum membuat sebuah bisnis. Manajemen berfungsi untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian pada bisnis. Banyak perusahaan yang gagal mewujudkan ide bisnisnya karena manajemen yang gagal melakukan fungsinya dengan baik.

Aspek sumber daya manusia

Dalam melakukan sebuah bisnis, tentunya diperlukan sumber daya manusia. Untuk menghasilkan bisnis yang efektif, sumber daya manusia, yang dalam hal ini adalah manajer dan tim harus dapat membangun ikatan yang solid, selaras dengan kualifikasi yang diperlukan oleh perusahaan.

Aspek finansial

Menjalankan bisnis tentu memerlukan dana. Pebisnis harus mengkalkulasikan dengan realistis berapa dana yang dibutuhkan untuk mewujudkan ide bisnis. Setelah diperoleh sejumlah angka dari hasil perhitungan, saatnya memikirkan sumber – sumber dana tersebut dapat tercapai. Beberapa sumber dana yang penting adalah Modal pemilik perusahaan yang disetorkan, Saham yang diperoleh dari penerbitan saham dipasar modal, dan Obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan dan dijual di pasar modal.

Aspek sosial, ekonomi, politik

Dalam aspek sosial, perusahaan harus mengingat bahwa tanpa tanggung jawab sosial, perusahaan tidak akan dapat bertahan lama sehingga perlu bekerja sama dengan lembaga sosial. Di aspek ekonomi, banyak data makroekonomi yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memetakan pasar. Sementara aspek politik perlu untuk dicantumkan karena kondisi politik mempengaruhi sebuah bisnis.

Aspek lingkungan hidup

Bisnis Anda bukan hanya tentang keuntungan berupa uang saja. Masyarakat yang sudah mulai peka terhadap isu lingkungan dibarengi dengan undang – undang yang mengatur mengenai isu lingkungan menuntut sebuah bisnis untuk memperhitungkan dampak operasional yang akan ditimbulkan oleh bisnisnya terhadap lingkungan. Aspek lingkungan hiduo biasa disebut AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).

Aspek hukum dan legalitas

Tentunya sebuah bisnis yang akan bertahan lama membutuhkan riset mendalam mengenai posisinya dalam hukum dan legalitas. Pebisnis harus mengetahui apakah produknya, jenis perusahaannya, dan segala proses teknis yang akan dilakukan di kemudian hari tidak melanggar hukum sehingga dapat menimbulkan dampak buruk yang tidak diinginkan.

Kedelapan aspek dalam studi kelayakan bisnis tersebut perlu untuk Anda ketahui sebelum membuat studi kelayakan bisnis bagi perusahaan Anda.

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp