Fungsi Riset Pemasaran untuk Bisnis

Fungsi Riset Pemasaran untuk Bisnis

Riset Pemasaran adalah sebuah penelitian pendalam mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan marketing. Dikatakan “mendalam”, karena dalam riset ini tidak hanya membahas mengenai pasar dan cara mendistribusikannya kepada konsumen. Melainkan riset ini memuat mengenai keadaan market, para kompetitor, analisis khalayak, dan lain sebagainya. Jadi, riset pemasaran lebih dalam dan lebih luas dibandingkan dengan riset pasar.

Tidak heran, kalau kemudian dalam riset ini kita akan berbicara juga masalah komunikasi pemasaran, yang bisa dilakukan untuk mendapatkan konsumen potensial. Shimp ( 2003 ) menyatakan bahwa setiap organisasi pemasaran bertujuan untuk meraih konsumen, agar mereka memilih produknya. Oleh karena itu, pesan harus dirancang untuk membangkitkan keinginan terhadap suatu kategori produk, atau usaha menciptakan permintaan primer. Selanjutnya, pesan pemasaran harus mampu menciptakan permintaan sekunder untuk merek produk tertentu. Dengan demikian, pesan harus dirancang untuk menciptakan kesadaraan terhadap merek serta dapat mempengaruhi sikap dan niat positif terhadap merek.

Komunikasi pemasaran ialah subsistem dari sistem yang lebih luas, yaitu sistem organisasi atau sistem perusahaan. Posisinya berada pada tataran menengah, karnea di dalamnya ada sub-sub sistem yang membentuk sistem komunikasi itu, seperti key factor analiysis, tujuan promosi, positioning, anggaran komunikasi, riset dan evaluasi, strategi komunikasi, dan khalayak sasaran. Bukan sekarang kita harus percaya bahwa riset pemasaran memiliki posisi yang fundamental dalam ranah bisnis? Nah, berikut adalah beberapa fungsi dari sebuah riset pemasaran:

  1. Evaluating

Riset – riset yang masuk dalam kategori ini biasanya digunakan untuk mengevaluasi program-program pemasaran yang telah dilakukan. Sebut saja, riset kepuasan pelangan.

  1. Understanding

Memahami konsumen adalah fungsi lain yang harus dimiliki oleh riset pemasaran. Konsumen bisa dikatakan sebagai “duet” untuk perusahaan. Tidak ada pilihan lain selain tidak berusaha memahami keinginan konsuumen, karen aitulah kunci kesuksesan sebuah bisnis. Inilah analsis klahyak bekerja.

  1. Predicting

Selanjutnya adalah fungsi yang memiliki nilai ketidak pastian paling tinggi. Tetapi, dengan mengunakan pemasaran bisa membantu memperjelas ketidak jelasan, yang biasanya membuat para pemula takut untuk melanjutkan gagasan bisnisnya.

Demikianlah beberapa fungsi dari riset pemasaran yang perlu Anda ketahui. Sekali lagi, tidak ada yang salah dalam proses belajar, yang salah hanya dimana Anda tidak bisa mengambil pelajaran dari setiap proses belajar. Hal itupun berlaku untuk sebuah bisnis. Jangan terlalu panik, bisnis adalah proses. Nikmati semuanya dengan bahagia, dan sampai berjumpa di puncak kesuksesan.