Hal-Hal Penting Sebelum Melakukan Studi Kelayakan Bisnis

Hal-Hal Penting Sebelum Melakukan Studi Kelayakan Bisnis

Ada beberapa hal penting yang seharusnya menjadi suatu petimbangan dan selayaknya diteliti lebih lanjut sebelum seseorang melakukan aktifitas studi kelayakan bisnis. Demi meminimalisir dan mengurangi tingkat kegagalan dalam proses yang di butuhkan untuk melakukan studi kelayakan bisnis, maka beberapa poin yang harus menjadi pertimbangan tersebut memang harus diperhatikan lebih jauh. Oleh karenanya dibuatlah artikel ini mengenai hal-hal penting sebelum melakukan studi kelayakan bisnis.

Karena mencegah dan meminimalisir terjadinya kesalahan akan lebih baik daripada anda harus mengulang kembali serangkaian proses studi kelayakan bisnis secara keseluruhan. Sebelum dilanjutkan, terdapat beberapa tujuan dari studi kelayakan bisnis yang perlu Anda ketahui untuk mengetahui betapa pentingnya SKB ini. Setidaknya ada 4 poin dasar dari hal-hal penting sebelum melakukan studi kelayakan bisnis yang perlu dilakukan, yaitu:

  1. Adanya Keakuratan dan Kelengkapan Informasi dan Data Yang Diperoleh

Melakukan SKB atau studi kelayakan bisnis memang memerlukan data dan informasi yang akurat. Tujuan dari investasi yang sebelumnya telah ditetapkan sangat mempengaruhi beberapa hal seperti jenis, cara memperoleh data dan sumber dari data tersebut. Namun, tidak semua data yang berhasil dipeloreh merupakan data yang layak dan valid untuk di jadikan acuan dai SKB.

Secara umum, SKB membutuhkan 2 jenis dari golongan data yang merupakan data kualitatif berupa sejarah atau sebuah pernyataan dari perusahaan dan juga data kuantitatif yang merupakan data berisi angka seperti jumlah dari anggaran dan jumlah dari level produksi. Sedangkan untuk masalah dari sumber data sendiri juga di golongkan ke dalam 2 golongan yaitu sumber data primer dan juga data sekunder.

Kedua jenis dan golongan sumber data tersebut merupakan 2 jenis yang berbeda dimana data primer merupakan jenis data yang akan di dapatkan ketika melakukan survey dan data sekunder adalah data yang didapatkan secara langsung di lapangan. Data tersebut bisa di dapatakan dengan memerlukan dana, tenaga dan waktu yang cukup, ini akan tergantung pada seberapa banyak data yang dibutuhkan.

  1. Dukungan Tenaga Ahli

Dalam melakukan proses SKB, anda tentunya membutuhkan pertolongan dari segenap tenaga ahli yang handal dan bisa di berikan tanggung jawab. Agar menghasilkan suatu proses yang maksimal dan akurat, semua aspek juga harus di lengkapi dengan adanya tenaga ahli yang handal dan terpercaya.

  1. Ketepatan Metode

Bagi setiap orang yang ingin melakukan proses SKB, salah satu dari hal-hal penting sebelum melakukan studi kelayakan bisnis setidaknya harus menggunakan beberapa metode yang pas dan benar. Secara keseluruhan harus mengerti akan konsep dasar pengambilan data dan informasi yang pas. Memiliki pengetahuan yang luas akan cara menentukan dan melakukan proses SKB tersebut.

  1. Tingginya Tingkat Loyalitas

Agar suatu proses berjalan dengan baik maka harus didasari dengan adanya kerja sama tim yang bagus, solid dan memiliki tingkat loyalitas yang tinggi. Jika suatu tim tersebut tidak memiliki segenap poin-poin di atas maka proses dari SKB tentunya tidak akan berjalan dengan optimal dan bahkan bisa mendapatkan beragam kendala atau gangguan.

Adanya sebuah komitmen dan ekspektasi yang dipegang teguh oleh setiap anggota tim akan mempermudah dalam menjalin suatu kerja sama tim yang solid dan terarah. Pahami peranan dan tanggung jawab masing-masing pihak dan mengikuti alur kerja yang sudah ditetapkan sebelumnya. Adanya komunikasi yang lancar dan baik juga akan mendukung sebuah kerja sama yang maksimal.

Melakukan tinjauan ulang terhadap ke 4 aspek penting di atas adalah hal yang sangat perlu sebelum melakukan SKB, tidak hanya harus memahami seberapa penting tujuan dan kegunaan dari SKB itu sendiri. Karena beragam kendala yang tidak penting dapat di singkirkan dengan adanya persiapan yang matang. Berikut adalah hal-hal penting sebelum melakukan studi kelayakan bisnis yang sangat penting untuk diperhatikan dalam bisnis Anda.