Jasa Pembuatan Bisnis Plan

Jasa Pembuatan Bisnis Plan

Kesalahan-kesalahan Saat Menyewa Jasa Pembuatan Bisnis Plan

Menyewa jasa pembuatan bisnis plan tak dapat dipungkiri merupakan sebuah langkah yang tepat untuk mengembangkan sebuah bisnis. Hal ini berlaku bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis besar, namun tidak ada senior atau kerabat yang dapat dimintai pendapat dengan baik dan benar. Dengan menyewa jasa ini, maka Anda dapat mendapatkan sebuah program terpadu yang akan menjadi nyawa bagi bisnis Anda.

Tips Menyewa Jasa Pembuatan Bisnis Plan

Sayangnya, menyewa sebuah jasa yang bergerak di bidang pembuatan bisnis plan mengandung beberapa resiko. Salah satu resikonya tentu saja adalah mengalami kerugian besar hingga kebangkrutan. Ingat, bisnis plan adalah sebuah kerangka bagi bisnis Anda dan apapun yang ada di dalamnya. Jika bisnis plan ini dibuat dengan tidak benar atau tidak tepat dengan bisnis Anda, maka resiko tersebut bisa saja terjadi. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak melakukan kesalahan-kesalahan berikut ketika bekerja sama dengan sebuah jasa pembuat bisnis plan.

  1. Anda Tidak Punya Tujuan Bisnis

Sebagai orang yang memiliki usaha, maka Anda harus memiliki tujuan jangka panjang mengenai bisnis Anda sendiri. Hal ini diperlukan untuk mengarahkan pihak jasa pembuatan bisnis plan sedemikian rupa agar rancangan bisnis plan yang dibuat tidak melenceng dari jalur yang semestinya. Selain itu, Anda sebaiknya menghindari pengarahan apapun dari jasa pembuat bisnis plan terkait tujuan bisnis Anda. Ingat, ini adalah bisnis Anda dan karenanya biarkan tujuan menjadi bagian dari pemikiran pribadi Anda. Sampaikan saja kepada penyedia jasa dan buat mereka mencari cara untuk mencapainya.

  1. Lengah dalam Perancangan

Dalam merancang sebuah bisnis plan, seringkali penyedia jasa pembuatan bisnis plan melakukan hal-hal yang bertentangan dengan pemikiran Anda. Hal ini tidak berarti Anda benar dan mereka salah, atau pun sebaliknya. Namun, dalam hal berbisnis, pastikan setiap perbedaan diselesaikan dengan benar karena setiap perbedaan pendapat akan mengarah pada tingkat pertumbuhan bisnis Anda ke depan. Jadi, daripada bangkrut belakangan, pastikan Anda mengawal setiap langkah pembuatan bisnis plan yang dilakukan si penyedia jasa.

Ingat, mengawasi perencanaan tidak sama dengan keras kepala. Jadi, Anda sebaiknya juga tidak memaksakan kehendak Anda terhadap bisnis plan yang dirancang oleh penyedia jasa. Ingatlah bahwa alasan Anda membutuhkan jasa itu adalah karena Anda merasa tidak mampu menyusun plan Anda sendiri.

  1. Membocorkan Data Rahasia Bisnis

Anda tidak tahu sekuat apa kompetitor Anda mengincar bisnis Anda untuk dijatuhkan. Cara termudah untuk menjatuhkan sebuah bisnis adalah dengan mengetahui beberapa data yang sifatnya confidential (rahasia). Data ini bisa beragam dan hanya Anda yang tahu data-data apa saja dari bisnis Anda yang tidak dapat bocor keluar. Namun, data-data ini seringkali dibutuhkan dalam pembuatan bisnis plan.

Anda mau tidak mau harus membocorkan rahasia ini kepada penyedia jasa pembuatan bisnis plan. Namun, Anda harus memastikan bahwa rahasia ini tidak akan bocor ke pihak ketiga, apalagi jika sampai jatuh ke tangan kompetitor. Jadi, pastikan dan buatlah perjanjian dari awal dengan penyedia jasa bahwa segala data yang nantinya diberikan untuk pembuatan plan, haruslah dijaga dan tidak diijinkan untuk jatuh ke pihak lain dalam keadaan apapun.

Dengan mengetahui kesalahan-kesalahan di atas, yakni kekosongan tujuan, lengah dalam perencanaan, dan membocorkan rahasia perusahaan, maka Anda dapat dengan mudah berinteraksi dan menjalankan bisnis Anda bersama sebuah jasa pembuatan bisnis plan manapun yang Anda rasa cocok dengan kriteria bisnis Anda sendiri.