Jasa Riset Pasar

Tips Memilih Jasa Riset Pasar untuk Usaha Anda

 

Menyewa sebuah jasa riset pasar memang terkadang memberi keuntungan sendiri. Selain hemat waktu, tenaga yang dikeluarkan akan jauh lebih sedikit. Yang perlu Anda lakukan hanyalah berkomunikasi dengan penyedia jasa tersebut dan secara aktif memantau perkembangan riset pasar yang sedang dilakukan. Bila Anda melakukan riset sendiri, mungkin Anda akan kehabisan waktu dan tenaga untuk melakukannya. Banyak hal yang berkaitan dengan riset, mulai dari menyusun kuisioner, menentukan target survey, melakukan follow-up terhadap responden survey, dan lain sebagainya.

 

Aspek Penting dalam Menyewa Jasa Riset Pasar

 

Namun, menyewa jasa riset pasar juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Anda harus benar-benar yakin bahwa jasa yang Anda sewa mengerti betul tentang bisnis Anda agar riset yang dilakukan menjadi tepat sasaran dan menghasilkan data yang berguna untuk menjalankan bisnis Anda ke depannya. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam menyewa sebuah jasa yang bergerak dalam riset pasar.

 

Jenis Jasa Riset

 

Tahukah Anda bahwa dalam melakukan jasa riset memiliki jenis pelayanan yang berbeda-beda? Jenis-jenis pelayanan yang mereka berikan biasanya meliputi pelayanan berikut ini:

 

  • bersifat tim atau sindikat,
  • melakukan riset dengan cara terstandar,
  • jasa yang melakukan bagian kecil dari riset.

 

Itulah tiga jenis umum dari riset pasar. Sebenarnya, masih banyak lagi jenis yang lain yang dapat berbeda dari satu jasa dan jasa lainnya. Namun, yang paling penting adalah apakah jasa tersebut cocok dengan cara kerja anda dan apakah hasilnya nanti akan cocok dengan anda. Silahkan komunikasikan hal ini dengan penyedia jasa sebelum anda memutuskan untuk menyewa mereka. Selengkapnya silahkan baca artikel Jenis Jasa Riset Pasar.

 

Hubungan Penyedia Jasa dengan Kompetitor

 

Kita tidak pernah tahu seluas apa jaringan yang telah dibangun oleh kompetitor bisnis anda. Mereka bisa saja membangun sebuah penyedia jasa riset pasar yang tujuannya adalah untuk berpura-pura melayani anda sebagai kompetitornya. Alhasil, anda akan mendapatkan hasil riset yang berkebalikan dan tidak sesuai dengan kondisi pasar sesungguhnya. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap keputusan yang anda ambil nantinya dalam menjalankan bisnis.

 

Silahkan cari tahu asal usul penyedia jasa tersebut dan apa hubungannya dengan komptetitor anda. Mungkin tidak semua penyedia jasa bersedia memberitahu informasi ini. Namun, anda dapat mencari tahu tentang hal ini dari sumber lain seperti internet atau kerabat Anda yang paham dunia bisnis atau dunia riset pasar. Ingat, dunia bisnis terkadang bisa sangat kejam dan tidak segan-segan saling menjatuhkan.

 

Koneksi yang Dimiliki

 

Hal ini sangat berguna terutama bagi jasa riset pasar yang menawarkan pelayanan yang berbentuk sindikat. Dimana mereka akan menyebarkan kuisioner dan mendapatkan informasi dari jaringan dan database calon pelanggan yang mereka miliki. Dengan mengetahui sejauh apa koneksi si penyedia jasa, maka anda akan mendapatkan gambaran seluas apa bisnis anda dapat berkembang dan area mana yang akan anda jangkau.

 

Pastikan area yang disediakan oleh penyedia jasa cocok dengan area yang ingin anda incar. Hanya dengan cara itulah anda dapat menentukan produk apa yang akan anda tekankan untuk mengembangkan bisnis anda nantinya.

 

Dengan memeperhatikan tiga hal di atas, maka Anda dapat menentukan penyedia jasa mana yang cocok bagi anda. Jadi, anda tidak akan menyewa jasa riset pasar yang salah dan mendapatkan hasil riset yang tidak sesuai dengan perkembangan bisnis Anda.