Jenis Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

Jenis Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

Jasa pembuatan studi kelayakan (Feasibility Study) dapat diartikan juga sebagai jasa peninjauan resiko atas sebuah keputusan. Yang dimaksud dengan keputusan adalah sebuah sebuah usulan atau gagasan untuk menjalankan suatu proyek atau memulai suatu bisnis.

 

Banyak orang-orang penting yang berperan dalam suatu proyek atau bisnis yang menggunakan jasa pembuatan studi kelayakan. Hal ini dikarenakan dengan menyewa jasa konsultan FS (Feasibility Study) akan memudahkan para pengambil keputusan untuk menentukan apakah sebuah proyek atau bisnis menjadi layak dijalankan, ditunda, atau dibatalkan. Baca juga Tips Memilih Jasa Pembuatan Studi Kelayakan.

 

 

Jenis-jenis Jasa Pembuatan Study Kelayakan

 

Jasa pembuatan studi kelayakan sebenarnya tidak hanya berfokus pada sebuah proyek atau bisnis saja. Jika dipecah, maka akan terdapat banyak sekali bidang yang membutuhkan study kelayakan sebelum dijalankan. Apa saja bidang-bidang tersebut? Berikut adalah ulasannya.

 

Penelitian

 

Ya, sebuah penelitian sebenarnya bisa dikatakan sebagai suatu proyek ilmiah. Artinya, penelitian ini tetaplah sebuah langkah yang berujung pada keuntungan yang bersifat ekonomi. Namun, hal ini juga tidak bersifat mutlak. Ada banyak penelitian yang dilakukan hanya untuk menemukan suatu obat yang fungsinya menyelamatkan banyak nyawa.

Namun, penelitian tetaplah harus diperhitungkan, terutama sebuah penelitian akan obat-obatan atau produk terbaru.

Jasa pembuatan studi kelayakan nantinya akan berperan menunjukkan hasil terbaik apa yang akan didapatkan dari sebuah penelitian. Selain itu, sebuah jasa bidang study kelayakan juga akan menentukan apakah keuntungan yang didapat dari penjualan produk tersebut sanggup menutup biaya penelitian itu sendiri. Itulah alasan mengapa penelitian juga membutuhkan sebuah studi kelayakan.

 

Bisnis

 

Seperti yang sudah dijelaskan, bisnis merupakan sebuah bidang yang membutuhkan perencanaan matang. Hal ini tentulah terkait erat dengan profit dari bisnis tersebut. Selain itu, sebuah jasa pembuatan study kelayakan yang bergerak di bidang bisnis akan menentukan kapankah waktu yang tepat untuk menjalankan bisnis tersebut sehingga profit yang didapat menjadi maksimal.

Adalah tidak mungkin bagi sebuah bisnis untuk tidak ditinjau dengan metode studi kelayakan. Hanya dengan cara itulah bisnis tersebut akan terlihat sejak awal sebagai suatu bisnis yang menguntungkan atau justru merugikan.

 

Kebijakan

 

Kebijakan yang diambil, baik oleh instansi pemerintah maupun swasta, haruslah ditinjau secara mendalam mengenai dampaknya secara luas dan terperinci. Dengan begitu, maka akan didapat sebuah perbandingan antara nilai tambah dan manfaat dari suatu kebijakan dalam perbandingannya dengan dampak negatif ketika kebijakan tersebut dibuat.

Study kelayakan biasanya dilakukan dengan sangat serius apabila sebuah kebijakan dianggap memiliki dampak yang luas dan juga berkepanjangan. Salah satu contohnya adalah kebijakan harga BBM. Naiknya harga BBM akan menimbulkan lonjakan harga bahan pokok yang kemungkinan akan bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Setelah itu, naiknya harga bahan pokok juga akan membuat harga barang-barang sekunder menjadi naik karena keuntungan yang didapat penjual menjadi semakin kecil. Efek yang berantai inilah yang membuat sebuah studi kelayakan menjadi sangat penting untuk sebuah kebijakan yang luas dan berjangka panjang.

Itulah jenis-jenis keputusan yang biasanya membutuhkan sebuah study kelayakan, meski sebenarnya tidak terbatas pada itu saja. Sebenarnya, masih banyak bentuk-bentuk keputusan lainnya yang juga membutuhkan studi kelayakan yang bersifat menyeluruh dan jangka panjang. Nantinya, akan dihasilkan sebuah hasil analisa yang dapat disimpulkan apakah sebuah keputusan layak untuk diambil, ditunda, atau dibatalkan.

Oleh karena melakukan analisa semacam ini cukup sulit bagi orang yang terlibat langsung dalam pengambilan keputusan, maka memanfaatkan pihak ketiga yang telah berpengalaman akhirnya dilakukan oleh banyak orang. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menyewa sebuah jasa pembuatan studi kelayakan.