Jenis Jasa Riset Pasar

Jasa Riset Pasar untuk Memulai Usaha

 

Riset pasar merupakan hal yang sangat penting dalam memulai sebuah usaha. Tanpa riset pasar, seorang pengusaha akan menjalankan bisnisnya dengan buta dan tidak tahu produk apa yang harus dijualnya secara spesifik. Namun, karena riset pasar merupakan sesuatu yang tidak mudah dilakukan, banyak pengusaha yang menyewa jasa riset pasar untuk menghemat waktu dan tenaga.

 

Jenis-jenis Jasa Riset Pasar Secara Umum

 

Jasa yang bergerak dalam riset pasar biasanya bekerja sesuai dengan permintaan klien. Hal ini dikarenakan banyaknya bidang usaha serta metode pengambilan informasi yang berbeda-beda untuk setiap bidang usaha. Namun, secara garis besar, jasa riset pasar dapat dibedakan menjadi beberapa jenis sebagai berikut. Baca juga Jangan sembarangan pilih, pilihlah penyedia jasa riset pasar yang berpengalaman.

 

Jasa Sindikat

 

Terdengar seram memang, namun sindikat di sini merupakan sebuah kelompok orang yang yang memiliki jaringan serta database konsumen yang spesifik terkait bidang usaha tertentu. Dengan menggunakan jasa sindikat, maka seorang pengusaha startup akan mendapatkan data yang, meski sempit, namun mencakup calon pelanggan potensial.

 

Sebagai contoh, Anda adalah seorang pengusaha startup di bidang penjualan ponsel. Oleh karena itu, Anda membutuhkan riset mengenai jenis ponsel apa saja yang biasanya laku dijual secara online. Dengan menggunakan jasa sindikat, maka Anda akan mendapatkan data terkait informasi penjualan ponsel dari berbagai situs penjual ponsel online serta dari online survey terhadap pengguna internet yang tercatat sering bertransaksi online untuk membeli ponsel.

 

Jasa Terstandar

 

Jasa riset pasar yang satu ini biasanya menggunakan metode standar untuk melakukan riset pasar. Artinya, Anda sebagai pengusaha bisnis startup di bidang tertentu kemungkinan besar akan mendapatkan perlakuan riset yang sama dengan pengusaha di bidang lain. Hal ini memang agak merugikan jika didengar sekilas. Namun, bagi pengusaha yang membutuhkan data secara cepat dan luas, jasa jenis ini terbilang sangat efisien dan efektif untuk dilakukan. Sebagai tips, bila Anda masih belum yakin dengan area calon pelanggan Anda, maka ada baiknya Anda tidak menggunakan jasa ini karena pada akhirnya, Anda tidak akan mendapatkan informasi (kecuali Anda bisa menyimpulkan sendiri) terkait area pelanggan mana yang kemungkinan menjadi pelanggan bagi produk atau layanan Anda.

 

Jasa Terbatas

 

Jasa terbatas adalah jasa riset pasar yang bergerak di bagian tertentu dari sebuah riset pasar. Hal-hal yang mencakup pekerjaan dari sebuah jasa riset terbatas adalah sebagai berikut:

 

  • penyusunan kuisioner,
  • pemasukan data,
  • koneksi calon pelanggan,
  • analisis dan pengolahan data,
  • merek dan produk bisnis.

 

Setiap layanan di atas dapat dilakukan oleh satu penyedia jasa terbatas dengan harga yang lebih murah daripada sebuah jasa yang utuh. Oleh karena itu, jenis jasa ini sangat menguntungkan bagi Anda yang bisa melakukan beberapa bagian dari riset pasar. Sebagia contoh, bila Anda sudah mengerti cara penyusunan kuisioner dan juga pengolahan data hasil riset, maka Anda hanya perlu menyewa jasa pelayanan koneksi calon pelanggan unntuk menentukan kepada siapa kuisioner tersebut akan Anda berikan.

 

Itulah penjelasan tiga jenis jasa riset pasar yang berbeda-beda menurut fungsinya. Anda bisa memilih di antara jasa sindikat, jasa standar, ataukan jasa terbatas yang Anda butuhkan untuk melakukan riset pasar dari bisnis Anda. Apapun yang Anda pilih, pastikan pilihan Anda sesuai dengan budget serta kebutuhan riset Anda sendiri. Setelah itu, Anda hanya perlu mempelajari bagaimana memanfaatkan data hasil riset untuk mengembangkan bisnis Anda.