Langkah Dasar Merancang Riset Pemasaran

Jasa Pembuatan Studi Kelayakan Bisnis

Langkah Dasar Merancang Riset Pemasaran

 

Riset pemasaran yang memiliki wilayah penelitian sangat luas, tentu membutuhkan lebih banyak aspek yang perlu diperhatikan. Disini, seorang pebisnis akan mengetahui perbagai hal mengenai elemen bisnis yang akan membuat gagasan bisnisnya mampu menciptakan kesuksesan seperti apa yang dibayangkan. Seorang pebisnis akan belajar mengenai segmentasi khalayak, yang akan membawa pada mengkatagorian khalayak. Lalu Anda akan memilih dan menganalisis khalayak yang sesuai dengan sasaran. Hal tersebutpun bisa tercapai dengan baik kepada para khalayak dengan komunikasi yang tepat. Yaitu, komunikasi pemasaran.

Tidak berhenti disini, pebisnis juga akan mempelajari ujung tombak dari sebuah proyek/bisnis. Yaitu, promisi. Orang sering menyebutnya iklan. Masuk lebih dalam lagi, Anda akan dipertemukan dengan berbagai variasi promosi. Tentu tidak semua promosi cocok dengan bisnis apapun. Anda kembali disajikan dengan pilihan untuk menentukan promosi yang sesuai dengan bisnis tersebut. Semakin dalam lagi, akan diperkenalkan dengan positioning produk, kondisi market, dan hal lainnya yang juga membutuhkan tenaga besar agar Anda mampu memahaminya dengan baik. Faktor-faktor seperti itu yang mungkin menjadi alasan para pemula bisnis memilih untuk mundur. Nah, sebelum Anda melakukan hal yang sama, berikut adalah langkah dasar merancang riset pemasaran. Yaitu:

  1. Merumuskan Masalah

Langkah awal yang mesti Anda lakukan dalam menjalankan riset pemasaran adalah perumusan masalah. Hal tersebut akan membantu Anda dalam menentukan banyak faktor-faktor yang akan dituju setelah riset dilakukan. Contohnya, Anda akan menentukan budget promosi. Nah, perumusan masalahnya bisa “bagaimana cara mengetahui besar budget yang diperlukan?” ataupun pertanyaan lain yang serupa. Intinya, dari sinilah Anda akan mengetahui jawaban dari permasalahan yang masih bisnis tersebut alami.

 

 

  1. Desain Riset

Langkah selanjut yang mesti dilakukan adalah menentukan desain riset. Mulai dari banyak kuesoner, cara pengumpulan data, sampai mengolahnya. Dalam hal ini biasanya disesuaikan dengan gold tertentu yang diinginkan perusahaan.

  1. Metode Pengumpulan Data

Elemen yang juga tidak kalah penting dalam melakukan riset pemasaran adalah menentukan metode pengumpulan data. Anda harus bisa menentukan akan menggunakan data primer atau data sekunder. Data primer adalah data yang didapat langsung dari lapangang. Salah satu cara mendapatkannya dengan wawancara, kuesoner, survey, dan lainnya. Sedangkan data sekunder adalah data yang berasal dari data yang sudah ada atau data yang sudah diterbitkan terlebih dahulu. Cara mendapatkannya, bisa meminta kepada pihak yang bersangkutan. Kedua data tersebut memiliki kelebihan dan kekuranga. Jadi, ada baiknya kalau Anda sesuai dengan kebutuhan.

  1. Mengambil Sampel

Nah, pada langkah ini Anda akan mendapatkan sampel dari langsung dari lapangan. Banyak cara yang bisa digunakan. Tinggal ambil yang menurut Anda efisen untuk pengumpulan data.

  1. Analisa dan Interpretasi Data

Semua pengumpulan data yang sudah dilakukan tidak akan berguna. Saat Anda tidak melakukan cross&check terhadapnya. Langkah awalnya bisa dilakukan dengan cara editing, koding, tabulasi, sampai pada interpretasi data. Nah, data yang diolah inilah yang akan memberikan Anda jalan keluar untuk kesimpulan yang harus diambil.

  1. Menyusun Laporan Riset

Langkah terkhir yang juga tidak luput adalah memyusun dan melaporkan hasil riset yang sudah dilakukan. Semua data yang sudah di interpresi sebelumnya yang akan menentukan apakah pihak managemen menyetujui dengan kesimpulan yang didapat, atau malah riset perlu dievaluasi.

Demikianlah beberapa hal menarik mengenai penyusunan riset pemasaran. Semuanya itu akan terlihat sangat rumit dan menyebalkan, saat dibayangkan. Saran saya, tidak perlu Anda bayangka. Mending mencari partner yang cocok dan diskusikan semua itu kepadanya, dan segeralah melakukan tugas tersebut. Semoga bermanfaat, salam sukses.