Langkah-langkah Melakukan Peramalan dalam Bisnis

Langkah-langkah Melakukan Peramalan dalam Bisnis

Peramalan dalam bisnis dapat diartikan sebagai cara untuk memperkirakan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang dengan menggunakan data-data di masa lalu dan masa-masa sekarang. Kondisi apapun yang terjadi di masa lalu akan menjadi acuan untuk menilai bisnis yang akan terjadi di masa yang akan datang dengan menggunakan asumsi-asumsi tertentu.

 

Ada beberapa jenis peramalan yang bisa digunakan bisnis yaitu sseperti diuraikan di bawah ini.

  1. Dilihat dari segi penyusunannya
  • Peramalan subjektif yang berdasarkan feeling seseorang yang menyusunnya dengan mengacu pandangan dan pengalaman masa lalu dari orang yang menyusun peramalan tersebut
  • Peramalan objektif yang berdasarkan data dan informasi yang ada di masa lalu untuk beberapa periode, lalu dianalisa dengan menggunakan teknik dan metode tertentu.
  1. Dilihat dari segi sifat ramalan
  • Peramalan kualitatif yang berdasarkan data kualitatif atau atas hasil penyelidikan sebelumnya
  • Peramalan kuantitatif yang berdasarkan data kuantitatif di masa lalu yang disajikan dalam bentuk angka-angka
  1. Dilihat dari segi jangka waktu
  • Peramalan jangka pendek yang berdasarkan waktu kurang dari satu tahun
  • Peramalan jangka menengah yang berdasarkan pada rentang waktu dari satu tahun sampai tiga tahun
  • Peramalan jangka panjang yang berdasarkan pada kurun waktu lebih dari tiga tahun

 

Dalam melakukan peramalan atas permintaan yang mungkin akan terjadi dalam bisnis Anda di masa mendatang biasanya cenderung memiliki cara tersendiri atau bisa dirangkum tentang cara-cara peramalan permintaan di masa mendatang menjadi seperti di bawah ini.

  • Berdasarkan survey niat pembeli
  • Berdasarkan gabungan pendapat tenaga penjual
  • Berdasarkan pendapat para ahli
  • Berdasarkan metode tes pasar analisis deret waktu
  • Berdasarkan analisis permintaan secara statistic

 

Dari pemaparan jenis-jenis peramalan dan cara-caranya dalam melaksanakan peramalan di masa yang akan datang, berikut ini akan disampaikan langkah-langkah peramalan dalam bisnis tersebut.

 

  1. Mengumpulkan data

Langkah awal adalah mengumpulkan data selengkap mungkin untuk beberapa periode sesuai dengan jenis peramalan mana yang akan Anda gunakan seperti penjelasan sebelumnya. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu pengumpulan data primer yang diperoleh langsung di lapangan dan pengumpulan data sekunder yang diperoleh dari berbagai sumber tambahan seperti buku, majalah, ataupun laporan-laporan terkait.

 

  1. Mengolah data

Data yang telah dikumpulkan sebelumnya akan dibuat tabulasi data sehingga memudahkan Anda mengetahui pola data yang dimiliki untuk kepentingan melakukan peramalan dengan metode yang ada

 

  1. Menentukan metode peramalan

Metode peramalan bisa Anda tentukan setelah berhasil melihat pola data saat proses mengolah data sbeelumnya. Ada banyak metode peramalan dimana masing-masing metode akan memberikan hasil yang berbeda pula, maka tentukanlah metode mana yang paling tepat untuk Anda gunakan dengan berbagai pertimbangan seperti factor biaya, ketepatan, dan kemudahan penggunaannya.

 

  1. Memproyeksi data

Yang namanya peramalan bisnis, kita harus bisa memprediksi perubahan di masa yang kan datang sebab segala sesuatunya bisa saja terjadi di masa yang akan datang seperti perubahan ekonomi, politik, sosial atau perubahan lainnya sehingga menimbullkan dampak pada bisnis Anda. Hal ini bisa saja mengakibatkan tidak tepatnya peramalan yang telah Anda lakukan, sehingga diperlukan cara untuk meminimalisir penyimpangan tersebut.

 

  1. Mengambil keputusan

Keputusan diambil setelah berhasil melewatkan beberapa langkah sebelumnya yang kemudian digunkan untuk membuat berbagai perencanaan seperti perencanaan produksi, keuangan, penjualan, dan perencanaan lainnya yang Anda inginkan, baik untuk perencanaan jangka pendek maupun untuk perencanaan jangka panjang.

 

Peramalan dalam bisnis sangat diperlukan agar bisnis yang Anda jalani bisa berjalan dan bertahan lama sesuai yang Anda impikan. Namun, apabila Anda merasa kesulitan untuk melakukannya sendiri, Grapadi Consultant siap membantu Anda.

 

Baca juga artikel terkait di Grapadi News.

 

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp