Image

Manfaat Kajian Bisnis untuk Segala Jenis Badan Usaha

Apa sih manfaat kajian bisnis untuk sebuah usaha? Untuk memilih sebuah usaha, ada sederet aspek, hingga pihak yang akan terlibat dengan usaha ini sendiri. Masing-masing pihak dan aspek ini tentunya memiliki keterkaitan, yang bersama-sama berusaha mendirikan dan memajukan sebuah bisnis atau badan usaha.

 

Tapi bagaimana bila usaha ini bangkrut? Oleh karena itulah diperlukan sebuah kajian bisnis sebelum usaha mulai dilakukan. Yang sebaiknya sudah mulai disusun bahkan sebelum usaha benar-benar dijalankan. Karena dengan adanya kajian bisnis sejak awal sebelum usaha dibangun, maka pihak-pihak yang bergantung dengan bisnis ini pun seakan memiliki sebuah pegangan. Baca juga artikel Tipe Manfaat dan Peranan Studi Kelayakan Bisnis.

 

Hingga saat ini, kajian bisnis sudah mulai digunakan untuk segala jenis badan usaha, dengan skala yang beragam pula. Dan anda salah jika mengira bisnis skala besar saja yang membutuhkannya. Mulai dari usaha dengan skala kecil, hingga bisnis berskala besar yang lebih banyak membutuhkan aspek perhatian dengan faktor kerugian yang juga lebih besar lagi.

 

Kajian Bisnis untuk Kelancaran Sebuah Usaha

 

Ada beberapa manfaat penting dari kajian bisnis yang perlu kita ketahui. Daftarnya kami miliki dibawah ini ya!

 

Memulai sebuah usaha

Manfaat kajian bisnsi yang pertama adalah, untuk memulai sebuah usaha. Ketika memulai sebuah usaha, kajian bisnis akan berfungsi layaknya bisnis plan atau rencana bisnis, dimana sebuah strategi, rencana awal, paduan, dan perencanaan yang mendetail untuk semua janis dan aspek dari bisnis dan usaha tersebut didaftar.

 

Dari kajian bisnis awal ini sebenarnya sudah akan nampak besarnya risk atau resiko dari bisnis ini sendiri serta dengan beberapa aspek yang akan menguntungkan atau merugikan dari berlangsungnya bisnis.

 

Mencari dana

Manfaat yang kedua adalah yang berhubungan dengan investasi dan pendanaan. Dengan adanya kajian bisnis, maka akan jauh lebih mudah bagi investor dalam memutuskan penanaman modal dari bisnis dan usaha tersebut. Terlebih bila dari kajian awal pun bisnis dan usaha yang akan dibentuk sudah menunjukan tanda-tanda positif serta banyanya aspek yang mendukung usaha tersebut menjadi sukses.

 

Selain pihak investor, pihak lain yang akan mengambil manfaat dari kajian ini adalah pihak kreditor seperti bank. Di banyak kasus permodalan, pihak bank akan meminta kajian lengkap sebelum mulai memberikan nilai pagu pinjaman.

 

Bisnis lebih fokus dan terarah

Kajian bisnis memiliki manfaat sebagai komanda dari kapal, yang disini adalah usaha dan bisnis yang dijalankan. Adanya rencana, strategi,  paduan, dan perencanaan yang mendetail untuk semua janis dan aspek dari bisnis menjadikan perjalanan bisnis lebih terarah.

 

Selain itu juga, pada kajian ini juga akan sederet tujuan dan apa yang akan dicapai oleh bisnis tersebut dalam sebuah jangka waktu, entah itu hitungan bulan atau tahun. Dan adanya tujuan yang pasti ini tentu akan menjadikan berlangsungnya bisnis jauh lebih terarah dan terfokus.

 

Bagaimana? Setelah melihat 5 manfaat diatas, sudah tak heran lagi bila akhirnya banyak calon pengusaha yang berusaha membuat kajian bisnis sebelum memulai usaha, bukan?