Membongkar Rahasia Bisnis Tanpa Bank

Jasa Pembuatan Studi Kelayakan Bisnis

Membongkar Rahasia Bisnis Tanpa Bank

 

Perbicara masalah bisnis tentu akan berlanjut pada modal dan berbagai hal yang berkenan dengan sesuatu yang bisa untuk menjalankan bisnis tersebut. Para pebisnis memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan. Salah satu cara yang sering digunakan adalah peminjam uang ke Bank. Apalagi sekarang Bank memberikan program dan sistem yang cukup mudah untuk siapapun yang ingin meminjam uang sebagai modal awal pertama membuka bisnis. Menurut beberapa orang peminjam uang ke Bank adalah solusi terbaik untuk mengatasi masalah permodalan.

Asumsi mereka tentu akan mengatakan bahwa ketika bisnis sukses dan berhasil, hutang ke Bankpun akan ikut lunas. Alasan itu tentu menjadi faktor penyemangat tersendiri untuk pelakunya. Tetapi, yang perlu digadis bawahi disini adalah Anda dihadapkan dengan sebuah bisnis yang memiliki resiko cukup besar, apalagi kalau Anda memilih untuk berbisnis properti. Tentu akan banyak rintangan dan resiko yang siap menghadang. Coba kita pikirkan bersama, satu sisi Anda harus memikirkan banyak hal mengenai kemajuan bisnis yang baru dirintis. Sisi lain, Anda harus memikirkan masalah hutang Bank yang setiap bulannya harus diansur. Sedangkan, bisnis yang Anda jalankan belum tentu dalam waktu satu bulan sudah mendapatkan hasil yang memuaskan.

Sampai disini, saya harap Anda bisa memahami maksut dari perkataan ini. Anda benar bahwa bisnis adalah dunia yang sangat berisiko, dan orang yang sudah memutuskan untuk mengambil jalan berbisnis. Tentu harus sudah siap mental dengan berbagai resiko tersebut. Tetapi, kalau bisa fokus hanya ke bisnis, kenapa harus meminjam Bank? Ingat, bahwa langkah Anda untuk mencapai kesuksesan akan sangat panjang. Andapun dituntut untuk fokus dan konsisten hanya pada bisnis yang sudah ditentukan. TEPAT, kata lainnya Anda tidak diperbolehkan memikirkan hutang dan lainnya yang bisa merusak konsentrasi. Contoh di atas merupakan hal sepele dari keputusan meminjam modal ke Bank. Apakah memusingkan? Jelas, maka ada baiknya kalau Anda memikirkannya dengan baik-baik.

Disini saya tidak akan membahas apakah berbisnis dengan modal dari Bank itu boleh atau tidak. Karena bagaimanapun saya harus menghargai pemahaman Anda akan hal tersebut. Pembicaraan ini hanya akan mengarah pada rahasia bisnis yang dijalankan tanpa ada ikut campur tangan dari Bank. Apakah bisa sebuah bisnis di jalankan tanpa modal dari Bank? Saya pastikan bisa. Kenapa saya begitu percaya diri dengan jawaban tersebut? karena sekarang Anda berada di zaman yang semuanya serba mudah dan murah. Anda berada di zaman pasca industri. Disinilah, informasi dan gagasan di jual dengan harga yang tinggi. Selain itu, Anda berada i zaman globalisasi. Yang semuanya serba transparan dan batas wilayah bahkan batas dunia seakan tidak ada lagi.

Salah satu contoh yang paling mencolok adalah munculnya para pebisnsi online yang begitu luar biasa mendapatkan keuntunggan. Padahal, kalau ditanya mereka hanya mengeluarkan modal sedikit untuk mendapatkan keberhasilan tersebut. Di zaman inilah, Anda bisa promosi dengan gratis mengunakan sosial media. Anda bisa melakukan produksi setelah adanya pemesanan, dan Anda bisa dengan mudah mendistribusikan produk tersebut dengan dana yang di tanggung oleh konsumen. Sekarang pertanyaanya apakah Anda memperlukan toko ataupun lahan untuk memulai bisnis? apakah Anda membutuhkan karyawan yang banyak untuk mengoperasikan bisnis tersebut? apakah Anda membutuhkan promosi yang mahal untuk melanjutkan proses bisnis? dan apakah kekurangan uang untuk memulai proses produksi?

Anda akan menemukan banyak jalan keluar untuk setiap permasalahan yang Anda hadapi. Lucunya, solusi tersebut akan datang sesuai dengan pemikiran Anda. Jadi, ketika Anda sudah memikirkan masalah hutang Bank untuk menjadi modal bisnis. Ya, itu yang akan terjadi. Bukankah akan ada kepuasan yang sangat menyenangkan, kalau Anda keluar dari jerat hutang Bank? Bukankah sangat menyenangkan, jika semua keuntungan yang didapatkan sepenuhnya menjadi hak Anda dan keluarga? Satu hal yang harus Anda ingat, ketika Anda hutang Bank berarti Andapun harus membayar bunga untuk setiap tahunnya. Sekali lagi, pikiran hal itu dengan baik-baik. Jangan sampai, keinginan untuk membahagiakan keluarga dengan bisnis yang sukses, malah akan menjerumuskan Anda pada hutang yang menumpuk.

Sampai disini, saya harap Anda sudah benar-benar paham dengan garis merah yang menjadi pembahasan ini. Kenapa Anda harus paham? karena pembicaraan ini berkaitan dengan masa depan Anda sendiri, dan apa yang akan Anda makan selanjutnya. Nah, sekarang beberapa dari Anda mungkin akan menanyakan masalah bagaimana solusi untuk berbisnis tanpa melibatkan Bank? Apakah proses selanjutnya akan lebih mudah? untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda perlu merubah sedikit mengenai pola pikir Anda mengenai bisnis dan berbagai elemennya. Ingat, mau Anda mengunakan modal dari Bank, ataupun tidak. Tantanggan bisnis akan datang untuk menguji bisnis yang Anda jalankan. Tinggal Anda perlu memilih mau pusing dengan hutang atau tidak.

Bisnis Tanpa Modal dari Bank

Untuk beberapa orang mungkin pembicaraan ini akan terdengar sedikit konyol dan mengkhayal. Karena bagaimanapun yang namanya bisnis membutuhkan modal yang banyak, dan salah satu yang paling rasional adalah meminjam. Tepat! Tapi, tolong lebarkan pikiran Anda lebih jauh dan lebih luas lagi. Seperti yang sudah dikatakan diawal bahwa sekarang Anda berada di zaman dimana teknologi dan pengetahuan menguasai setiap elemennya. Apa yang Anda takutkan? Toh, seornag tokoh pernah mengatakan bahwa bisnis yang baik adalah ketika Anda mengeluarkan modal sedikit, dan mendapatkan untung sebanyak-banyaknya. Baiklah, inilah beberapa caranya;

  1. Tawarkan Jasa

Cara pertama untuk mengumpulkan modal adalah dengan menawarkan jasa yang Anda miliki. Salah satu caranya dengan mempromosikan diri di website. Penawaran jasa biasanya memiliki harga yang lumayan tinggi. Apalagi ketika Anda memiliki kemampuan yang cukup dalam menjalankannya.

 

  1. Bisnis Homestay

Homestay adalah rumah yang dijadikan penginapan. Bisnis ini lebih menguntungkan dari pada rumah tersebut dikontrakan. Salah satu alasannya, karena tamu yang datang hanya akan mengunakan rumah tersebut dalam waktu yang singkat. Jadi, mereka tidak perlu untuk membereskan rumah saat masanya sudah habis.

 

  1. Manfaatkan Media Online

Seperti yang sudah diterangkan di atas bahwa kecanggihan teknologi komunikasi yang terjadi sekarang ini hendaklah dimanfaatkan. Salah satunya dengan melakukan promosi bisnis yang masih Anda jalankan, ataupun Anda bisa menjadi agen properti dengan memposting rumah atau bangunan yang akan di jual.

 

  1. Menjadi Reseller

Cara lainnya yang juga mampu menjadi jembatan Anda untuk menjadi pebisnis adalah menjualkan produk milik orang lain. Anda bisa menjualkannya dengan memasang iklan di website, ataupun promosi di media sosial yang Anda gunakan. Setelah Anda berhasil, dan memiliki uang yang cukup. Barulah memikirkan mengenai bisnis yang Anda jalankan. Ingat, terlebih dahulu Anda harus paham kondisi pasar untuk produk tersebut. Caranya Anda bisa melakukan analisis kecil-kecilan.