Memilih Jasa Riset Pemasaran

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menyewa Jasa Riset Pemasaran

 

Melakukan riset pemasaran memang merupakan suatu hal yang sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan pentingnya bagi seorang pengusaha yang baru bergerak di bidang tertentu untuk mengetahui secara spesifik terkait produk apa saja yang dibutuhkan dari bidang tersebut. Untuk itulah jasa riset pemasaran hadir di tengah-tengah Anda semua, yakni karena banyak pengusaha baru yang tidak mengerti metode apa yang digunakan dalam melakukan riset pemasaran serta seperti apa data hasil riset itu diolah.

 

Perhatikan Hal Berikut Saat Menyewa Jasa Riset Pemasaran

 

Mengolah data hasil riset pemasaran memang bukanlah hal yang mudah. Dari mulai penilaian secara kuantitatif yang melibatkan berbagai metode statistik, hingga penilaian seara kualitatif yang melibatkan pembacaan dan penarikan kesimpulan dari sejumlah opini yang dibutuhkan. Dengan menggunakan jasa riset pemasaran, maka Anda akan menghemat banyak sekali waktu selagi riset anda tetap berjalan. Baca juga Jenis Jasa Riset Pasar.

 

Hasilnya, anda apat melakukan berbagai peninjauan terkait bisnis anda ke depan. Namun, ada beberapa hal yang harus anda waspadai sebelum anda memutuskan untuk menggunakan sebuah jasa untuk melakukan riset pemasaran. Hal-hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

 

Kompetitor Yang Menyamar

 

Anda tidak pernah tahu seperti apa kompetitor anda ingin menjadi jaya di bidang usahanya. Hal ini bahkan menjadi lebih buruk bagi kompetitor yang sudah lebih dulu menguasai bidang yang baru anda datangi. Kompetitor, terlepas dari reputasinya di mata konsumen, terkadang masih menganut sistem kompetisi bisnis yang tidak sehat. Hal ini akan berujung pada usaha untuk mematikan kompetitor lain meskipun kompetitor tersebut masih baru.

 

Salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan menyamar menjadi jasa riset pemasaran. Sang kompetitor akan menawarkan jasa riset kepada anda dan memberikan anda data yang bersifat palsu. Tidak hanya itu, bahkan kompetitor yang jahat tersebut bisa saja memberikan anda data yang berlainan dan berkebalikan.

 

Sebagai contoh, sebenarnya pasar membutuhkan produk A lebih banyak dari produk B dari suatu sektor usaha. Namun, kompetitor yang menyamar menjadi penyedia layanan riset pemasaran kemudian akan memberitahu kepada Anda hal yang berkebalikan. Hasilnya, anda memproduksi atau menjual lebih banyak barang B tanpa banyak pembeli. Hal ini tentu akan berakibat pada kebangkrutan.

 

Pengusaha Startup Lain

 

Kompetitor tidak hanya datang dari mereka yang sudah berjaya pada suatu bidang usaha, melainkan bisa dari mereka yang sebenarnya baru ingin memulai juga seperti anda. Dengan menyamar menjadi sebuah jasa riset pemasaran, maka kompetitor tersebut akan menerima data-data terkait produk apa saja yang akan anda pasarkan. Selain itu, mereka juga mendapatkan dana, yang tentunya dari anda sang penyewa, untuk mendapatkan data tentang pangsa pasar yang sebenarnya berguna untuk bisnis mereka sendiri. Kemudian, mereka bisa memberikan anda data palsu layaknya kompetitor pada poin 1.

 

Penyedia Layanan yang Dipesan

 

Pernahkah berpikir bahwa penyedia layanan riset pemasaran yang anda gunakan kemungkinan mendapatkan bayaran lebih besar dari kompetitor untuk menghancurkan anda? Hal ini mungkin terjadi dan ceritanya akan sama dengan poin 1. Jadi, meskipun Anda sudah tahu bahwa penyedia layanan riset yang anda pesan memanglah penyedia layanan sungguhan, tetaplah waspada dan cari tahu apa hubungan mereka dengan kompetitor anda.

 

Memang betul bahwa bahaya yang ditimbulkan dari penggunaan jasa riset pemasaran adalah selalu soal kompetitor. Hal ini wajar saja mengingat merekalah yang paling ingin menjatuhkan bisnis anda. Jadi, tetaplah waspada. Semoga bermanfaat.