Mengenal Studi Kelayakan Bisnis Restoran

Mengenal Studi Kelayakan Bisnis Restoran

Studi Kelayakan Bisnis di perlukan dalam menentukan layak atau tidaknya sebuah bisnis untuk di kerjakan agar tidak adanya sebuah resiko seperti kesalahan dalam penanaman modal yang tinggi dan besar dengan suatu proses kegiatan usaha yang sama sekali tidak menuntungkan. Khusus dalam artikel ini, kita akan membahas dan mengenal studi kelayakan bisnis restoran bagi Anda para pegiat bisnis kuliner di luar sana.

Melakukan analisa atau studi kelayakan suatu bisnis memang memerlukan sebuah tim yang profesional dan memakan sejumlah biaya, namun hal ini tidak sebanding dan relatif lebih kecil dengan resiko kegagalan yang nantinya mungkin terjadi jika tidak melakukan penelitian studi kelayakan bisnis.

Sedangkan untuk sebuah bisnis besar seperti sebuah restoran, anda bisa mengkaji beberapa aspek dalam pengujian kelayakan bisnis tersebut. Pada dasarnya, orang-orang akan membutuhkan yang namanya pelayanan makanan dan fasilitas termudah dalam mendapatkan makanan secara mudah.

Restoran-restoran yang ada di kebanyakan kota besar biasanya berkembang dan menyatu dengan manajemen hotel. Market potensi dan tingginya level pengunjung akan lebih terdongkrak dengan adanya pengunjung di hotel-hotel tersebut. Namun tidak jarang juga para pemilik restoran bersaing dengan pemilik lainnya dalam menonjolkan keunikan dan produk mereka. Oleh karenanya, sangat dianjurkan bagi Anda untuk mengenal studi kelayakan bisnis restoran. Adapun tujuan dari studi kelayakan bisnis sendiri perlu Anda ketahui sebelumnya.

Analisis Pemasaran dan Permintaan

Ada banyak hal yang berubah menjadi key factor terbesar yang menjadi tempat favorit para penjelajah makanan. Dekorasi ruangan biasnaya akan berpusat kepada kepuasan dan kenyamanan oleh konsumen dan menjadi salah satu prioritas. Lounge biasanya lebih di khususkan untuk mendapatkan nuansa romantis dan simpel.

1. Proyeksi

Bisnis makanan yang mengusung tema restoran akan menjadi salah satu bisnis yang tetap bisa bertahan dan menjadi salah satu tempat penjelajahan makanan. Atmosfer modern yang akan menyatu dengan berbagai variabel makanan.
2. Analisis Data

Analisis data yang telah diolah menjadi serangkaian informasi yang lebih efisien dan sangat membantu dalam penyusunan rencana pengembangan perusahaan dapat dilakukan dari riset kelayakan bisnis yang menjadi objek dari studi kelayakan ini. Data-data tersebut biasanya diambil dari file penting maupun peninjauan langsung ke lapangan. Analisis data ini juga dilakukan dalam pengambilan dan mengetahui berapa jumlah pembeli yang potensial baik di jam-jam yang ramai maupun sepi.

3. Distribusi Saluran

Adanya pengkajian dalam analisa kelayakan bisnis restoran menyajikan bahwa adanya sebuah fasilitas yang merupakan layanan pesan antar atau deliveri ini sangat membantu para konsumen untuk tetap terhubung dan mendapatkan pelayanan walaupun tidak sempat datang langsung ke restoran. Biasanya pihak restoran akan menyediakan sismtem transportasi berupa sepeda motor dan mobil. Dimana mobil akan tetap digunakan jika pelanggan membutuhkan delivery dalam jumlah yang besar dan sepeda motor jika membutuhkan delivery dalam jumlah yang lebih kecil.

Untuk mempermudah pengenalan kepada pelanggan biasanya sistem transportasi akan di design secara khusus. Kemasan yang digunakan juga harus di lakukan dengan rapi dan baik agar pesanan konsumen tetap segar dan layak di konsumsi sesampainya di tempat tujuan. Hal ini dalam mengurangu rasa kecewa dan ketidakpuasan bagi para pelanggan. Karena jika hal tersebut tidak dipenuhi maka pihak restoan tentunya harus memberikan pelayanan lebih untuk mengembalikan rasa kepecayaan pelanggan mereka.

4. Strategi Marketing

Didalam mengenal studi kelayakan bisnis restoran, sebuah restoran yang memiliki ciri khas atau memiliki tema dan konsep tertentu akan lebih menarik para pelanggan maupun konsumen mereka. Bahkan beberapa restoran yang ternama akan mengangkat 3 konsep berbeda di sebuah bangunan yang berupa lounge, outdoor dan resto tanpa harus berpindah-pindah ketempat lain.

Ini merupakan strategi marketing jitu yang bisa menjadi daya tearik tersendiri yang di sajikan oleh pihak restoran untuk menemukan dan memikat konsumen mereka. Adanya strategi dalam mempromosikan restoran mereka dengan berbagai media yang bisa dijadikan sarana dalam memberitahukan kepada masyarakat luas adalah salah satu pilihan dalam mempromosikan fasilitas restoran mereka.

5. Penelitian Kelayakan

Kelayakan sebuah usaha restoran dapat di tentukan dalam berbagai aspek pemasaran dan permintaan pasar. Penawaran dan permintaan akan sebuah produk makanan di sebuah restoran tentunya tidak akan mengalami penurunan yang drastis jika pelayanan dan kulitas terjaga. Karena kebutuhan pokok manusia salah satunya adalah beupa makanan. Jenis usaha ini tentunya akan menjadi salah satu sasaran utama sebuah bisnis di sepanjang masa.