Image

Tahapan Proses Pembangunan dan Pengawasan Proyek Hotel

Proses dari sebuah proyek konstruksi memang tidak mudah. Dan termasuk memerlukan proses yang begitu panjang dan memakan waktu yang lama. Sama dengan proses tahapan pengawasan proyek hotel. Untuk saat ini, kerja proyek konstruksi seperti proyek hotellah yang paling banyak dikerjakan oleh berbagai perusahaan jasa pengawasan konstruksi. Terlebih dengan semakin berkembang pesatnya bisnis pariwisata di tanah air ini sendiri.

 

Proyek hotel pun menjadi sebuah proyek yang cocok untuk dibahas pada kesempatan kali ini karena proyek konstruksi hotel merupakan proyek dengan skala yang cukup besar, namun tentu masih berada dalam tahapan yang bisa diatur dengan baik oleh para pelakonnya. Untuk pengawasan proyek hotel sendiri, ada beberapa tahapan pembangunan dan pengawasan yang menjadi acuan.

 

Begini Proses Pembangunan dan Pengawasan Proyek Hotel

 

Berbicara mengenai pembangunan dan pengawasan proyek hotel, ada beberapa tahapan penting yang harus dilalui. Dan biasanya, untuk tugas dari pengawasan proyek hotel sudah dimulai bahkan ketika proyek konstruksi masih berada dalam tahapan rencana. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar nantinya, rencana hingga dokumen perencanaan dari proyek konstruksi hotel bisa berlangsung sesuai dengan standarisasi dan prosedur yang sudah ditetapkan dalam peraturan perundangan di Indonesia.

 

Selain itu, pengawasan proyek yang sudah terlibat sejak dalam tahapan perencanaan pun memudahkan pekerjaan konsultan pengawasan proyek hotel ketika di lapangan nantinya. Pengetahuan menyeluruh memang penting untuk tim pengawasan proyek hotel. Karena pada akhirnya nanti, tim lah yang akan mempertanggung jawabkan hasil kerja di lapangan kepada pemilik proyek. Selain itu, tim pengawas proyek ini pun bekerja sama dengan tim manajemen konstruksi untuk mendapat hasil kerja yang benar-benar menyeluruh dan bisa dipertanggung jawabkan nantinya. Untuk tahapan pembangunan dan pengawasan proyek hotel ini adalah :

 

Study Kelayakan

Study kelayakan belum banyak melibatkan tim pengawas proyek hotel. Namun untuk tim pengawas, penting mengetahui besarnya nilai resiko dari pembangunan dan proyek konstruksi hotel yang tengah dikerjakan. Selain itu, dari SWOT Analysis yang dilakukan pun pihak tim pengawas dapat mengetahui hambatan-hambatan yang akan terjadi pada saat proyek konstruksi berjalan. Hambatan ini bisa berasal dari masalah dana atau modal yang dimiliki oleh pemilik proyek hotel, hingga hambatan yang bersifat teknik misalnya struktur tanah, kondisi lingkungan, dan banyak lain.

 

Pengembangan Rencana

Di tahapan ini, biasanya pemilik proyek dan investor mulai bekerja dengan site plan dan working drawing. Proses ini melibatkan pengawas proyek sebagai pemeriksa standarisasi berdasarkan dari KLB (Koefisien Luas Bangunan) dan KDB (Koefisien Dasar Bangunan). Selain itu, bersama dengan drawer atau arsitek, pengawas proyek pun mengusahkan efisiensi lahan tanpa meninggalkan contour tanah yang dibangun.

 

Proses Pengawasan dan Pembangunan Konstruksi Hotel

Yang kedua adalah tahapan dimana proses konstruksi sudah mulai berjalan. Disini, pengawas proyek memiliki peranan yang begitu besar. Pegawas proyek terlibat langsung dengan kerja pembangunan dan kontruksi pihak hotel. Pengawas proyek pula yang akan menjadi jembatan penghubung antara pelaksana lapangan dan kontraktor dengan pihak pemilik proyek. Tak ketinggalan, di tahapan ini pun pengawasan proyek hotel sudah harus berlangsung menyeluruh dan melibatkan seluruh aspek pembangunan yang lain, seperti pembangunan jalan.

 

Setelah mengetahui tiga tahapan pembangunan dan pengawasan diatas, baca juga artikel berikut ini Tugas dan Wewenang Konsultan Jasa Pengawasan Proyek.