Image

Pentingnya Fungsi Konsultan Bisnis di Industri Kreatif

Sebuah bisnis dan badan usaha memang tak bisa dianggap remeh. Kedua hal ini begitu penting dan menjadi bagian dari banyak kehidupan orang-orang lain yang berhubungan dengannya. Tak itu saja, banyak sekali elemen dan aspek yang berkaitan dengan suksesnya sebuah bisnis. Karena itulah, seorang atau bahkan sebuah tim konsultan bisnis menjadi begitu penting. Konsultan dalam bidang bisnis ini sebenarnya sudah banyak diperkerjakan di berbagai perusahaan. Namun juga tak jarang, perusahaan itu sendiri yang bekerja sebagai konsultan untuk membantu jalannya sebuah bisnis.

 

Dan untuk saat ini, konsultan ini pun begitu penting sebagai salah satu syarat bagi banyak jenis dan badan usaha dalam mendapatkan kredit atau investor. Ya, selain adanya studi kelayakan, adanya konsultasi bisnis sebelumnya pun kerap kali menjadi syarat sebelum sebuah badan investor atau kreditur memberikan pagu kredit sebagai modal usaha. Sebenarnya pun, masih banyak kepentingan dan fungsi lain dari konsultan bisnis ini. Baca juga artikel Manfaat Kajian Bisnis Untuk Segala Jenis Badan Usaha.

 

Apa Saja Fungsi Konsultan Bisnis di Bidang Industri Kreatif?

 

Konsultan menurut wikipedia adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa kepenasihatan (consultancy service) dalam bidang keahlian tertentu. Seorang konsultan dengan ahli biasa itu sangatlah berbeda. Konsultan bukan merupakan pegawai perusahaan melainkan seseorang yang menjalankan usahanya sendiri atau bekerja di sebuah perusahaan kepenasihatan. Seorang konsultan berurusan dengan berbagai penggunalayan dalam satu waktu.

 

Di berbagai perusahaan, konsultan bisnis memegang peranan yang besar. Sebagai staff untuk menjalankan segala rencana dari sebuah bisnis. Dan juga memberikan kajian dan studi  mengenai kredibilitas sebuah bisnis yang akan dibangun, atau yang bahkan berlangsungnya sebuah bisnis ini sendiri. Selain itu, seorang konsultan pun masih memiliki banyak fungsi dan keunggulan masing-masing. Berikut kami paparkan peranan dan fungsi dari seorang konsultan dalam bisnis.

 

Peran konsultan bisnis sebagai pertimbangan marketing

Pembelajaran mengenai pasar menjadi sebuah elemen dan faktor penting dari sebuah bisnis. Karena itu, seorang konsultan dituntut harus memiliki pengetahuan yang tinggi mengenai kondisi pasar. Sesuai dengan bidang bisnis yang tengah digeluti, market dan demand dari pasar tersebut hingga trik dan strategi marketing untuk memasuki pasar. Pertimbangan marketing untuk konsultan bisnis ini pun menjadi begitu penting karena banyaknya aspek yang berkaitan dengan penjualan dan untung rugi dari sebuah bisnis.

 

Marketing disini pun termasuk juga dengan rencana pemasaran, hingga strategi penjualan yang semuanya akan dikoordinasikan dengan konsultan bisnis sebelumnya.

 

Konsultan bisnis sebagai quality control

Quality control atau menjaga kualitas pun menjadi hal yang penting berikutnya dalam sebuah bisnis, disini pun menjadi area untuk para konsultan bisnis ini beraksi. Mempertahankan kualitas sebuah produk menjadi aspek lain dari bisnis yang harus dijaga. Para konsultan ini pula yang akhirnya menjadi penjaga sebuah perusahaan untuk mempertahankan konsistensi kualitas yang mereka miliki. Dan ini menjadi hal penting karena harus dapat mempertahankan kualitas produk yang seimbang dengan perkembangan pasar dan keadaan bisnis pada umumnya.

 

Strategi bisnis

Ini adalah hal terakhir dari peranan dan fungsi seorang konsultan dalam bisnis. Ada banyak sekali strategi bisnis yang dapat berlangsung dari sebuah konsultan. Dan ini umumnya akan berhubungan dengan kelangsungan bisnis tersebut di masa mendatang. Dan yang terakhir ini, menjadi fungsi konsultan bisnis paling utama.

 

Bagaimana? Sudah cukup jelas dengan semua peranan dan fungsi dari konsultan bisnis?