18
Mei

Pentingnya Laporan Keuangan dalam Menilai Kelayakan Usaha

Apapun bentuk usaha yang sedang Anda jalankan, laporan keuangan adalah hal wajib yang harus disajikan tiap bulannya. Jangan anggap sepele hal tersebut, sebab keberlangsungan suatu usaha bisa dilihat dan diprediksi dari laporan keuangan tersebut. Meski usaha yang Anda jalankan adalah usaha dalam skala kecil, laporan keuangan tetap harus ada dan dilaporkan. Namun, apabila hal tersebut belum berjalan, maka cobalah untuk memulai membuat laporan keuangan di periode berikutnya.

Berikut ini akan dipaparkan point-point pentingnya laporan keuangan  bagi usaha yang Anda jalankan :

  1. Mampu meyakinkan para kreditur apabila Anda berniat untuk meminjam modal pada usaha Anda
  2. Mmpu meyakinkan para investor apabila Anda berniat untuk menambah modal pada usaha Anda
  3. Memberikan informasi keuangan meliputi pendapatan, pengeluaran, modal, dan laba pada usaha yang Anda jalankan
  4. Bisa memprediksi keuangan di periode selanjutnya dengan mempertimbangkan periode sebelumnya
  5. Mengetahui prakiraan jumlah kewajiban atau hutang yang harus dibayarkan
  6. Bisa menilai kinerja manajemen suatu usaha
  7. Menjadikan laporan keuangan sebelumnya sebagai acuan agar mendapatkan pendapatan lebih banyak di periode berikutnya

Secara garis besar, 7 point di atas adalah gambaran pentingnya laporan keuangan bagi usaha Anda. Di lain sisi, terkait dengan studi kelayakan bisnis, laporan keuangan bertujuan untuk menilai kelayakan usaha yang Anda sedang jalankan. Dalam laporan keuangan akan disajikan mengenai seberapa besar biaya yang telah dikeluarkan untuk usaha Anda dan membandingkannya dengan seberapa besar pendapatan yang Anda terima.

Apabila usaha yang Anda jalankan berada pada skala besar, maka ada beberapa pihak yang berkepentingan dalam laporan keuangan yang Anda sajikan tersebut. Di antaranya ialah :

1, Kreditur

Kreditur merupakan sebutan untuk pihak penyandang dana yang akan membiayai usaha Anda sebab mereka akan mempelajari prospek usaha Anda tersebut apakah akan lancar dalam mengembalikan dana atau malah menjadi kredit macet sebab menderita kerugian

 

2. Investor

Investor merupakan sebutan untuk para pemegang saham yang menanamkan modalnya pada usaha Anda untuk melihat kemampuan dalam menciptakan laba dan pengembangan aset yang dimiliki. Selain itu, laporan keuangan juga mampu memberikan gambaran berapa jumlah deviden yang akan mereka terima nantinya.

 

3. Pemerintah

Laporan keuangan dibuat untuk mengetahui seberapa besar pajak yang harus dikenakan pada usaha Anda.

 

4. Manajemen

Laporan keuangan digunakan untuk mengetahui kinerja manajemen dan menjadikannya ukuran keberhasilan dari sisi laba yang diperoleh, sehingga nantinya akan digunakan untuk memberikan kompensasi kepada para karyawan

 

5. Karyawan

Bagi para karyawan, laporan keuangan sangat penting demi kinerja mereka. Dan sebagai bahan pertimbangan untuk meminta peningkatan kesejahteraan pada para karyawan tersebut. Dan sebaliknya, apabila kondisi keuangan menurun mereka bisa dengan sigap memperbaiki kinerja agar usaha Anda tersebut tidak mengalami kerugian sebab akan berpengaruh pada gaji yang mereka akan dapatkan nantinya.

 

Masih mengabaikan laporan keuangan? Segera perbaiki sikap Anda, demi keberlangsungan usaha Anda tersebut. Tak ada kata terlambat, jika memang belum menertibkan laporan keuangan Anda di periode sekarang, maka mulailah tertibakan laporan keuangan Anda di periode selanjutnya.

 

Baca juga : 7 Cara mengelola arus kas sehat