Peran Konsultan Studi Kelayakan

Peran Konsultan Studi Kelayakan

Sebuah analisis dari kemampuan untuk menyelesaikan proyek dengan sukses, dengan mempertimbangkan hukum, ekonomi, teknologi, penjadwalan dan faktor lainnya. Daripada hanya menyelam ke dalam proyek dan berharap untuk yang terbaik, studi kelayakan memungkinkan manajer proyek untuk menyelidiki kemungkinan hasil negatif dan positif dari proyek sebelum berinvestasi terlalu banyak waktu dan uang.

Investopedia menjelaskan ‘Studi Kelayakan’

Sebagai contoh, jika sebuah hotel ingin memperluas hotel untuk menambah kapasitas pengunjung, bisa melakukan studi kelayakan untuk menentukan apakah akan menindaklanjuti. Penelitian ini mungkin melihat di mana penambahan akan dibangun, berapa banyak ekspansi akan biaya, bagaimana ekspansi akan mengganggu masih mumpuni, bagaimana respon pasar atas perluasan tersebut, , apa hukum lokal mungkin mempengaruhi ekspansi, dan sebagainya.

Bangaimana bunga investasi dan berapa lama akan balik modal. Bagaimana keadaan pesaing dan lingkungan. Studi kelayakan memberikan gambaran dan pemetaan atas hal – hal tersebut.

Sehingga peran konsultan studi kelayakan yang berpengalaman sangat penting dalam melakukan pemetaan berkaitan dengan akurasinya. Semakin berpengalaman konsultan semakin sedikit deviasi yang terjadi. Demikianlah penjelasan singkat tentang konsultan studi kelayakan.

Penulis