Peranan Studi Kelayakan Bisnis Dalam langkah Awal Membangun Sebuah Usaha

Peranan Studi Kelayakan Bisnis Dalam langkah Awal Membangun Sebuah Usaha

Pernahkah anda mengetahui apa hal mendasar yang merupakan sebuah pertimbangan atau langkah awal seseorang dalam membangun dan menjalankan sebuah bisnis? Pada umumnya poin yang mendasari hal tersebut adalah jumlah modal, adanya prospek usaha, serta adanya skill atau kemampuan dalam menjalankan bisnis atau usaha tersebut. Sebernanya ada beberapa hal lain yang masih menjadi masalah dan pertimbangan dasar ketika seseorang memutuskan untuk menjalankan sebuah bisnis. Di sinilah peranan studi kelayakan bisnis dalam langkah awal membangun sebuah usaha dibutuhkan.

Hal ini bahkan bau disadari dan menjadi sebuah permasalahan ketika mereka baru akan memnjalankan atau telah menjalankan bisnis tersebut. Beberapa tantangan dan masalah yang mendasar ini bahkan tidak pernah terlintas oleh pemikiran sebagian orang sebelumnya. Oleh karena itu berbagai perusahaan besar, menegah atau yang masih berskala kecil memutuskan untuk melakukan studi kelayakan bisnis. Ini adalah hal yang biasanya di lakukan ketika hendak memulai sebuah bisnis ataupun dalam menjalankan dan membuka sebuah cabang usaha yang baru.

Hal Penting Dalam Analisa Studi Kelayakan Bisnis

Titik awal atau hal yang menjadi sebuah acuan dalam pemutusan sebuah proses pembangunan bisnis seperti apakah bisnis atau susaha tersebut jadi dibangun? Ataukah bisnis atau usaha tersebut harus ditunda atau bahkan di ganti dan dibatalkan. Peyelidikan maupun penelitian yang merupakan serangkaian proses yang di lakukan oleh tim studi kelayakan bisnis yang dilakukan akan meninjau berbagai aspek penting hingga nantinya mendapatkan gambaran awal akan sebuah usaha atau bisnis yang sedang dianalisis. Hal ini kemudian akan menunjukkan peranan studi kelayakan bisnis dalam langkah awal membangun sebuah usaha.

Selain dari peninjauan beberapa aspek penting, studi kelayakan bisnis juga akan menghasilkan beberapa data diantaranya yaitu lokasi atau tempat yang layak untuk pembangunan usaha tersebut, antisipasi apa saja yang perlu dilakukan jika terjadi berbagai kendala nantinya dalam menjalankan proses bisnis maupun usaha tersebut. Beberapa aspek yang biasanya akan menentukan peranan studi kelayakan bisnis dalam langkah awal membangun sebuah usaha adalah sebagai berikut:

  1. Aspek Administrasi dan Hukum

Aspek yang megkaji masalah administrasi dan hukum ini adalah aspek yang berhubungan dengan pemenuhan persyaratan dan legalitas sebuah usaha, serta syarat-syarat administrasi yang berlaku di suatu peraturan daerah. Misalnya saja hal-hal yang terkait dengan akta pendirian usaha, isin usaha maupun legalitas dalam memulai sebuah bisnis atau usaha.

2. Aspek Pemasaran

Salah satu aspek yang memiliki hubungan dan poin penting yang terkait dengan peluang usaha maupun produk dan prospek yang akan ditawarkan kepada konsumen di suatu lingkungan adalah aspek pasar dan pemasaan. Ini merupakan analisis aspek yang akan meneliti tentang seberapa pesar potensi pasar, strategi pemasaran, daya beli konsumen dan kebutuhan pasar.

3. Aspek Sosial Ekonomi dan Budaya

Ini adalah kajian aspek tentang seberapa jauh interaksi timbal balik sebuah bisnis yang nantinya akan dijalankan dan bagaimana dampaknya terhadap income di masyarakat, kehidupan sosial dan peranan pada budaya setempat. Biasanya akan digunakan metode wawancara, dokumen maupun menggunakan kuisioner untuk mendapatkan hasil yang dibutuhkan tersebut.

4. Aspek Teknis dan Teknologi

Ini merupakan kajian aspek yang berhubungan dengan peralatan yang diperlukan, pemilihan lokasi, ruang usaha, jalur produksi, bantuan mesin dan teknologi. Sistem dari kerja yang merupakan suatu alat penggerak di sebuah usaha atau bisnis akan digambarkan dari aspek ini.

5. Aspek Manajemen

Ini merupakan sebuah aspek yang akan berhubungan dengan operasional sebuah bisnis dan tata pengaturan maupun manajerial sebuah usaha.

6. Aspek Keuangan

Salah satu aspek yang menjadi kajian utama dan vital yang nantinya akan memberikan gambaran awal tentang sumbe biaya, resiko usaha, proyeksi pengembalian modal dan cara pendanaan sebuah usaha.

Sedangkan beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam proses studi kelayakan bisnis adalah sebagai berikut :

  • Tahapan identifikasi
  • Perumusan data
  • Proses penilaian
  • Pemilihan dan penentuan alternatif
  • Implementasi

Demikianlah beberapa kajian dan langkah awal dalam melakukan sebuah perancanaan usaha atau tahapan dalam membangun bisnis yang potensial. Gambaran umum kondisi usaha atau bisnis di masa yang akan datang bisa di ketahui dengan melakukan studi kelayakan bisnis. Beberapa hambatan yang kemungkinan terjadi, prospek dari usaha atau bisnis tersebut dan bahkan beberapa alternatif dan jalan keluar yang dapat dilakukan dalam meneruskan dan mengembalikan posisi terbaik dapat di analisa. Adapun perencanaan bisnis bagi kesuksesan bisnis juga sangat diperlukan bagi Anda para pelaku bisnis.