Perencanaan Bisnis Bagi Kesuksesan Bisnis

Perencanaan Bisnis Bagi Kesuksesan Bisnis

 

Bisnis memiliki daya pikat yang luar biasa. Tidak heran kalau kemudian banyak dari kita yang berlomba untuk mendapatkannya. Semua orang berusaha mencari dan mencuri ilmu dari para pengusaha sukses. Mereka mempraktikan semuanya dengan sebaik mungkin. Tapi, banyak dari mereka yang justru patah hati dengan sebuah bisnis. Saking traumanya dan tidak bisa bangkit, mereka kembali lagi menjadi karyawan. Apa yang salah? sebenarnya tidak ada yang salah, hanya saja tidak banyak dari kita yang memahami inti sari dari sebuah bisnis. Bisnis selalu dikaitkan dengan kaya raya, kalau sudah kaya raya mampu membeli apa saja yang dimau, dan lain sebagainya. Point itu benar, tapi itu bukan inti dari sebuah bisnis. Faktor itu bukan inti dari apa yang ingin disampaikan Sayyidina Umar bin Khottob kepada para sahabatnya. Kenapa? Karena inti sar dari bisnis adalah proses panjang yang harus dinikmati sekaligus disyukuri.

Sedangkan sebagian besar dari kita tidak mampu menikamti proses bisnis dengan baik. Semuanya kepengin instan dan mudah. Padahal tidak seperti itu, harus ada tahapannya dan para calon pebisnis harus mau dengan konsekuensi tersebut. Kalau sudah Anda pahami itu, barulah Anda bisa mengetahui apa yang sebenarnya Anda ingin wujudkan dengan sebuah bisnis. Apa yang ingin Anda ciptakan dari sebuah bisnis? Nah, semua pertanyaan tersebut muncul sebagai bagian kecil dari proses perencanaan bisnis. Saya yakin, siapapun tokoh dibalik bisnis hebat, tentu dia adalah sosok yang memiliki perencanaan akurat untuk bisnisnya tersebut. Begitupun dengan Anda, karena itu adalah langkah awal yang harus dilalui.

Saya setuju, kalau semisal dari Anda yang berpendapat bahwa bisnis bisa dijalankan semaunya dan tidak kebanyakan teori. Yah, itu benar dan sekali lagi saya bilang setuju dengan pendapa tersebut. Tetapi, akan lebih baik dan terarah ketika Anda memiliki rencana jelas untuk bisnis yang harapannya akan berumur panjang. Bukannya demikian? Karena bisnis, tidak hanya berbicara masalah finansial, tetapi berbicara juga masalah mental. Disitulah, Anda akan diuji untuk kedepannya.

Nah, dibawah ini ada beberapa alasan kenapa Anda disunahkan membuat perencanaan bisnis. Yaitu:

  1. Kejelasan bisnis yang akan dikerjakan

Seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa Anda sebagai seorang pebisnis tidak boleh hanya copypaste apa yang dilakukan orang lain. Karena saya yakin, Anda memiliki passion yang jauh lebih tinggi dari lawan Anda tersebut. Cobalah, jadikan orang-orang sukses itu sebagai pemicu Anda untuk berbisnis. Lakukan hal yang berbeda dari mereka, dan cari celah yang tidak mereka lakukan.

  1. Mengenal strategi yang akan dilakukan

Bisnis memiliki begitu banyak strategi untuk manarik pelanggan. Tetapi, yang harus Anda ketahui bahwa marketing adalah strategi yang harus Anda taklukan. Carilah cara pemasaran yang sesuai dengan produk, dan lakukan itu dengan seunik mungkin. Ingat, hal yang berbeda akan sangat mudah menarik perhatian.

  1. Mendapatkan penjelasan mengenai pasar

Market(pasar) yang menjadi lahan dalam berbisnispun tidak boleh Anda remehkan, karena disinilah Anda akan menemukan pembeli-pembeli potensial yang sangat menguntungkan bisnis yang Anda tersebut. Alasan ini pula yang akan mengantarkan Anda pada pengenalan pesaing. Belajarlah untuk sportif, karena ketika Anda bermain curang, secara otomatis kualitas produk dan value perusahaan telah Anda gadaikan. Tentunya, itu bukan kabar yang baik untuk sebuah bisnis.

Demikianlah beberapa hal mengenai langkah dalam riset pasar yang wajib bin kudu Anda coba. Anda boleh berhati-hati, tapi ingat tetap jalankan semua rencana awal tersebut sesuai dengan apa yang sudah Anda rancang dari awal. Apakah boleh berubah? kondisikan dengan situasinya. Semoga bermanfaat.