Perhatikan Hal Ini Sebelum Mulai Membuat Studi Kelayakan Bisnis

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mulai Membuat Studi Kelayakan Bisnis

Apakah perusahaan Anda sudah akan membuat studi kelayakan bisnis? Sebelum membuat studi kelayakan bisnis, sebaiknya Anda mempersiapkan hal-hal berikut ini agar memudahkan pembuatan studi kelayakan bisnis!

Pastikan Anda mendapat akses data yang akurat

Dalam melaksanakan studi kelayakan bisnis, Anda akan diminta untuk membuat laporan mengenai kelayakan produk Anda di pasar berdasarkan data-data yang sudah dihimpun. Anda dapat menghimpun data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif adalah data yang berupa sejarah atau pernyataan dari sebuah perusahaan. Sementara, data kuantitatif adalah data yang berupa angka, seperti jumlah anggaran dana perusahaan dalam melakukan suatu bisnis. Data-data yang akan Anda masukkan ke dalam proses evaluasi studi kelayakan bisnis tidak boleh sembarangan. Apabila data yang Anda peroleh tidak akurat, maka studi kelayakan bisnis Anda pun tidak dapat diandalkan dan dapat menyebabkan kegagalan pada saat mengeksekusi suatu ide bisnis.

Maka, sebelum masuk ke dalam proses analisis data, ada baiknya Anda memastikan keakuratan data yang akan Anda himpun. Anda dapat melakukan hal ini dengan mencari akses data yang akurat. Akses data yang Anda himpun dapat berupa perpustakaan atau lembaga yang jelas kredibilitasnya. Setelah menghimpun tempat pengaksesan data, Anda dapat mulai melakukan pencarian data yang akan berguna bagi studi kelayakan bisnis perusahaan Anda.

Ketepatan metode

Ketika membuat studi kelayakan bisnis, Anda juga dituntut untuk membuat suatu penelitian. Sebelum melangkah lebih jauh dalam pembuatan studi kelayakan bisnis, Anda harus menentukan metode apa yang akan Anda gunakan dalam penelitian. Anda sebaiknya memilih metode apa yang pas dalam penelitian yang akan Anda lakukan. Penentuan metode ini akan berguna pada saat menghimpun data dan informasi yang diperlukan. Tanpa merencanakannya terlebih dahulu, Anda dapat merasa kebingungan saat dalam proses pengerjaan studi kelayakan bisnis.

Dukungan tenaga ahli

Membuat studi kelayakan bisnis memang sudah merupakan sebuah keharusan sebelum menjalankan suatu usaha. Namun, banyaknya data yang harus diolah dan pengambilan keputusan-keputusan tertentu sering membuat pemilik usaha bingung dalam menyelesaikan studi kelayakan bisnisnya. Untuk mensiasati hal ini, Anda membutuhkan dukungan tenaga ahli. Tenaga ahli yang dimaksud adalah konsultan bisnis. Konsultan bisnis akan membantu Anda untuk mengurusi hal-hal awam yang tidak Anda mengerti. Ide bisnis yang Anda miliki juga bisa dinilai terlebih dahulu oleh konsultan bisnis secara kasar. Anda dapat menghemat waktu karena jika ide bisnis Anda terlihat memiliki kekurangan, konsultan bisnis akan membantu Anda memperbaiki beberapa hal. Konsultan bisnis juga ada banyak macamnya sehingga Anda harus sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Namun, biasanya dalam pengerjaan studi kelayakan bisnis, perusahaan akan membutuhkan bantuan dari konsultan akuntansi dan konsultan advertising. Konsultan akuntansi akan membantu membuat perencanaan keuangan yang akan digunakan oleh perusahaan dalam studi kelayakan bisnis. Seperti yang diketahui bahwa nantinya studi kelayakan bisnis akan berguna bagi investor atau kreditur. Bantuan dari konsultan akuntansi akan memperbesar peluang suatu usaha untuk didanai berdasarkan laporan keuangan dalam studi kelayakan bisnis. Konsultan advertising akan membantu perusahaan untuk memperkirakan jenis iklan seperti apa yang diperlukan untuk memasarkan sebuah ide bisnis. Perencaan dari konsultan advertising berguna untuk membuat perencanaan dana yang lebih akurat.

Setelah mempersiapkan, tiga hal di atas, Anda dapat berekspektasi bahwa studi kelayakan bisnis yang Anda lakukan akan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi sehingga ide bisnis Anda dapat terlaksana.

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp