Poin Penting Tentang Studi Kelayakan Bisnis Perusahaan

Poin Penting Tentang Studi Kelayakan Bisnis Perusahaan

Studi kelayakan bisnis sebelum menjalankan dan membuat sebuah perusahaan sangat diperlukan agar usaha tersebut nantinya tidak sia-sia dan perusahaan bisa berkembang dengan proses yang diinginkan. Hal ini sangat penting demi meninjau seberapa potensial sebuah perusahaan sebelum di bangun dan nantinya tidak hanya menyianyiakan tenaga, pikiran dan sejumlah modal atau bahkan menyebabkan serangkaian masalah yang sangat merugikan di masa depan. Oleh karenanya, dalam artikel ini akan dibahas mengenai poin penting tentang studi kelayakan bisnis perusahaan. Anda juga dapat membaca artikel ini mengenai study kelayakan penyelamatkan bisnis Anda.

Adanya keuntungan dan bisa membeikan serangkaian manfaat bagi berbagai pihak adalah hal yang di butuhkan dalam membangun sebuah perusahaan. Tanpa adanya hal-hal penting tersebut maka sebuah perusahaan dapat di katakan tidak memenuhi kelayakan bisnis dan seharusnya dapat di tinjau ulang dari cara dan program usahanya. Didalam menunjau sebuah perusahaan, studi kelayakan bisnis memiliki beberapa manfaat berikut ini, yaitu:

  1. Terhindar Dari Adanya Resiko Kerugian

Adanya kerugian yang kemungkinan dapat terjadi di masa yang akan datang adalah tujuan penting dari adanya studi kelayakan bisnis perusahaan. Karena masa depan tentunya menjadi sebuah tahapan yang penuh dengan ketidakpastian. Ada beberapa kondisi dimana seseorang bahkan sama sekali tidak bisa memperkirakannya dan ada juga kondisi dimana masa depan dapat di rancang dan diperkirakan lebih awal.

Fungsi studi kelayakan ini sendiri adalah untuk berusaha dalam mengurangi atau meminimalisir tingkat dari resiko yang mungkin terjadi nantinya. Pihak perusahaan tentunya menginginkan timbal balik yang positif, baik di sektor kemajuan usaha dan financial. Disinilah peranan penting melakukan studi kelayakan bisnis perusahaan dimana, tim SKB dapat menentikan beberapa resiko yang mungkin terjadi, baik resiko yang tidak dapat di hindari maupun resiko yang bersifat lebih fleksibel atau bisa dihindari.

  1. Kemudahan Dalam Perencanaan

Adanya prospek akan keberhasilan maupun kerugian di masa yang akan datang yang menjadi kajian utama tim studi bisnis kelayakan perusahaan akan memudahkan dalam proses perencanaan dan merupakan poin penting tentang studi kelayakan bisnis perusahaan. Serangkaian proses perencanaan tersebut adalah yang meliputi :

  • Banyaknya jumlah dana yang di perlukan: Selalu ada sejumlah dana atau modal yang nantinya diperlukan perusahaan untuk menjalankan prosesnya dan berkembang. Jika sebuah perusahaan telah melakukan analisa kelayakan bisnis, maka gambaran banyaknya pemakaian dana akan lebih mudah diketahui pada tahapan awal.
  • Kapan peluang usaha atau perusahaan akan dijalankan: Poin penting berikutnya adalah penentuan dalam waktu yang tepat untuk memulai perusahaan tersebut.
  • Letak atau lokasi yang akan memberikan dampak postif untuk membangun sebuah perusahaan: Sebuah badan usaha, maupun perusahaan akan bergantung kepada beberapa hal termasuk lokasi penempatan. Bahkan jika anda menemukan lokasi yang baik dan potensial, bukan tidak mungkin akan mempermudah pengembangan dari perusahaan tersebut.
  • Pihak yang terkait: Ada beberapa pihak yang nantinya akan menjadi bagian dari perusahaan tersebut.
  • Besar keuntungan: Dalam SKB, tentunya besar keuntungan lebih mudah untuk diprediksi.
  1. Kemudahan Dalam Melaksanakan Proses Pekerjaan

Serangkaian rencana yang telah dirancang akan memudahkan dalam proses pelaksanaan usaha di dalam perusahaan. Ini akan memudahkan para pelaku usaha dan pelaksana bisnis tersebut. Seseorang yang hendak menjalankan sebuah usaha tentunya diharuskan memiliki sebuah pedoman dalam menjalankan usahanya.

Proses dari tahapan pelaksanaan usaha tersebut juga harus disusun secara sistematis dan ekonomis sehingga bisa sesuai dengan rencana sebelumnya dan juga tepat pada sasarannya. Serangkaian rencana yang telah tersusun secara sistematis dan rapi tersebut bisa menjadi pedoman dan acuan anda dalam pengerjaan setiap tahapan yang akan ada di dalam tahapan penyusunan rangkaian rencana di dalam proses pelaksanaan usaha perusahan.

  1. Kemudahan Dalam Pengawasan

Adanya pelaksanaan usaha yang sesuai dan berdasarkan kepada tahapan rencana yang telah di tentukan akan memudahkan pihak perusahaan dalam melakukan pengawasan terhadap proses tersebut. Agar tidak ada penyimpangan terhadap rencana yang telah disusun inilah makanya diperlukan sebuah pengawasan.

  1. Kemudahan Pengendalian

Salah satu poin penting tentang studi kelayakan bisnis perusahaan adalah pengendalian. Pengendalian dalam sebuah proses usaha di dalam perusahaan akan menjadi mudah jika serangkaian proses pengawasan telah dilakukan dengan baik dan benar. Jika terdapat beberapa hal yang menyimpang tentunya akan langsung terdeteksi oleh tim pengawas dan akan lebih mudah mengantisipasi dengan melakukan proses pengendalian agar tujuan utama tercapai.