Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Bagi Pemula

Image

Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Bagi Pemula

 

Perkembangan teknologi menjadikan hampir semua bidang kehidupan berubah. Sekaranglah yang disebut sebagai masa industrial. Semua bisa didapatkan dengan mudah dan cepat. Mobilitas masyarakat bergerak dengan begitu dinamis. Persebaran informasi merambah kesemua sudut, sampai batasan wilayah tidak lagi menjadi penghalang. Pendidikan dengan gampang dilaksanakan dimanapun, dan kapanpun dengan hadirnya berbagai sistem yang sengaja dibuat untuk mempermudah calon pemakainya. Apapun alasannya, sekarang kita semua berada di masa yang sangat menakjubkan.

Saking menakjubkannya, dampak luar biasa itupun merambah pada bidang ekonomi. Tepat! Inilah bukti terhebat yang mampu digunakan untuk memperbaiki kualitas hidup. Ekonomi sebagai salah sat bidang yang sangat digemari, sekarang tumbuh semakin luas dan semakin besar. Berbagai hal yang dulu dianggap tidak bisa akan mendatangkan uang, sekarang malah mengalirkan begitu banyak aktiva. Anda pasti menyadari, bahwa langkah bisnis Anda tidak terlepas dari masa yang serba teknologi ini.

Anda pasti setuju bahwa zaman sekarang siapapun bisa melakukan bisnis. Berapapun usainya bisa melakukan dan menaklukan tantangan bisnis, dan berapapun modalnya, bisnis bisa dilakukan dengan hasil yang gemilang. Nah, inilah kekuatan lain yang diperlihatkan teknologi untuk para pencipta dan penggunanya. Apa dampak positifnya? Semua proses berjalan dengan cepat dan mudah. Apapun bisa diakses dengan sekejam mata, dan bisnis bisa berjalan baik dengan modal yang sedikit. Terus apakah dampak negatifnya ada? Jelas, karena apapun bentuk perubahannya tentu akan membuat beberapa orang gelagapan untuk menerimanya. Terus apa Anda bisa menghentikan masa ini? TIDAK, masa ini akan terus berjalan tanpa ada yang tahu endingnya seperti apa.

Ketika Anda adalah seorang pebisnis, tentu masa ini akan mendatangkan banyak kompetitor untuk melawan bisnis yang sudah Anda rintis. Para pesaing itu akan melaju dengan sangat cepat dengan bantuan teknologi yang mereka kuasi. Pasar bebaspun sekarang sudah berlangsung. Lihatlah, siapa yang bisa menguasai pasar dan konsumen? merekalah yang bisa memanfaatkan momentum dengan baik. Anda jangan bersedih, masih banyak waktu untuk Anda belajar mengenai masa ini. Pilihlah, orang-orang yang akan membantu Anda untuk memahaminya.

Anda boleh memiliki pemikiran bahwa Anda bisa memenangkan pertandingan ini dengan rahasia sukses yang sudah Anda miliki sejak dahulu kala. Ataupun Anda bisa saja, mencuri ilmu untuk mengetahui rahasia sukses dari para pebisnis yang sekarang sudah sangat luar biasa dengan bisnis yang dibuatnya. Silakan saja, itu hak Anda untuk belajar. Namun, Anda harus mengaris bawahi bahwa Anda belum berada diposisi yang sama dengan para kompetitor. Jadi, akan ada baiknya kalau Anda menempatkan diri pada posisi yang sama.

Apakah Anda sependapat dengan saya? Jika, iya. Maka tidak ada pilihan lain, selain belajar mengenai apa yang sudah mereka pelajari. Misalnya, cari tahu bagaimana cara para kompetitor Anda melakuka pemasaran. Mereka menggunakan teknologi, Andapun harus melakukan hal yang sama. Anda pasti tahu bahwa marketing adalah pintu gerbang untuk melakukan penjualan. Jadi, lakukan yang terbaik untuk proses tersebut. Buatlah, akun ataupun website yang khusus mengulas dan membahas mengenai produk yang Anda jual. Layani semua pertanyaan dari website tersebut dengan baik, dan kelola website tersebut dengan baik dan profesional.

Selanjutnya, kompetitor melakukan analisis khalayak. Andapun perlu melakukan, inilah yang akan menjadi faktor apakah produk Anda sudah tepat sasaran ataupun belum. Analisis khalayak akan memberikan gambaran mengenai apa yang di senangi oleh masyarakat yang tinggal di wilayah yang Anda milih sebagai tempat bisnis. Analisis khalayak pula yang akan membuat Anda paham harus bagaimana untuk melanjutkan menuju proses selanjutnya. Nah, Anda bisa melakukan proses ini dengan wawancara, ataupun survei.

Sampai disini, ukurlah apakah Anda sudah satu posisi dengan para kompetitor? Kalau sudah berada dalam satu posisi, barulah Anda berhak mencari tahu apa yang sebenarnya yang harus Anda lakukan untuk menaklukan pertandingan dan menguasai pasar. Semakin Anda paham dengan alur pertandingan, itu akan semakin baik. Tetapi, Anda harus ingat bahwa bisnis bukan hanya masalah uang, namun bisnis berkaitan dengan hubungan baik antara Anda dan elemen bisnis lainnya. Jadi, tetaplah untuk konsen mempertahankan hubungan baik tersebut, agar apa yang Anda tujukan berjalan lancar dengan bantuan para elemen bisnis itu.

Rahasia Sukses Bisnis

Pembahasan mengenai sukses dalam bisnis amat sangat mudah Anda jumpai. Dari mulai buku, majalah, bahkan DVD. Hal tersebut menunjukan bahwa banyak orang yang mampu merasakan kesuksesan dari apa yang sudah mereka lakukan untuk bisnisnya. Apakah semuanya boleh Anda coba? TENTU, karena kembali lagi itu hak Anda untuk memilih dan memutuskan. Apakah ada batasan Anda dalam mengetahui rahasi sukses bisnis? Tidak, tidak ada batasan. Silakan Anda baca,dan dengarkan apapun yang berkaitan dengan tema tersebut.

Namun, ada point penting yang harus Anda perhatikan. Point ini tidak boleh Anda lupakan, selama Anda belajar mengenai rahasia sukses dari orang lain. Yaitu, tetap jalankan bisnis. Anda dilarang untuk takut melangkah, karena merasa was-was dengan apa yang Anda pelajari. Jangan sampai Anda hanya menikmati proses yang orang-orang itu bicarakan. Anda perlu jalan dengan bisnisnya, dan sesekali mendengarkan orang lain untuk sebagai media evaluasi untuk bisnis tersebut. Nah, berikut beberpaa rahasia kecil yang mampu memberikan keunikan untuk bisnis Anda. Yaitu:

  • Berinovasi

Rahasia kecil yang pertama adalah inovasi. Inilah salah satu sikap yang bisa membuat sesuatu yang baru dari sesuatu yang sudah ada. Inovasi memiliki yang paling tinggi dalam dunia bisnis. Apakah dengan kata lain dengan ini bisnis tidak memperlukan uang? Tidak, bisnis apapunn tentu membutuhkan uang. Tetapi, banyak contoh para pebisnis yang bisa memulai semuanya dari modal tipis.

 

Kenapa mereka berani melangkah? Tidak ada jawaban lain, karena mereka percaya dengan inovasi yang sudah mereka gagas. Para pebisnis yang cerdas menghargai inovasi dengan baik. Hal tersebut karena mereka tahu bahwa kemampuan managemen tidak menjamin keberhasilan dalam bisnis. Inovasi ditambah dengan keberanian adalah dua elemen yang harus Anda miliki sebagai senjata untuk menaklukan panasnya dunia bisnis.

 

  • Memiliki Potensi dan Skill

Rahasia kecil selanjutnya yang juga bernilai mahal untuk sebuah bisnis adalah adanya potensi dan skill. Anda jelas tidak boleh asal menjalankan bisnis, tanpa mengetahui seluk-beluk bisnis yang akan Anda jalankan. Sebenarnya, kalau di check lebih dalam lagi potensi dan skill(kemampuan)lah yang menjadi modal terbesar dalam sebuah bisnis. Uang Rp.1.000.000 akan langsung habis di tangan mereka yang tidak memiliki naluri berbisnis. Namun, untuk mereka yang memiliki potensi dan skill, uang itu bisa berubah jutaan kali lipat.

 

  • Pergorbanan

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa bisnis tidak hanya berbicara mengenai mendapatkan uang yang banyak. Namun, akan membawa Anda pada pembahasan yang lebih penting dari itu, yaitu sebuah pencapaian. Sama seperti alur kehidupan lainnya, pencapaian dalam bisnispun harus melalui banyak hal yang tidak jarang akan membuat Anda kelelahan, muak, dan jengkel. Anda harus benar-benar fokus dengan apa yang sudah direncanakan. Anda harus berani memberikan tenaga dan pikiran untuk bisnis itu, dan Anda harus konsisten dengan prosesnya. Seperti itulah bisnis, dia terlihat jahat. Maka, siapkan mental untuk mampu menaklukannya dengan pengorbanan yang besar dan tulus.