Riset Pasar dalam Menjalankan Bisnis

Riset Pasar dalam Menjalankan Bisnis

 

Riset Pasar atau pemasaran adalah suatu hal yang tidak kalah penting dalam sebuah perbisnisan. Hal tersebut dikarenakan dengan riset tersebutlah seorang pebisnis akan mengetahui sejauh mana ide bisnisnya mampu menjangkau kebutuhan yang diinginkan oleh masyarakat. Point penting lainnya ialah dengan riset pasar Anda bisa mengetahui kompetitor yang akan menjadi pesaing kompetitif yang harus dihadapi. Dan riset pemasaran tidak bisa dibilang mudah karena disini Anda bukanhanya dituntut untuk menjual produk ataupun cara mendapatkan laba yang melimpah. Tetapi, lebih dalam dari itu. Seperti mengerti kondisi khalayak, tempat, dan lainnya yang juga langsung bersentuhan dengan detail bisnis yang akan Anda jalankan.

Dari penjelasan diatas bisa diambil kesimpulan bahwa riset pemasaran memiliki porsi yang juga penting dalam ranah ditail bisnis. Faktor inilah yang kemudian menjadikan riset pemasaran mampu menjadi pelengkap untuk menjadi pelindung dari sebuah bisnis. Kenapa demikian? Karena dari riset inilah Anda akan mengetahui sejauh mana produk ataupun investasi yang dilakukan akan menemukan pendapatan yang sesuai dengan inginan ataupun tidak. Ingat, sekarang yang dibicarakan adalah masalah bisnis. Jadi, rasional kalau Anda tidak mau rugi didalamnya. Bukannya demikian? Nah, dibawah ini adalah beberapa jenis riset pasar yang bisa Anda lakukan. Yaitu:

  1. Riset Pasar Primer

Yang dimaksut dari riset pasar primer ialah penelitian yang dilakukan dengan maksut mengumpulkan data ataupun informasi yang berasal dari sumbernya langsung. Riset ini sangat kredibel karena bersumber dari apa yang jelas mereka praktekan secara langsung. Apa yang terjadi saat itu juga. Caranya bagaimana?

  • Wawancara dengan subjek yang sudah Anda tuju. Galilah semua informasi yang ingin Anda ketahui.
  • Diskusi kelompok untuk mendapatkan sampel sesuai dengan populasi yang sudah Anda prediksi sebelumnya.
  • Survey dapat digunakan untuk melihat kondisi lapangan secara langsung. Andapun akan mendapatkan gambaran mengenai pesaing yang siap tempur.
  1. Riset Pasar Sekunder

Hakikatnya riset pasar sekunder dengan riset pasar primer sama saja, yang membedakan hanya cara Anda mendapatkan informasinya. Kalau riset pasar primer didapatkan secara langsung. Sedangkan riset pasar sekunder bisa Anda dapatkan dari data-data yang sudah ada ataupun data yang sudah diterbitkan. Hal ini membuka peluang untuk pebisnis dalam merancang segmentasi sasaran yang unik untuk menghadapi para pesaing.

Detail lain yang juga harus diperhatikan dalam melakukan riset pasar adalah pengumpulan data. Pengumpulan data ini dimaksutkan untuk memudahkan Anda dalam menganalisis apa-apa saja yang bisa menjadi patokan Anda dalam berbisnis. Semakin Anda menghiraukannya, berarti bersiaplah untuk memberikan banyak keuntungan kepada para pesaing yang terus memata-matai bisnis yang masih Anda gencarkan.

Pengumpulan data bisa Anda lakukan dengan dua cara, yaitu:

  1. Metode Kunalitatif, metode ini berisikan dengan berbagai hal yang berbau matematis. Jadi, dalam ketika Anda milih mengumpulkan data dengan metode ini, Anda harus siap dengan berbagai keterangan yang menunjukan Angka. Kenapa demikian? Karena metode ini akan memberikan keterangan mengenai penyempurnaan produk dan jasa.
  2. Metode Kualitatif, metode yang kedua ini kebalikan dari metode yang pertama yang sering digunakan untuk menyempurnakan metode kauntitatif. Otomatis, dalam metode ini nantinya akan berisi keterangan mengenai berbagai hal yang merujuk pada permasalahan bisnis yang masih Anda jalankan. Biasanya, metode ini dilakukan dengan wawancara.