Studi Kelayakan Bisnis, Berguna Bagi Siapa Saja?

Studi Kelayakan Bisnis, Berguna Bagi Siapa Saja?

Kegiatan bisnis melibatkan berbagai pihak yang membawa berbagai kepentingan. Untuk mempermudah urusan dengan pihak-pihak lain, sebuah perusahaan sebaiknya memiliki studi kelayakan bisnis. Berdasarkan studi kelayakan bisnis Anda, nantinya pihak-pihak yang berkepentingan akan memberikan penilaian dan memutuskan apakah kerjasama dapat dilakukan . Untuk Anda yang masih meraba – raba, sebenarnya siapa saja pihak-pihak terkait yang nantinya akan membutuhkan hasil studi kelayakan bisnis Anda untuk bekerjasama? Simak pembahasan berikut!

Pihak investor

Investor memiliki fungsi sebagai pemrakarsa pada bisnis Anda. Investor adalah pihak yang akan bertanggung jawab atas kegiatan bisnis yang akan dilakukan oleh perusahaan Anda. Selain itu, investor juga dapat menanamkan modalnya pada perusahaan Anda. Sebelum menanamkan modal yang besar, investor tentu saja mempertimbangkan berbagai hal. Salah satunya adalah apakah ide bisnis Anda cukup masuk akal untuk didanai dan dapat memberikan mereka keuntungan. Untuk membuat investor yakin ide bisnis Anda dapat didanai, Anda dapat mengirimkan studi kelayakan bisnis.

Pihak kreditur

Modal yang besar membuat pengajuan kredit menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh sebuah perusahaan. Sebenarnya pihak perbankan selalu mencari proyek-proyek bisnis untuk didanai. Namun, sebelum pihak kreditur, mengizinkan pebisnis untuk mengambil pinjaman, ada syarat -syarat tertentu yang harus dipenuhi. Pihak kreditur perlu memeriksa beberapa data yang meyakinkan kreditur bahwa perusahaan memiliki bonafiditas bagi kreditur dan ketersediaan anggunan bagi pebisnis. Untuk mengoleksi data perusahaan ini, pihak kreditur akan meminta laporan studi kelayakan bisnis perusahaan Anda. Apabila berdasarkan laporan studi kelayakan bisnis yang ada, ide bisnis Anda dianggap dapat dilakukan, besar kemungkinan pihak kreditur akan menyetujui pengajuan dana pinjaman Anda.

Manajemen perusahaan

Manajemen perusahaan adalah bagian yang memimpin berbagai usaha dari anggota organisasi dengan memberdayakan sumber daya yang ada untuk mencapai suatu tujuan. Tugas manajemen perusahaan adalah memastikan ide bisnis dapat berjalan dengan baik. Untuk mempermudah tugas manajemen perusahaan, studi kelayakan bisnis mutlak diperlukan sebagai acuan dalam menjalankan ide bisnis. Selain itu, sebelum memutuskan apakah ide bisnis layak dieksekusi, pihak Manajemen Perusahaan akan memutuskan berdasarkan studi kelayakan bisnis apakah sebuah ide bisnis dapat dijalankan atau tidak.

Pihak pemerintah

Bisnis tidak dapat dipisahkan dari aturan-aturan yang dibuat pemerintah. Sebelum mengeksekusi proyek, pebisnis harus menyerahkan studi kelayakan bisnis pada pemerintah. Pihak pemerintah akan bertanggungjawab atas berjalannya proyek yang menyangkut kehidupan orang banyak. Pemerintah memiliki kepentingan untuk memberikan izin prinsip atau izin kelayakan proyek. Sebelum menerbitkan izin ini, pemerintah akan menguji studi kelayakan bisnis yang Anda berikan. Biasanya penilaian pemerintah terpusat pada aspek legalitas dan perizinan.

Masyarakat

Melakukan bisnis tidak hanya tentang perusahaan dan investor saja, ataupun hanya sekedar perusahaan dan pemerintah. Salah satu aspek penting lainnya yang seringkali dilupakan adalah masyarakat. Saat ini, masyarakat semakin aktif dan kritis mengenai pembangunan proyek yang ada di wilayahnya. Masyarakat meminta pemerintah untuk bersikap transparan dalam penggunaan sumber daya alam di daerahnya. Oleh sebab itu, studi kelayakan bisnis juga penting eksistensinya bagi masyarakat. Studi kelayakan bisnis berfungsi sebagai pertanggungjawaban pemerintah kepada masyarakat. Biasanya masyarakat yang memberikan penilaian melalui LSM fokus pada isu AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).

Setelah mengetahui beberapa pihak yang membutuhkan studi kelayakan bisnis Anda untuk mempermudah urusan di kemudian hari saat bisnis berjalan, sebaiknya Anda segera mempersiapkan studi kelayakan bisnis dengan baik agar ide bisnis dapat terealisasi dengan bantuan berbagai pihak.

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp