Studi Kelayakan Bisnis untuk Bisnis Wirausaha

Studi Kelayakan Bisnis untuk Bisnis Wirausaha

Studi kelayakan bisnis adalah hal mendasar yang harus dimiliki oleh suatu perusahaan sebelum memulai sebuah proyek. Tentunya, studi kelayakan bisnis, sesuai namanya, tidak melulu menyangkut proyek besar yang melibatkan perusahaan. Sebenarnya studi kelayakan bisnis adalah sebuah penelitian yang mempelajari secara dalam mengenai suatu ide bisnis. Studi kelayakan bisnis dilakukan untuk menganalisis apakah suatu ide bisnis layak dijalankan dan mengontrol kegiatan yang akan dilaksanakan saat bisnis dimulai agar tidak terjadi kerugian.

Masih banyak wirusaha yang masih belum menggunakan studi kelayakan bisnis sebelum memulai usahanya. Nyatanya, saat ini studi kelayakan bisnis sudah menjadi persyaratan yang tidak terelakkan bagi suatu usaha untuk dapat berjalan dengan mendapat dukungan dari berbagai pihak. Bagi Anda para calon wirausahawan, sebelum memulai bisnis tanpa perencanaan yang matang dan analisis yang akurat, sekarang adalah saatnya Anda untuk membuat studi kelayakan bisnis agar bisnis yang akan Anda jalani memiliki nilai yang dapat diukur.

Sebelum Anda memulai bisnis, Anda harus melakukan studi kelayakan bisnis untuk meyakinkan investor, bahkan diri Anda sendiri sehingga bisnis yang akan dijalani sesuai dengan perhitungan dan tidak merugikan di kemudian hari. Dengan pertimbangan bahwa bisnis wirausaha memiliki modal yang minim, koneksi yang tidak banyak, dan daya manusia yang lebih terbatas dari kebanyakan perusahaan, tentunya membuat studi kelayakan bisnis menjadi hal yang tergambar susah di benak wirusahawan. Lantas, bagaimana sebaiknya membuat studi kelayakan bisnis bagi wirausaha?

Pada dasarnya, studi kelayakan bisnis yang dibuat untuk wirausaha akan sama dengan milik perusahaan. Hal-hal yang harus ada dalam studi kelayakan bisnis adalah ruang lingkup kegiatan usaha, bagaimana cara kegiatan bisnis akan dilakukan, evaluasi berbagai aspek-aspek yang dapat menentukan keberhasilan bisnis secara keseluruhan, sarana yang dibutuhkan oleh bisnis, hasil dari kegiatan bisnis, biaya-biaya yang ditanggung untuk dapat memperoleh hasil dari bisnis tersebut, serta langkah-langkah pendirian bisnis atau perluasan bisnis. Jangan kebingungan dahulu begitu membaca berbagai aspek yang harus Anda cantumkan pada studi kelayakan bisnis.

Studi kelayakan bisnis dapat Anda mulai dengan memetakan bisnis Anda. Anda harus dapat mendeskripsikan ide bisnis Anda dan meyakini bahwa Anda akan dapat menjalani ide bisnis tersebut. Setelah selesai menjelaskan mengenai ide bisnis, Anda harus melakukan penelitian. Untuk mengadakan penelitian, tentunya membutuhkan biaya, waktu, dan tenaga. Namun, jika Anda tidak membuat studi kelayakan bisnis, usaha Anda akan mengalami kerugian yang lebih besar karena kegagalannya dalam membaca pasar. Sebagai wirausahawan, sebaiknya riset yang dilakukan adalah riset ilmiah, namun tetap memperhitungkan budget. Beberapa riset dapat dilakukan dengan mudah dan murah, yaitu dengan menyebarkan kuisioner, mengamati keadaan lapangan secara langsung, dan mengadakan riset grup.

Apabila penelitian sudah dilakukan, Anda sudah bisa cukup tenang karena tahap selanjutnya akan jauh lebih mudah. Berdasarkan data yang Anda dapatkan dari hasil penelitian, Anda akan bisa mengevaluasi apakah ide bisnis wirausaha Anda cukup masuk akal untuk bersaing di pasar dan bisa menghasilkan keuntungan. Apabila ide bisnis Anda sudah lolos tahap evaluasi, Anda tinggal melakukan perencanaan bisnis. Perencanaan bisnis berisi rancangan teknis yang akan dikerjakan pada bisnis wirausaha Anda.

Setelah membahas ulasan berikut, apakah mindset wirausahawan Anda sudah berubah? Patut diingat ya bahwa studi kelayakan bisnis tidak hanya perlu dilakukan oleh perusahaan yang memiliki banyak karyawan dan modal. Studi kelayakan bisnis juga perlu dilakukan bagi bisnis wirausaha agar dapat berjalan lancar dan terus berkembang.

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp