Studi Kelayakan dan Peranannya

Studi Kelayakan dan Peranannya

Dunia bisnis merupakan salah satu dunia yang sangat populer dengan berbagai rintangan yang akan dihadapi oleh setiap pelakunya. Semakin hari, masyarakat lebih menyukai berbisnis dari pada menjadi karyawan tetap di sebuah perusahaan. Apalagi sekarang sudah berada di zaman globalisasi, dimana semuanya dapat dilakukan dengan sangat mudah dan praktis. Perkembangan teknologi mempengaruhi hampir setiap bidang kehidupan masyarakat. Pengaruh tersebut pula yang membuat pergerakan bidang bisnis semakin hari, semakin mencenggangkan. Bisnis bukan hanya ranah untuk orang yang memiliki modal besar, tetapi berbicara mengenai bisnis bisa melibatkan siapapun yang sudah bermodalkan mental.

Fakta tersebut didukung oleh perkembangan teknologi, terutama teknologi komunikasi yang membuat proses bisnis semakin menjadi mudah untuk dilakukan siapapun, termasuk pelajar. Butuh berapa contoh mahasiswa yang sukses luar biasa dengan bisnis onlinenya? Kalau ditanya modal, mungkin mereka tidak memiliki modal sebesar mereka yang bermodalkan jutaan bahkan ratusan juta rupiah untuk bisnisnya. Namun, untuk keuntungannya mereka bisa sebanding dengan mereka yang bermodalkan banyak. Inilah salah satu faktor terkuat kenapa sekarang pasar konvensional semakin redup, berganti dengan bisnis serba online.

Kemudahan yang tersedia itu terkadang membuat para pebisnis pemula terlena dengan indahnya rencana tanpa mengetahui elemen bisnis yang harus mereka ketahui. Mereka hanya memikirkan posting produk, mengirim produk, dan mendapatkan uang. Terkadang dengan mudahnya persepsi mereka mengenai bisnis online, membuat mereka lupa bahwa bisnis memiliki elemen yang perlu diketahui oleh setiap pelakunya. Karena itulah kunci dari keberhasilan yang ingin dicapai. Nah, salah satu dari sekian banyak elemen yang harus Anda pahami, diantaranya adalah studi kelayakan.

Apakah itu studi kelayakan? Inti dari elemen bisnis ini adalah memperkiaraan atau meramal apakah bisnis yang Anda gagas memiliki prospek yang cerah atau tidak untuk kedepannya. Secara tidak langsung studi kelayakan ini bertujuan untuk mencegah Anda rugi diproses pertama berbisnis. Kenapa bisa seperti itu? karena dari penelitian ini, Anda akan mengetahui seberapa besar respon masyarakat akan kehadiran produk yang Anda buat. Ketika respon masyarakat sedikit, tidak perlu memikir ulang. Anda harus langsung beralih menuju gagasan bisnis lainnya yang lebih bisa menguntungkan. Bagaimanapun berbicara masalah bisnis, berarti bersangkutan langsung dengan laba. Jadi, ketika Anda rugi berarti tidak ada alasan lagi untuk melanjutkan bisnis tersebut.

Studi kelayakan ini bisa dilakukan dengan melakukan analisis kecil-kecilan megenai selera khalayak. Wawancara, dan survei merupakan dua cara yang paling sering digunakan untuk mereka yang masih pemula dalam dunia bisnis. Sedangkan untuk perusahaan –perusahaan raksasa biasanya mengunakan jasa konsultan bisnis untuk melakukan studi kelayakan terhadap gagasan yang ingin mereka ciptakan. Beberapa dari pebisnis yang sudah mapan di dunia ini, biasanya menyarankan agar pemula mencari masalah terlebih dulu, sebelum memulai bisnisnya. Bukan produksi barang, tapi ketahui dahulu apa yang konsumen inginkan.

Studi kelayakan sendiri sangat penting untuk setiap aktor bisnis, mulai dari Anda sebagai wirausaha sampai pada investor. Para investor inilah yang akan memutuskan akan berinvestasi berapa untuk bisnis atau perusahaan Anda. Nah, salah satu cara yang biasa para investor lakukan adalah melihat dari segi studi kelayakan bisnis. Semakin cerah prospeknya, maka akan semakin besar peluang Anda untuk mendapat sokongan dana dari para investor, dan sebaliknya. Sedangkan untuk Anda sebagai pebisnis, dari studi kelayakan inilah Anda akan mengatahui apakah bisnis yang Anda gagas tersebut akan memberikan keuntungan sepanjang masa atau tidak.

Peranan Studi Kelayakan Bisnis

Kasmir dan Jakfar (2003) mengatakan bahwa studi kelayakan adalah suatu kegiatan yang mempelajari secara mendalam tentang suatu kegiatan atau usaha yang akan dilaksanakan, untuk menentukan layak atau tidaknya gagasan tersebut dijalankan sebagai bisnis. Tujuan utama dari studi kelayakan ini tentunya yang akan berdiri bisa berjalan sesuai harapan baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang serta untuk mengukur seberapa besar potensi usaha tersebut baik dalam situasi mendukung maupun situasi yang tidak mendukung.

Dari penjelasan dari awal Anda pasti sudah menangkap benang merahnya bahwa studi kelayakan ini sangat berperan untuk semua pihak yang berkecimpung dalam bisnis. Bukan hanya wirausaha, investor, dan pemerintah. Namun, masayarakatpun ikut dalam tahapan ini. Nah, untuk lebih jelasnya dibawah ini beberapa manfaat dan peran studi kelayakan bisnis.

  • Sebagai Deskripsi Kasar Bisnis

Seperti yang sudah diterangkan di atas bahwa studi kelayakan ini melakukan penelitian terhadap layak atau tidaknya sebuah gagasan dijalankan dalam bentuk bisnis. Nah, dari penelitian tersebutlah Anda bisa mengetahui gambaran kasar dari pertama bisnis itu dibentuk sampai pada proses operasional. Menariknya, dari sinilah Anda bisa memprediksikan keuntungan yang kelak Anda dapatkan.

  • Sebagai Alat Pengukur Untung ataupun Rugi

Peranan kedua ini masih memiliki kaitan dengan peranan pertama. Dimana studi kelayakan memiliki tugas untuk mengukur seberapa jauh bisnis ini bisa dijalankan, dan seberapa besar laba atau rugi yang bisa terjadi pada perusahaan. Disisi lain, studi kelayakan memberikan solusi untuk menghindarkan para pelaku bisnis dari kerugian. Hal tersebut karena terdapat solusi untuk menghindari resiko yang kelak Anda ketahui juga dari lapangan.

  • Alat untuk Mencari Investor

Salah satu hal yang dilihat para inestor sebelum berinvestasi di sebuah perusahaan adalah melihat prospek masa depan perusahaan tersebut. Caranya dengan melihat kejelasan gagasan yang dimiliki oleh perusahaan. Gagasan inilah yang nantinya akan berkembang sebagai hasil studi kelayakan. Semakin bagus prospek yang dimiliki, berapa dana yang diminta oleh perusahaa pasti disetujui oleh investor. Kenapa? Para penanam modal tersebut juga tidak mau rugi. Jadi, ketika perusahaan atau bisnis Anda menunjukan masa depan yang cerah, jelas mereka akan berlomba menanam modal di perusahaan tersebut.

  • Sebagai Penangkal Kerugian

Seperti yang sudah dibicarakan dari awal bahwa studi kelayakan memberikan ruang yang begitu luas untuk para aktor yang terlibat dalam bisnis untuk melakukan penelitian apakah ide ataupun gagasan yang dimiliki layak dijalankan atau sebaliknya. Ketika, ide tersebuk zonk ada baiknya beralih dan mulai dengan ide baru yang ssuai dengan hasil pencarian masalah yang ada disekitar masyarakat. Perhatikan, awal studi kelayakan ini jelas menekankan bahwa tidak ada satu para aktor bisnis itu yang mau rugi, dan itu semua terselamatkan dengan studi kelayakan.

  • Menentukan Tindakan

Studi kelayakan ini pula yang akan menyediakan beberapa tindakan untuk Anda ketika gagasan itu layak untuk dijalankan. Dari hal ini menjelaskan bahwa bisnis bisa diberjalan dengan baik, selama Anda tetap konsen dengan apa yang terjadi disekitar. Inilah salah satu hal yang bisa digunakan untuk menghindar dari berbagai resiko yang akan menghadang bisnis tersebut. Jadi, Anda memiliki peluang besar untuk sukses.