Studi Kelayakan Investasi

Studi Kelayakan Investasi

Mengetahui Tentang Studi Kelayakan Investasi Dalam Berinvestasi

Studi kelayakan investasi dilakukan untuk menilai kelayakan dari investasi yang akan dilakukan sebelum terjadinya keputusan investasi tersebut. Investasi sendiri merupakan suatu kegiatan dalam menempatkan dana, uang atau aset pada suatu perusahaan, organisasi atau kelompok dengan perjanjian tertulis. Tujuan diadakannya investasi ini adalah mendapatkan sejumlah keuntungan dari dana atau modal yang ditanam sebelumnya. Bentuk dari investai sangat bermacam-macam, mulai dari properti, uang, atau benda lainnya untuk dijadikan pendukung usaha. Untuk mendapatkan keuntungan dari investasi yang anda lakukan, membaca adanya peluang serta faktor lainnya yang akan berpengaruh ke depan sangat penting. Untuk itulah, adanya studi kelayakan tentan investasi dilakukan sebelum keputusan investasi dijalankan.

Ruang Lingkup Dalam Mengetahui Studi Kelayakan Investasi

Setiap investasi yang anda lakukan menimbulkan resiko-resiko yang terkait. Untuk itu Studi kelayakan investasi dilakukan. Investasi yang dalam KBBI berarti penanaman uang atau modal di suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan ini memiliki beberapa jenis yang anda layak ketahui sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Jenis investasi pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan wujud tunai berupa uang atau kas. Jika anda memiliki tabungan, deposito ataupun uang tunai, anda bisa tawarkan pada suatu proyek atau perusahaan untuk usahanya. Kedua dalam bentuk saham, atau yang dikenal dengan surat penting yang menunjukkan kepemilikan dari perusahaan tertentu. Ada pula investasi dalam bentuk pendapatan tetap berupa obligasi, utang, dan faktur. Dan jensi investasi aset fisik berupa benda yang berbentuk.

Anda harus mengetahui dalam jenis apa investasi yang akan anda tanamkan. Serta sesuaikan dengan kemungkinan kebutuhan suatu perusahaan atau usaha dengan investasi yang akan ditanmakan. Dalam studi kelayakan investasi, mengetahui karakteristik dari investasi yang akan anda lakukan juga sangat penting. Karena ada beberapa investasi yang dapat anda ambil sewaktu-waktu atau disebut dengan likuid. Dengan begini, anda bisa menarik investasi tersebut setiap saat yang anda inginkan. Ada pula investasi yang flexible dengan menempatkan penanam modal atau investor sebagai trader yang dapat mewakili nasabahnya. Ada pula investasi yang berkarakteristik termonitor, yang akan memberikan laporan lengkap pada investor tentang analisa pasar, kurs, pergerakan investasi dan lainnya yang dilaporkan secara berkala.

Dengan melakukan studi kelayakan investasi sebelum melakukan investasi penting dilakukan untuk meminimalisir serta menanggulangi resiko kegagalan bisnis yang akan terjadi. Dengan mengetahui gambaran yang detail serta rencana yang akan proyel atau usaha akan lakukan, anda bisa menilai apakah usaha tersebut pantas atau tidak untuk anda tanamkan investasi yang menjanjikan prospek baik untuk kedepannya. Untuk itu, dalam studi kelayakan untuk investasi ini akan diidentifikasi terlebih dahulu tentang peluan serta ancaman usaha. Setelah itu, anda akan melakukan analisis tentang usaha tersebut, mengenai peluang pasar, permintaan, penawaran, serta aspek lainnya. Setelah melakukan analisis kelayakan usaha atau proyek tersebut, anda bisa menilai sejuah mana kesempatan anda untuk berinvestasi ini akan menguntungkan anda di kemudian hari.

Maka dari itu, sebelum melakukan investasi ini, membaca peluang investasi yang anda lakukan menjadi faktor penentu dalam mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Mengetahui prospek pasar terhadap usaha atau proyek tempat anda akan berinvestasi menjadi satu hal yang sangat penting untuk anda perkirakan. Bagaimana respon masyarakat serta teknik pemasaran yang perusahaan atau usaha tersebut lakukan sekiranya mampu menembus angka minimal atau tidak. Dari aspek keuangan sendiri, anda harus mampu menilai kapankah sekiranya investasi anda akan menghasilkan untuk anda. Bila anda mampu memperkirakan peluang perusahaan  atau suatu bisnis kedepan, anda tentu akan berani menanamkan investasi. Studi kelayakan investasi adalah langkah penting bagi anda dalam merencanakan investasi yang akan menguntungkan semua pihak.