Tiga Langkah Sederhana dalam Riset Pasar

Tiga Langkah Sederhana dalam Riset Pasar

Riset Pasar atau pemasaran adalah suatu hal yang tidak kalah penting dalam sebuah perbisnisan. Hal tersebut dikarenakan dengan riset tersebutlah seorang pebisnis akan mengetahui sejauh mana ide bisnisnya mampu menjangkau kebutuhan yang diinginkan oleh masyarakat. Point penting lainnya ialah dengan riset pasar Anda bisa mengetahui kompetitor yang akan menjadi pesaing kompetitif yang harus dihadapi. Dan riset pemasaran tidak bisa dibilang mudah karena disini Anda bukan hanya dituntut untuk menjual produk ataupun cara mendapatkan laba yang melimpah. Tetapi, lebih dalam dari itu. Seperti mengerti kondisi khalayak, tempat, dan lainnya yang juga langsung bersentuhan dengan detail bisnis yang akan Anda jalankan. Meski demikian, terdapat tiga langkah sederhana dalam riset pasar yang dapat Anda coba sendiri.

Suci Sucipto (2010) berpendapat bahwa kajian yang dilakukan dalam aspek pasar dan pemasaran bertujuan untuk menguji sejauh mana pemasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan dapat mendukung pengembangan usaha atau bisnis yang direncanakan. Agar kajian aspek pasar dan pemasaran sesuai dengan rencana (pangsa pasar), dan semua itu bergantung pada penerapan strategi pemasaran yang dipilih. Kottler (2003), apabila perusahaan menemukan suatu pasar yang menarik, maka perusahaan perlu mengestimasi berapa besarnya pasar di masa sekarang dan di masa yang akan datang dengan cermat.

Dari penjelasan singkat dari dua tokoh diatas, saya rasa sudah mampu memberikan gambaran pada Anda sejauh mana pentingnya sebuah riset pasar untuk kelangsungan hidup bisnis yang dikelola. Nah, sekarang sebelum Anda pusing membayangkan kesulitan dari riset pasar ini. Langsung saja, saya berikan tiga langkah sederhana dalam riset pasar yang bisa dilakukan. Langkah ini tidak terlalu sulit, hanya butuh lebih banyak tenaga dari Anda untuk mau melakukannya.

  1. Survey Pasar

Langkah pertama dari tiga langkah sederhana dalam riset pasar yang sangat mudah Anda lakukan adalah mengunjungi lokasi atau market yang sudah ditargetkan. Setelah itu, Anda hanya perlu memberikan orang-orang yang dikehendaki dengan kuesioner. Tapi, kalau memungkinkan Anda boleh juga melakukan wawancara dengan mereka. Dari sinilah, Anda akan mengetahui sejauh mana para pesaing sudah memulai start. Selain itu, Andapun akan diuntungkan dengan mengetahui minat masyarakat saat ini.

2. Amati Tingkat Persaingan

Seperti yang sudah saya sampaikan dari awal bahwa setiap usaha apapun itu bentuknya pasti akan menemukan para pesaing yang tidak jarang sudah kuat menancapkan kariernya. Eitt, tapi bukan berarti semua pesaing itu malah membuat Anda malah kabur. Nah, disinilah pentingnya Anda mengamati tingkat persaingan yang terjadi. Karena dari sini, secara otomatis Anda akan mengetahui kelemahan dari setiap pesaing. Hajar mereka dengan produk unik yang Anda miliki. Ingat, nilai unik itu special. Jadi, pasti akan mendapatkan posisi di hati para penikmatnya.

3. Melakukan Uji Coba Pasar

Cara sederhana terakhir yang juga wajib Anda lakukan adalah melakukan uji coba pasar. Kenapa? Karena hal inilah yang akan menentukan apakah bisnis yang Anda galakan akan sukses atau malah akan bangkrut dimakan oleh trend yang ada. Jadi, sebelum mengeluarkan produk, Anda harus mau menguji coba mendapatkan customer. Bagaimana caranya? Letakan saja produk Anda di warung-warung. Dari situlah, Anda bisa menanyakan respon pembeli mengenai produk yang Anda keluarkan. Dan sekarang, Anda dimudahkan dengan market online yang begitu memanjakan dengan kemudahan bertransaksi. Anda tidak perlu capek keluar rumah. Tinggal posting produk dagangan di sosial media, dalam hitungan jam Anda sudah mendapatkan beberapa komentar dari para pembeli produk yang Anda tawarkan. Adapun dalam artikel ini terdapat beberapa cara yang dapat Anda ikuti untuk memilih jasa riset pemasaran jika Anda tidak yakin untuk melakukannya secara mandiri.

Demikianlah beberapa hal mengenai langkah dalam riset pasar yang wajib bin kudu Anda coba. Anda boleh berhati-hati, tapi ingat tetap jalankan semua rencana awal tersebut sesuai dengan apa yang sudah Anda rancang dari awal. Apakah boleh berubah? kondisikan dengan situasinya. Semoga bermanfaat.