Image

Tugas dan Wewenang Konsultan Jasa Pengawasan Proyek

Untuk yang tengah berencana membangun sebuah bangunan atau prasarana, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sejak awal. Bukan hanya yang mengenai hal-hal praktis seperti kelengkapan tanah, perijinan, hingga masalah dana. Namun ada beberapa hal lain lagi yang juga seharusnya diperhatikan. Salah satunya, masalah teknis. Hal-hal teknis dalam sebuah proyek ini terdapat beberapa yang berbeda, salah satunya adalah mengenai jasa pengawasan proyek. Baca juga Proses Pembangunan dan Pengawasan Proyek Hotel.

 

Pentingnya Jasa Konsultan Pengawasan Proyek

 

Ya, untuk jasa pengawasan proyek, pada beberapa kasus akan menjadi satu dengan konsultan manajemen konstruksi. Namun pada beberapa kesempatan lain, manajemen konstruksi memiliki tim yang berbeda dengan tim pengawasan proyek. Bila begini, penting untuk lebih dulu mengetahui tugas dan wewenang dari jasa pengawasan proyek. Mengetahui tugas dan wewenang pengawas proyek mempermudah kerja tim di lapangan ataupun ketika masih dalam perencanaan. Berikut adalah beberapa poin tugas dan wewenang konsultan jasa pengawasan proyek :

 

Membuat Laporan Prestasi Kerja

Konsultan pengawas proyek memiliki tanggung jawab untuk membuat laporan prestasi kerja proyek yang nantinya akan dilaporkan pada pemilik proyek.

 

Pengawasan Rutin dan Berkala

Sudah menjadi tugas pengawas proyek untuk mengawasi pekerjaan proyek secara rutin dan berkala sehingga target-target pekerjaan proyek dapat terpantau dengan baik.

 

Memberikan Saran dan Pertimbangan

Seorang konsultan pengawas proyek juga dituntut untuk dapat memberikan saran dan pertimbangannya kepada kontraktor dan pemilik proyek guna tercapainya prestasi kerja yang terbaik.

 

Memberikan Peringatan

Jika ada pekerjaan yang tidak sesuai dengan kontrak kerja, konsultan pengawas proyek dapat menegur atau memberikan peringatan pada pihak pelaksana.

 

Menghentikan Pekerjaan

Kewenangan untuk menghentikan pekerjaan dapat digunakan oleh konsultan pengawas proyek jika teguran atau peringatannya tidak diabaikan oleh pihak pelaksana.