Tujuan dari Studi Kelayakan Bisnis

Industri Kreatif

Tujuan dari Studi Kelayakan Bisnis

Seperti yang sudah diketahui bahwa studi kelayakan bisnis adalah sebuah penelitian yang harus dilakukan sebelum menjalankan suatu bisnis ataupun proyek. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi ancaman kerugian yang akan diterima oleh pebisnis. Studi kelayakan bisa dikatakan seperti sebuah planning (perencanaan) sebelum diwujudkannya sebuah acara atau pagelaran. Studi kelayakan sebagai sebuah pengetahuan tentu memiliki tujuan dari studi kelayakan bisnis yang harus diketahui oleh para penggunanya. Tidak perlu berlama-lama, inilah beberapa tujuan dari studi kelayakan bisnis yang dilihat dari pendapat Kamsir dan Jakfar (2007):

  1. Menghindari Resiko Kerugian

Anda pasti sudah tahu karena studi kelayakan adalah sebuah konsep untuk merencanakan dan meneliti mengenai ide bisnis yang telah digagas. Dari hal itu bisa diketahui bahwa tujuan dari studi kelayakan bisnis dilakukan sebelum bisnis tersebut diwujudkan. Apapun bentuk binsisnya, ketika melalui perencanaan yang tepat tentunya imbal baliknya pada kecilnya kerugian yang akan diterima oleh owner (pemilik) bisnis. Itulah tujuan awal dari studi kelayakan yang selalu menjadi bahan pertimbangan untuk para pemula bisnis.

2. Mempermudah Perencanaan

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa studi kelayakan dilakukan untuk meneliti apakah ide bisnis yang digagas pantas dijalankan, atau malah lebih baik ditunda. Nah, dari penelitian tersebut, seorang pebisnis akan diberikan banyak pilihan untuk memikirkan bisnis yang seperti apa yang sebenarnya cocok dan menguntungkan untuk dijalankan. Dari banyaknya pilihan tersebut, keuntungan lain datang yaitu adanya kemudahan pebisnis untuk merancang perencanaan untuk bisnis yang sudah sesuai dengan market dan aspek bisinis lainnya, yang otomatis akan membuat bisnis tersebut berjalan lancar untuk kedepannya.

3. Mempermudah Pelaksanaan Pekerjaan

Tujuan berikutnya masih ada kaitannya dengan tujuan kedua yang barusan dibahas. Apa? karena Anda sudah dimudahkan dalam menyusun perencanaan, jelas Andapun akan dimudahkan dalam mengaplikasikan kinerja yang harus dilakukan untuk mencapai apa yang sudah direncanakan. Anda sebagai seorang pebisnis yang memiliki bisnis tersebut tidak asal jalan, masalah kinerjanya biar diurus karyawan. Nah, itu salah. Anda harus tahu dan mau tahu, mengenenai semua alur yang akan dijalankan.

4. Mempermudah Pengawasan

Saat semuanya sudah sesuai dengan apa yang direncanakan, Anda pasti akan dimudahkan dalam hal pengawasan. Kemudian kenapa pengawasan perlu dilakukan? Jawabannya tidak ada yang lain, selain untuk menjaga agar semua konsep rencana yang sudah disusun dari awal masih aman dan tidak melenceng. Apakah hal tersebut penting? TENTU, karena disitulah letak Anda mampu mengukur keberhasilan akan bisnis yang dijalankan. Posisi perencanaan sangat penting, itulah kenapa posisinya harus selalu diawasi dengan baik.

5. Mempermudah Pengendalian

Tujuan terkahir menjadi penutup yang cantik untuk mengakhiri niat baik dari studi kelayakan bisnis. Tujuan inilah yang akan mempermuah Anda untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi dilapangan. Pengendalian ini dilakukan untuk membuat kinerja yang dilakukan kembali sesuai dengan apa yang sudah direncanakan dari awal. Pengedalian ini amat sangat penting karena akan berakibat langsung kepada bisnis yang masih Anda jalankan. Kalau sampai pebisnis lengah, tidak ada toleran kalau bisnis tersebut terpaksa jatuh (kolaps). Bukankah hal tersebut yang Anda ingin hindari ?

Demikianlah, beberapa tujuan dari studi kelayakan bisnis yang wajib Anda lakukan. Selain kelayakan bisnis, perlu diketahui juga tujuan dari perencanaan bisnis Anda agar jelas. Tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga, karena apa yang Anda jalankan melibatkan banyak modal. Bukan hanya finansial, juga mental. Ada baiknya, mengetahui lahan pertempuran terlebih dahulu untuk kemudian bertarung didalamnya dengan para pejuang lainnya. Nah, dari sinilah semua akan bermain secara sportif.