Tujuan studi kelayakan bisnis

Tujuan studi kelayakan bisnis

Studi Kelayakan Bisnis

 

Studi Kelayakan bisnis merupakan salah satu langkah awal yang tepat, bagi anda yang ingin merambah di dunia bisnis. Terutama dalam bidang perdagangan (Trading), Jasa, bahkan manufaktur dan masih banyak yang lainnya lagi. Pengaplikasian dari study kelayakan bisnis memang sangat penting sekali untuk di jadikan landasan utama yang kuat untuk menghindari dan mencegah adanya hal hal yang tidak di inginkan oleh anda sebagai pelaku bisnis di kemudian hari, yang berkaitan dengan kerugikan usaha anda. dengan menggunakan study kelayakan bisnis ini, maka tidak salah lagi bahwa anda akan mendapatkan deskripsi awal mengenai layak atau tidak layaknnya bisnis. Sehingga dapat mendapatkan hasil keputusan mengenai lanjutkan atau tidaknya bisnis yang anda jalankan. Dan inilah gambaran yang sangat jelas mengenai faktor kenapa penting sekali menerapkan study kelayakan bisnis, sebagai berikut:

 

  • Studi kelayakan bisnis akan memberikan arah yang sangat jelas dan fokus yang tajam terhadap rencana investasi yang akan di lakukan.

 

  • Studi kelayakan bisnis dapat memperkirakan menganai resiko awal yang mungkin saja terjadi.

 

  • Studi kelayakan bisnis dapat di jadikan sebagai media informasi yang sangat akurat mengenai kondisi yang kokret agar dapat mengambil sebuah keputusan yang nyata.

 

  • Studi kelayakan bisnis paling penting sekali di gunakan untuk di jadikan sebagai bahan penarik investor.

 

Dalam hal di atas sangatlah penting karena dalam membangun sebuah usaha yang meliputi aspek managemen organissasi, keuangan dan akutansi, sumber daya manusia SDM dan pemasaran serta marketing. Oleh karenanya, indikator untuk memulai study kelayakan bisnis sangat di perlukan berbagai aspek penunjang di bawah ini:

 

ü  Indentifikasi

 

Merupakan langkah paling awal yang di rencanakan oleh seorang calon investor dalam pengamatan untuk mengambil perkiraan dalam mengambil sebuah kesempatan dan menghindari acaman usaha sehingga investasi benar benar tapat sasaran.

 

 

ü  Penilaian

 

Untuk langkah selanjutnya ini penting sekali untuk pelaksaan analisa dan penilaian untuk berbagai aspek yang penting yakni meliputi:

  • Aspek pasar dan pemasaran yang akan memiliki lingkup pada kosentrasi yakni jumlah permintaan, penawaran, besaran harga yang di berikan, strategi pasar, prediksi pada penjualan serta target market.
  • Aspek keuangan yang akan memiliki lingkup pada kosentrasi yakni dana investasi, proyek keuangan, sumber pembelanjaan, perkiraan penghasilan, biaya serta rugi laba, dll.
  • Aspek Ekonomi dan sosial yang memiliki lingkup konsentrasi yakni mencakup pada dampak usaha atau proyek terhadap negara, masyarakat, tenaga kerja, pengaruh terhadap kompetitor dan juga terhadap lingkungan sekitar.
  • Aspek Hukum yang akan memiliki lingkup konsentrasi yakni mencangkup bentuk badan hukum yang akan di gunakan, serta jaminan jaminan adanya ketersediaan adanya sumber modal yang berasal dari pinjaman, akta, sertifikat dan ijin ijin yang akan di butuhkan nantinya.
  • Aspek teknis dan teknologi yang memiliki lingkup konsentrasi yakni pemilihan lokasi, alat alat , yang tepat dan sesuai dengan keinginan serta lay out.
  • Aspek Manajemen yang memiliki lingkup konsentrasi pembangunan dan operasional.

 

ü  Perumusan masalah

Langkah yang terkahir ini akan berkonsentrasi kepada calon investor yang akan menterjemahkan berbagai kesempatan investasi ke dalam sebuah rencana usaha yang lebih nyata lagi.

 

Kesimpulan jelas mengenai tujuan studi kelayakan bisnis dengan mengkaji berbagai resiko adalah salah satu alasan mengapa anda penting sekali, ini akan memberikan anda ketegasan apakah rencana proyek di lanjutkan karena di anggap layak atau kah harus di hentikan.

 

 

 

 

 

 

 

pengertian studi kelayakan, pengertian studi kelayakan bisnis, apa itu studi kelayakan, studi kelayakan bisnis adalah, aspek – aspek dalam studi kelayakan, studi kelayakan bisnis jasa, jasa studi kelayakan bisnis, efek studi kelayakan bisnis, aspek umum studi kelayakan bisnis, aspek pasar studi kelayakan bisnis, aspek keuangan studi kelayakan bisnis, studi kelayakan proyek adalah, studi kelayakan proyek, studi kelayakan hotel

tujuan studi kelayakan, studi kelayakan tujuan, tujuan pembuatan studi kelayakan,kelayakan bisnis tujuan, untuk apa membuat studi kelayakan bisnis, untuk apa membuat kelayakan bisnis, tujuan kelayakan bisnis, manfaat studi kelayakan, manfaat studi kelayakan bisnis, manfaat konsultan bisnis