Studi kelayakan bisnis memungkinkan suatu usaha tertata dengan baik. Baik pada proyek besar maupun pemula memerlukan pengkajian khusus yang meliputi berbagai aspek. Tujuan dari dilakukannya kegiatan ini ialah untuk memastikan prosedur, teknik, proses hingga hal-hal penunjang lainnya berjalan dengan semestinya tanpa merugikan pihak lain.

Dalam ilmu ekonomi dan bisnis, studi kelayakan bisnis adalah teknik menilai rincian bagaimana produk atau jasa sampai dengan baik kepada pelanggan. Adapun hal yang mendukung yakni material, tenaga kerja, transportasi, lokasi, teknologi yang digunakan, hingga keuangan. Semua itu meliputi rencana dan taktis tentang bagaimana usaha menghasilkan, menyimpan, mengirim dan melacak produk atau jasa.

Studi kelayakan bisnis merupakan alat yang digunakan untuk memecahkan masalah dan perencanaan jangka panjang. Fungsi lainnya yakni sebagai pengontrol bisnis, apakah produk atau jasa berkembang atau justru sebaliknya. Maka sebelum beranjak pada praktik, buat beberapa outline dan brain storming untuk memastikan usaha berjalan dengan lancar.

Siapkan garis besar

Setiap pebisnis memiliki tujuan mengapa membangun usaha. Satu hal yang pasti yakni memperoleh keuntungan. Namun tahukah Anda bila yang paling penting diterapkan dalam pikiran masing-masing yakni bagaimana usaha terus maju, mengikuti perkembangan zaman dan menyesuaikan dengan perubahan.

Maka pertama yang harus dilakukan dalam studi kelayakan bisnis yakni menulis tentang garis besar tujuan dari produk atau jasa, nantinya akan membantu dalam membimbing saat penelitian. Urutkan poin-poin yang penting terlebih dahulu, utamanya soal informasi teknik. Pastikan semua komponen mempermudah dalam menjalankan bisnis.

Anda juga tidak harus memasukkan informasi yang mendukung data keuangan. Kemudian catat dasar-dasar aspek lainnya, mulai dari bahan, tenaga kerja, transportasi atau pengiriman, lokasi, fisik dan teknlogi. Sertakan pula deskripsi secara menyeluruh tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Pikirkan tentang material

Baik produk atau jasa sama-sama memerlukan bahan. Hal ini juga perlu dimasukkan dalam catatan studi kelayakan bisnis. Buat daftar yang diperlukan. Lanjutkan dengan dari mana Anda mendapatkannya. Sertakan pula informasi mengenai harga pembelian dan bagaimana pengaruhnya untuk perkembangan bisnis ke depan.

Sertakan persediaan yang diperlukan untuk menghasilkan suatu produk. Tidak ketinggalan tuliskan semua bahan yang akan terlibat dalam proses produksi.

Catat tentang tenaga kerja

Sumber daya manusia merupakan mesin utama untuk mewujudkan tujuan bisnis. Tanpa tenaga kerja mumpuni, maka proses produksi hingga pemasaran tidak akan berjalan dengan semestinya. Maka SDM juga turut dimasukkan dalam catatan studi kelayakan bisnis.

Anda tidak dapat menjalankan bisnis, menawarkan produk atau jasa tanpa bantuan orang lain. Bahkan jika usaha masih dalam tahap baru sekalipun, sumber daya manusia juga termasuk aspek penting yang perlu dipikirkan. Namun demikian, ini juga ada hubungannya dengan pengeluaran perusahaan.

Dalam kebanyakan kasus, tenaga kerja bisa jadi pengeluaran terbesar dan terkecil dari usaha. Semua akan diketahui bila mendaftar jumlah karyawan yang diperlukan selama menjalankan bisnis, mulai kini atau bahkan di masa depan. SDM bisa dibagi berdasarkan kategori, misalnya tingkat senior, administrasi, staf produksi, distribusi, profesional yang meliputi pengacara, kemudian akuntan, insinyur, pemasaran dan lain sebagainya.

Jika memang berencana memanfaatkan outsourcing agar lebih mudah dalam proses recruitment, maka buat daftar yang ditargetkan, kepada siapa tugas-tugas tersebut diserahkan hingga persyaratan yang harus dipenuhi untuk bergabung dengan perusahaan.

Transportasi dan pengiriman

Bagaimana caranya mengangkut barang dari tempat satu ke lainnya? Ukuran kecil bisa dikirim melalui operator lokal, DHL atau USPS. Sementara yang memiliki berat berlebih atau massal diangkut dengan angkutan, truk dan kendaraan besar lainnya.

Sedangkan jika mengirimkan barang yang mudah rusak, perlu adanya penanganan khusus. Mungkin juga memerlukan izin tertentu kepada perusahaan shipping yang menangani. Itu semua mempengaruhi bagaimana Anda memindahkan barang dari tempat satu ke lainnya.

Tentang pemasaran

Pemasaran terkait dengan bagaimana produk atau jasa bisa sampai ke konsumen. Ini adalah pertimbangan penting karena bisnis bisa saja mengalami kegagalan bila hal itu tidak ditangani atau dilakukan sebagaimana mestinya. Marketing juga merupakan komponen yang ingin diketahui oleh investor.

Dalam studi kelayakan bisnis, rencana pemasaran juga turut ditinjau. Meskipun periklanan terhitung sederhana, namun aspek ini yang menentukan apakah suatu produk atau jasa dapat diterima oleh calon pelanggan. Maka dari itu, tambahkan jenis kampanye apa yang cocok untuk peluncuran produk atau jasa.

Selain media cetak dan elektronik, kini dapat memanfaatkan teknologi sebagai cara promosi cepat dan murah. Dengan menggunakan website perusahaan atau media sosial, iklan sudah dapat diluncurkan ke publik. Langkah ini tergolong lebih mudah dan irit biaya karena tidak perlu membayar untuk space atau baris. Di samping itu, tentukan pula target konsumen agar tepat sasaran.

Lokasi fisik bisnis

Lokasi bisnis berdampak pada kesuksesannya. Jika memulai dari kantor yang berbasis rumah, kini saatnya untuk menentukan kapan Anda membutuhkan kantor. Di masa mendatang ini akan menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh investor, klien hingga pelanggan. Jenis perkantoran membuat usaha lebih terlihat profesional

Di sisi lain, studi kelayakan bisnis juga menyoroti tentang apa yang dibutuhkan, mulai dari fasilitas gudang, pabrik, hingga ruang operasional. Pastikan agar lokasi bisnis tidak merugikan masyarakat sekitar, terutama limbah yang seringkali menjadi permasalahan. Oleh sebab itu, diskusikan pro dan kontra yang mungkin saja terjadi.

Di samping itu, pertimbangkan pula tentang apakah lokasi di pusat atau berbagai kota? Tidakkah memerlukan lahan parkir untuk pelanggan dan truk pengantar barang? Sudahkah dekat dengan fasilitas umum, seperti bandara, pusat perdagangan atau bahkan pusat perbelanjaan? Aspek-aspek inilah yang harus ditentukan sejak awal dalam catatan studi kelayakan bisnis.

Teknologi untuk menjalankan bisnis

Setiap bisnis setidaknya membutuhkan beberapa jenis teknologi untuk dioperasikan secara bersamaan. Apalagi kini era techno semakin berkembang dan menguasai seluruh aspek kehidupan. Elemen tersebut bertujuan untuk memudahkan aktivitas dan mempersingkat waktu.

Adapun yang perlu dibahas meliputi, sistem komunikasi, perangkat keras, lunak hingga manajemen inventaris. Kemudian alat-alat kecil yang biasanya dianggap remeh, seperti mesin kasir hingga kartu kredit juga tidak kalah pentingnya.

Sertakan target waktu

Bisnis akan semakin terbantu dan berkembang dengan adanya investor. Mereka yang memiliki dana, sehingga menjadikan proses produksi atau proyek berjalan dengan semestinya. Namun demikian, target waktu adalah hal penting.

Maka dalam pencatatan studi kelayakan bisnis, perlu dibubuhkan langkah-langkah, proses dan risiko yang mungkin dihadapi. Dengan demikian para investor dapat mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan itu semua.

Dukungan informasi keuangan

Investor merupakan orang yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar pemilik bisnis. Mereka menjadikan tujuan bisnis terwujud. Oleh sebab itu, lakukan yang terbaik dan hindari kesalahan saat mencoba memikat para pemegang dana.

Pada dasarnya, investor membutuhkan laporan keuangan yang terbuka. Walau bagaimanapun, mereka berhak mengetahui jalannya dana. Dalam hal ini, Anda tidak bisa mengandalkan kesimpulan studi kelayakan saja. Mereka akan membaca seluruh laporan secara detail.

Lebih lanjut, sangat penting bila data teknis dan keuangan dilaporkan selengkap-lengkapnya. Jika bagian lain dari studi kelayakan menunjukkan pertumbuhan, maka proyeksikan tenaga kerja, kemampuan teknis dan biaya lain yang mendukung perkembangan tersebut. Di sisi lain komponen teknis harus berfungsi dan jelaskan secara tertulis guna mendukung finansial.

Adanya laporan pengeluaran sedetail mungkin nantinya akan ditunjukkan kepada investor atau pemberi pinjaman. Hal ini menunjukkan bila pebisnis memikirkan jangka panjang, sehingga menjadikan usaha bernilai lebih tinggi.

Ringkasan studi kelayakan bisnis

Pastikan untuk memasukkan semua persyaratan teknis bisnis, mulai dari produksi hingga data pesanan pelanggan. Informasi ini akan membantu investor mengetahui lebih banyak tentang operasi bisnis. Menciptakan produk atau jasa yang  bagus saja tidak cukup, yang terpenting adalah bagaimana menunjukkan usaha dapat meghasilkan keuntungan.

Studi kelayakan memungkinkan seluruh aspek bisnis dapat berjalan dengan baik mulai dari proses perencanaan hingga pengembangan jangka panjang. Oleh karenanya, catat setiap detail langkah yang menyangkut usaha untuk mendapatkan keuntungan lebih baik.

Grapadi Live Chat
Send via WhatsApp