Riset pasar merupakan bagian pendukung dari penelitian pemasaran. Seperti yang sudah diketahui bahwa analisis market memiliki lingkup yang lebih kecil. Hanya terfokus pada produk, dan target yang telah ditetapkan. Meskipun demikian, riset ini berdampak besar untuk keberlangsungan sebuah proses bisnis. Kondisi itu membuat pengerjaannya membutuhkan waktu dan sistematika yang benar sekaligus jelas untuk mempermudah pihak pemasaran melakukan pengelohan data.

Riset pasar berperan sebagai penyedia informasi mengenai apa dan bagaimana kondisi konsumen dan tempat yang dijadikan sasaran. Ketika analisis yang dilakukan sesuai dengan keadaan real lapangan, berdampak pada penentuan positioning yang tidak akan bermasalah. Secara otomatis, peluang meningkatkan kurva penawaran semakin besar bagi perusahaan. Untuk itu wajib bagi pelaku riset mengambil metode yang tepat sesuai dengan ekspektasi dari kesimpulan laporan hasil akhir.

Selain itu riset pasar mempermudah peruasahaan untuk menemukan target konsumen. Tidak peduli bisnis Anda besar atau kecil penelitian ini sangat penting dalam pengembangan usaha. Jadi, dalam menjalankan penelitian tersebut tidak boleh sembarang. Berikut beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Semoga bermanfaat.

Tentukan Tujuan Akhir Penelitian

Faktor riset pasar yang perlu diperhatikan adalah pastikan tujuan akhir dari penelitian. Apa yang akan ingin Anda dapatkan dari penelitian tersebut? Hal ini yang akan mempermudah pebisnis dalam menentukan arah riset yang dilakukan. Jangan sampai poin tersebut disepelekan karena akan berakibat pada membuang waktu dan biaya.

Ketahui Kompetitor

Berikutnya riset pasar harus memperhitungkan posisi kompetitor. Anggap saja perusahaan sudah memiliki produk unik. Namun, hal itu bukan alasan yang kuat untuk konsumen percaya dengan barang atau jasa Anda. Kenapa? Karena kompetitor pasti memiliki produk unik lain yang bisa membuat user lebih tertarik. Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui seberapa kuat posisi pesaing untuk perusahaan dan seberapa kuat brand mereka di benak pembeli.

Tentukan Metode Penelitian

Sewajarnya sebuah bisnis tentu ingin menguasai konsumen secara keseluruhan. Tetapi, hal ini tidak akan efisien untuk penelitian yang dilakukan. Bagaimanapun khalayak sangat heterogen. Ada baiknya ketika Anda menentukan metode sample untuk memperjelas target sasaran. Selain lebih sederhana, biaya yang dikeluarkan lebih sedikit.

Targetkan Konsumen Potensial

Tujuan utama riset pasar adalah untuk mengetahui cara yang paling baik untuk memikat konsumen. Ketika memang pasar yang ditargetkan tidak sesuai harapan. Ada baiknya, perusahaan memilih pilihan lain karena ketika dilanjutkan produk tidak akan mendapat respon baik dari konsumen. Secara otomatis, prospek untuk perusahaan akan buruk. Jadi, penelitian harus benar-benar memastikan bahwa positiong dari yang direncanakan sudah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Grapadi Live Chat
Send via WhatsApp