Berbagai bisnis haruslah melalui proses studi kelayakan agar bisnisnya dapat berjalan dengan baik. Karena, melalui jasa tersebut Anda bisa melihat berbagai hal penting yang tidak terlihat sebelumnya. Karenanya, jasa ini sangatlah penting. Akan tetapi, pekerjaan studi kelayakan tidaklah sederhana karena terdapat banyak lingkup pekerjaan studi kelayakan yang harus dikerjakan.
Aspek yang menjadi lingkup kerja tersebut cukup sehingga sehingga pekerjaan pakar studi kelayakan sebenarnya sangat kompleks. Oleh karena itu, biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk hal ini tidaklah sebentar. Walaupun demikian, Anda bisa meminta jasa ini secara partial bergantung kebutuhan masing-masing.
Namun, sebelum itu Anda harus tahu apa saja lingkup pekerjaan studi kelayakan tersebut berdasarkan aspeknya.
Lingkup Pekerjaan Studi Kelayakan Berdasarkan Aspeknya
Adapun aspek-aspek tersebut antara lain:
1. Aspek Pasar dan Pemasaran
Salah aspek penting dalam bisnis adalah pasar serta pemasarannya. Para pakar akan melihat dan menganalisa bagaimana usaha Anda bergerak dengan melihat respon pasar yang ada. Kemudian, apakah ada peluang untuk merebut pangsa pasar yang besar.
Setelah itu bagian pemasarannya. Pasar dan pemasaran saling berhubungan karena dengan adanya pasar tanpa pemasaran maka brand dan produk Anda tidak akan dikenal. Begitu juga sebaliknya jika melakukan pemasaran tanpa melihat kondisi pasar maka Anda akan membuang banyak waktu dan modal namun hasilnya tidak sepadan.
2. Aspek Teknik dan Teknologi