Daerah Istimewa Yogyakarta selalu hadir dengan pesona kejawen yang membuat siapapun betah berlama-lama. Pesona alamnya menjadi salah satu alasan yang terus membuat wisatawan untuk datang kembali. Wisata kuliner murah dilengkapi akomodasi yang relatif terjangkau menjadikan kota ini sebagai salah satu destinasi yang diidamkan hampir semua warga lokal dan maca negara. Tidak mengherankan kalau kemudian DIY subur akan berbagai bisnis.
Bermunculannya universitas menjadi alasan besar kenapa kota gudeg ini dipenuhi dengan berbagai usaha. Sebut saja, maraknya tempat kopi dengan nuansa anak muda. Pecel lele disajikan dengan harga murah, belum lagi soto khas yang menarik perhatian. Namun, untuk Anda yang tertarik berinvestasi di Yogjakarta harus tetap memperhatikan hal-hal yang mendukung bisnis.
Riset pemasaran adalah salah satu bagian dari penelitian bisnis yang kehadirannya selalu dibutuhkan oleh hampir seluruh penguasaha. William J. Staton mendifinisikan bahwa segala aktivitas bisnis yang ditujukan untuk membuat rencana, produksi, pendistribusian, promosi, menentukan harga, serta mempuaskan kebutuhan konsumen. Dari sini bisa dikatakan bahwa riset ini menjadi faktor keberhasilan usaha.
Berikut beberapa tujuan dari riset pemasaran yang bisa digunakan untuk meningkatkan bisnis di Yogjakarta.
Daftar Isi Artikel
Mendapatkan Informasi Objektif
Salah satu dilakukannya sebuah penelitian adalah untuk mendapatkan informasi yang sebenar-benarnya akan kejadian dan kondisi yang masih terjadi. Data yang nantinya didapatkan akan memuat kebutuhan apa yang diinginkan konsumen. Hal ini menjadi penting untuk menentukan jalannya operasional. Jadi, sudah menjadi keharusan kalau riset dijalankan dengan benar dan teliti untuk tujuan hasil data yang valid.
Kejelasan Pasar
Tujuan dari riset pemasaraanya yang kedua ialah mendapat kejelasan pasar. Sebenarnya, poin ini masih ada sangkut paut dengan informasi objektif. Kenapa? Karena secara tidak langsung penelitian akan merujuk pada kondisi pasar, respon pelanggan atas produk, dan penilian untuk mendapatkan konsumen potensial. Sekaligus menganalisis kekuatan kompetitor yang memiliki bisnis serupa.
Efektivitas Promosi
Selanjutnya, riset pemasaran sangat berguna untuk menentukan media promosi yang akan digunakan. Kondisi ini berkaitan dengan kemudahan pengusaha menentukan kebutuhan konsumen dari data yang sudah ada. Proses iklan itu sendiri berguna untuk melancarkan komunikasi dan branding terhadap konsumen. Kelengkapan informasi tersebut akan sangat membantu pengusaha dalam mencapai sasaran.
Penyusunan Strategi
Setiap perusahaan atau bisnis memiliki goal yang mesti dicapai. Faktor itu menjadi salah satu pendorong untuk pebisnis dalam menentukan strategi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kurva permintaan pasar. Namun, pengunaannya harus disesuaikan dengan kebutuhan dari jenis usaha. Hasil riset pemasaran yang sudah dilakukan akan merujuk pada proses dimana produk mendapat respon dari konsumen.