Merumuskan positioning tentu perlu melibatkan tim marketing internal dan melihat analisa pasar, khususnya keberadaan positioning dari para pesaing. Pesaing cukup penting keberadaaanya, karena dari mereka akan ditentukan, apakah produk kita akan dibenturkan dengan pesaing, atau membidik pada pasar yang berbeda.
Positioning sangat penting bagi sebuah merek, karena dari positoning inilah dapat menjadikan konsumen merasa cocok, tepat, dan patut dipilih. Secara teoritis, positoning artinya upaya menanamkan persepsi kepada konsumen dari agar terlihat baik dan unik juga mudah diingat. Karena itulah mengapa positioning sangat penting dalam produk bisnis, berikut beberapa alasan betapa pentingnya positioning:
1. Mengetahui Details Produk
Dengan menggunakan analisa positioning dalam sebuah produk, maka dengan jelas mudah untuk diketahui secara details mengenai produk yang akan dijual atau dibuat. Mulai dari kualitas bahan, teknik pembuatan, biaya produksi, waktu produksi sampai pada pengemasan produk sampai menjadi barang jadi. Sehingga tercipta sebuah produk yang menarik dan juga berkualitas baik.
2. Mengetahui Kondisi Pesaing
Dengan menggunakan metode ini Anda sebagai pelaku bisnis bisa mengetahui mengenai kondisi dari para pesaing di pasar. Anda bisa memahami kelemahan dan juga kelebihan produk pesaing, yang bisa dijadikan sebagai formula baru untuk memperbaiki kualitas produk Anda lebih baik dan menarik lagi ( apabila produk Anda memiliki produk pesaing yang sama ).
3. Mengetahui Harga Terbaik Sebuah Produk
Masalah harga menjadi problem yang sensitif, karena konsumen tertarik kepada produk dengan harga terjangkau tapi kualitas terbaik. Dengan melakukan analisa positioning ini sudah tentu Anda bisa mengetahui berapa harga produk yang akan dijual di pasaran, apakah memang layak ataukah tidak. Karena jangan sampai harga produk terlalu mahal jika dibandingkan dengan produk lain yang serupa.
4. Mampu Mengetahui Keinginan Konsumen
Pentingnya analisa positioning produk selanjutnya adalah Anda dengan mudah mengetahui apa saja yang diinginkan oleh konsumen Anda. Seperti fungsi produk, keunggulan, kualitas, saran, kritik dan juga terpenting harga dari produk itu sendiri. Dengan begitu Anda akan mampu mengatasi setiap permasalahan yang timbul kelak yang berasal dari konsumen. Sehingga konsumen merasa puas dan Anda bisa memperbaiki produk ke depan lebih baik, termasuk dalam hal pelayanan.
5. Mampu Mengembangkan Produk
Pentingnya sebuah analisa positioning Anda tentu tahu bagaimana cara mengembangkan produk sehingga jauh lebih menarik, unik dan inovatif. Dengan begitu produk Anda terlihat berbeda di antara produk lain yang sama. Tentu jika produk Anda lebih maju kedepan, maka tidak mungkin konsumen akan melirik dan mencari tahu sehingga berniat untuk membeli. Karena pada dasarnya konsumen menginginkan sebuah produk yang lebih kreatif, sehingga menarik perhatiannya.
6. Menciptakan Positif Tentang Produk
Dalam menjual sebuah produk brand image sangat penting untuk membentuk merk dari produk yang Anda jual. Karena konsumen yang akan membeli produk Anda akan memiliki kesan positif, dan selalu berniat untuk membeli lagi dan lagi. Memang awalnya tidak mudah untuk membangun brand image, perlu tahap juga proses. Namun, semua bisa teratasi jika Anda melakukan analisa secara berkala dan tetap merencanakan ide baru yang lebih inovatif.
Dalam sebuah bisnis tidak hanya memerlukan rencana, biaya, pemasaran, produksi dan sebagainya. Penting juga memikirkan berbagai analisa, riset dan studi untuk bisa mengetahui seberapa besar prospek bisnis Anda bisa berjalan. Semoga penjelasan artikel ini mengenai pentingnya analisa positioning produk menjadi pertimbangan untuk kelangsungan bisnis Anda ke depannya.