5 Aspek yang Jadi Kajian Jasa Studi Kelayakan

jasa studi kelayakan

studBila membicarakan mengenai kemungkinan serta peluang sebuah usaha, tidak bisa terlepas dari pembahasan tentang studi kelayakan. Jasa studi kelayakan akan membantu untuk memastikan ide bisnis yang dimiliki memiliki peluang di pasar.

jasa studi kelayakan

Anda mungkin kerap kali memiliki sebuah ide untuk berbisnis. Misalnya saja ketika masakan dipuji oleh orang lain. Anda mungkin langsung berpikir untuk menjadikan hal tersebut sebagai peluang usaha.

Tentu saja tidak ada yang salah mengenai ide bisnis. Hanya saja penting diketahui bahwa tidak semua ide bisnis akan bisa dijalankan secara lancar. Disinilah nantinya peran jasa konsultan studi kelayakan.

Studi kelayakan yang dilakukan ahli profesional ini akan menentukan kemungkinan serta peluang ide tersebut sebagai bisnis. Kemudian mempertimbangkan resiko-resiko yang sekiranya akan muncul. Hingga melakukan riset mendalam mengenai target pasar, sampai rencana pelaksanaan. Hingga usaha berjalan.

Inilah peranan yang sangat penting dari studi kelayakan bisnis.

Berdasarkan dari peranan penting tersebut, terdapat beberapa aspek yang dikaji ketika melakukan studi kelayakan.

  1. Legalitas

Segala hal yang berkaitan dengan hukum serta legalitas dari ide bisnis tersebut akan dikaji oleh para ahli konsultan studi kelayakan. Mulai dari memastikan ide tersebut tidak melanggar hukum. Sampai melakukan riset apakah ide bisnis tersebut sudah dipatenkan sebelumnya.

Pasalnya bila terdapat kesamaan dengan bisnis yang sudah dipatenkan, ide tersebut tidak akan bisa berjalan secara hukum.

Selain itu aspek legalitas yang akan dikaji dalam studi kelayakan juga berkaitan dengan pendirian perusahaan. Seperti masalah perizinan dengan membuatkan akta pendirian perusahaan oleh notaris, persiapan untuk mengajukan SIUP atau surat izin usaha perdagangan.

Serta untuk perizinan lokasi usaha, surat tanda daftar bisnis dan perusahaan, NPWP, dan lain-lain.

  1. Pemasaran

Aspek lain yang juga menjadi kajian di dalam studi kelayakan merupakan pemasaran. Ide sebuah bisnis akan dikaji dengan mendalam mengenai peluang yang dimiliki di pasar. Riset untuk studi kelayakan juga tidak berhenti disini.

Kajian tentang aspek pemasaran ini juga akan mengkaitkan dengan target pasar untuk ide bisnis tersebut. Hingga untuk rencana pemasaran yang dinilai akan tepat dan memberikan keuntungan.

Aspek pemasaran memang menjadi salah satu kajian penting dalam studi kelayakan. Para ahli konsultan di jasa studi kelayakan akan melakukan riset untuk potensi serta peluang pasar, target konsumen, daya beli, persaingan bisnis pada industri, segmentasi pasar, dan sebagainya.

Bila aspek pemasaran memenuhi pada studi kelayakan, maka ide bisnis tersebut baru dinilai memiliki feasibility.

  1. Budaya

Studi kelayakan juga akan mengkaji pengaruh bisnis tersebut dengan budaya setempat. Baik itu budaya pada target pasar, sampai di lokasi tempat bisnis akan dijalankan.

Bila sekiranya ide tersebut bertentangan atau memberikan dampak negatif pada budaya. Maka bisa dikatakan bisnis tersebut tidak layak untuk dijalankan.

  1. Ekonomi

Tidak jauh berbeda dengan budaya, studi kelayakan juga akan melakukan riset mengenai pengaruh bisnis pada ekonomi. Dimulai dari ekonomi di daerah sampai nasional.

Ide bisnis yang sempurna dan layak tentu saja yang akan memberikan dampak positif pada ekonomi secara meluas. Selain itu bisnis juga dianggap layak bila misalnya sanggup memberikan dampak positif secara ekonomi bagi yang berkaitan dengan usaha.

  1. Keuangan

Selain ekonomi, riset mengenai aspek keuangan juga dilakukan. Pengaturan untuk aspek ini termasuk dengan anggaran, investasi, sampai untung rugi nantinya.

Aspek-aspek diatas akan melalui proses kajian dan riset mendalam oleh para ahli di jasa studi kelayakan. Hingga mampu memastikan apakah bisnis tersebut layak maupun tidak.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Konsultasi Sekarang !