Langkah Forecasting Pada Jasa Studi Kelayakan Bisnis

jasa studi kelayakan bisnis

jasa studi kelayakan bisnis

Forecasting ataupun peramalan masa depan sangat penting bagi setiap bisnis. Karena, dengan peramalan tersebut Anda bisa memprediksi bagaimana perkembangan pasar serta konsumen terhadap produk dan jasa yang Anda miliki. Akan tetapi, tidak sembarang orang bisa melakukan hal tersebut. Oleh karena itu, keberadaan jasa studi kelayakan bisnis menjadi sangat vital bagi usaha Anda.

Jasa pembuatan studi kelayakan bisnis tidak hanya bisa menilai rencana usaha Anda apakah feasible atau tidak. Tetapi juga menjadi nasihat keuangan sekaligus membantu Anda untuk memprediksikan keberlangsung usaha di masa depan.

Para pakar ini tentu memiliki cara kerja yang sistematis sehingga hasil forecasting menjadi terpercaya dan pastinya sesuai dengan kebutuhan setiap pemilik usaha.

Beberapa Langkah Melakukan Forecasting Oleh Jasa Studi Kelayakan Bisnis

Sebenarnya siapa saja bisa melakukan peramalan dalam bisnis. Namun, pihak yang melakukan forecasting tersebut harus dicek terlebih dahulu apakah memiliki kualifikasi yang mumpuni atau tidak. Jika tidak, maka hasil peramalan bisnis akan menjadi serampangan dan berakibat fatal bagi usaha.

Sedangkan pakar studi kelayakan memiliki cara kerjanya sendiri yang pastinya rapi dan sistematis. Adapun langkah pengerjaan forecasting tersebut antara lain:

1. Pengumpulan Data

Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah mengumpulkan data yang Anda butuhkan. Data tersebut bisa bersumber dari pihak tertentu ataupun Anda kumpulkan sendiri melalui angket atau kuesioner.

Anda juga bisa memakai kedua jenis data tersebut jika memang diperlukan.

2. Pengolahan Data

Setelah data yang ada terkumpul maka sekarang Anda harus mengolah data tersebut. Pengolahan berupa pengelompokan dengan tabulasi, merapikan, serta menyusun data tersebut sehingga siap untuk dikelola lebih lanjut.

Setiap orang bisa membutuhkan daya yang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan variabel dan data apa saja yang diperlukan. Karena, waktu untuk mengumpulkan data tersebut cukup lama.

3. Memilih Metode Peramalan

Langkah selanjutnya adalah memilih metode peramalan dari data yang ada. Pemilihan metode ini harus mempertimbangkan banyak hal dan bergantung kepada kebutuhan masing-masing.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah waktu, pola data, jenis peramalan, biaya, ketepatan serta kemudahannya. Tidak selamanya metode peramalan yang rumit yang paling baik. Karena, semua ini bergantung kepada kebutuhan dan ketersediaan daya yang ada.

4. Proyeksi Data

Langkah berikutnya adalah melakukan proyeksi data. Hal ini berguna untuk meminimalisir penyimpangan akan perubahan-perubahan seperti faktor politik, ekonomi, sosial dan lainnya.

5. Keputusan

Setelah para pakar menganalisa data yang ada maka akan muncul kesimpulan yang juga menjadi keputusan. Hal ini bisa mempengaruhi rencana produksi, keuangan, sales, ekspansi, rencana jangka pendek atau jangka panjang. Walaupun demikian, keputusan tersebut berada di tangan pengusaha selaku pemilik bisnis.

Langkah forecasting yang dilakukan oleh jasa studi kelayakan bisnis di atas merupakan yang paling umum dilakukan. Setiap prosesnya memakan waktu yang cukup lama bergantung kepada jenis data dan jumlahnya. Namun, semakin banyak data yang ada maka keputusann atau kesimpulan yang ada menjadi lebih reliable.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Konsultasi Sekarang !