Pengertian Strategi Pemasaran, Langkah, dan Fungsi

Semua bisnis mempunyai tujuan agar usahanya berkembang pesat, dan semua perusahaan pasti berharap mendapatkan target yang diinginkan. untuk mencapainya, butuh yang namanya strategi pemasaran.

Sebelumnya, kita harus tahu apa itu pemasan?. Pemasaran lebih ke kegiatan marketing atau mempromosikan maupun menjual produk, jasa dengan lebih efektif. Untuk strategi pemasaran lebih ke jaring penghubung antara bisnis dengan konsumen.

Pengertian Strategi Pemasaran

Dalam pelaksanaannya, strategi pemasaran adalah jaring penghubung antara bisnis dengan konsumen dengan berbagai teknik yang bisa dipilih disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau usaha. Banyak cara yang bisa dilalui, mulai dari jejaring media sosial, iklan cetak maupun promosi di televisi, radio.

Fungsi Strategi Pemasaran

Berikut adalah fungsi dari strategi pemasaran, diantaranya:

1. Menambah Motivasi dalam Mengembangkan Bisnis

Strategi ini akan memberikan gambaran akan peluang bisnis yang bisa diambil, jadi tidak hanya terpaku pada masa sekarang, tetapi pada masa depan juga. Gambaran tersebut akan menciptakan inovasi yang menarik bagi konsumen maupun pasar.

2. Bisa Efektif dalam Koordinasi Tim

Adanya panduan utama dalam strategi pemasaran membuat kerja masing-masing divisi lebih terarah dan dengan begitu kerja menjadi efektif walaupun dalam satu tim. Fungsi lain strategi pemasaran bisa menemukan tujuan yang jelas dari suatu usaha.

4. Bisa Mengontrol Aktivitas Marketing

Strategi pemasaran tidak jauh dengan yang namanya aktivitas pemasaran atau marketing, sehingga dari situ memastikan semua kegiatan agar bisa berjalan sesuai tujuan dan hasilnya baik sesuai target. Karena itu yang sulit dalam hal konsisten.

Langkah Menjalankan Strategi Pemasaran

Berikut langkah-langlah dalam menjalankan strategi pemasaran, diantaranya:

1. Analisis Situasi

Pahami di mana posisi bisnismu sekarang, agar bisa memetakan kondisi bisnismu secara jelas, coba jawab pertanyaan seperti ini: apakah pendapatan sudah mencapai target?, apa kamu berencana buka cabang baru?, tingkat konsumen bagaimana?.

2. Definisikan Tipe Pelanggan Ideal

Kita harus realistis dan strategis dengan produk yang kita jual, dalam artian produk itu cocok untuk tipe pelanggan yang seperti apa. Coba definisikan dulu tipe pelanggan ideal seperti apa mulai dari usia, kondisi finansial, dan lain sebagainya.

3. Buat Target dalam Pemasaran

Adanya strategi ini mendorong peningkatan pendapatan dan tahu berhasil atau tidaknya suatu rencana pemasaran ditunjukkan dengan angka penjualan. Jadi buat target yang spesifik karena bisa mengukur target secara presisi.

4. Tentukan Taktik Pemasaran (Marketing Tools)

Banyak taktik yang bisa dilakukan oleh pengusaha dalam memajukan usahanya, mulai dari strategi pemasaran yang basic hingga yang high. Itu semua tergantung kebutuhan dan kemampuan pengusaha. Apa bisa mengimbanginya.

5. Anggaran Memadai

Pastikan anggaran yang digunakan cukup sehingga bisa memenuhi target dalam pemasaran, pastikan anggaran bersifat berkelanjutan sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan. Lebih baik jika dampak yang dimiliki positif berkepanjangan.

6. Antisipasi Masalah atau Risiko

Pastikan rencana pemasaran disesuaikan dengan risiko yang kemungkinan akan ada. Langkah ini memberikan gambaran sekilas akan alternatif penyelesaian yang akan diambil. Antisipasi hal tersebut dengan perencanaan yang matang.

Contoh strategi pemasaran yang diambil bisa dilihat dalam hal kerja sama, diskon di momen khusus, flash sale, dan lain sebagainya. Buat versi strategi pemasaran sesuai versimu tetapi yang baik yah!. Hal itu membuat perusahaan yang dirintis bisa maju secara cepat.

Itulah penjelasan tentang pengertian strategi pemasaran, langkah, dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Konsultasi Sekarang !