Ketika era digitalisasi semakin canggih, membuat manusia melakukan segala sesuatu dengan mudah dan menghemat waktu. Karena, di zaman ini kita diharuskan untuk selalu terus berkarya tanpa hambatan demi mengurangi masalah yang dialami pada masa sebelumnya. Bahkan menyebarkan kuesioner pun dapat dilakukan secara online.
Kuesioner atau Angket adalah sebuah teknik menghimpun data dari sejumlah orang atau responden melalui seperangkat pertanyaan yang harus di dijawab. Setelah pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab, lalu jawaban-jawaban yang didapat akan dikumpulkan sebagai data. Setelahnya, data tersebut diolah dan disimpulkan menjadi hasil penelitian.
Daftar Isi Artikel
Cara Menyebarkan Kuesioner secara Online
Menyebarkan kuesioner secara online dapat anda lakukan melalui situs daring, Salah satunya situs SurveyMonkey.com. SurveyMonkey merupakan situs yang menawarkan layanan untuk pembuatan survei dengan mudah dan cepat. Selain itu, SurveiMonkey juga dilengkapi berbagai fitur yang bermanfaat. Seperti, fitur untuk membeli target audiens dan menganalisis data lebih komprehensif.
Lalu letakkan pertanyaan yang paling penting di awal kuesioner. Karena seiring berjalannya waktu, perhatian dan fokus responden akan mudah teralihkan, jadi anda tetap memperoleh data yang penting dan dibutuhkan, gunakanlah metode ini dan batasi panjang kuesioner.
Syarat membuat Kuesioner
Untuk membuat Kuesioner yang baik, terdapat beberapa syarat yang harus diperhatikan sebagai berikut:
- Pertanyaan dibuat dengan bahasa yang jelas dan tidak ambigu atau multitafsir.
- Pertanyaan berkaitan dengan masalah yang ingin dipecahkan dalam penelitian,
- Menggunakan bahasa baku yang mudah dipahami responden.
Jenis-Jenis Kuesioner untuk Kepuasan Pelanggan
Terdapat 4 jenis kuesioner kepuasan pelanggan untuk produk atau jasa, yaitu:
1. CSAT (Customer Satisfaction Score)
CSAT Kuesioner berisi pertanyaan-pertanyaan yang sederhana dengan jawaban tertutup. Jawaban tertutup merupakan jawaban ya atau tidak. Isi dari pertanyaan kuesioner ini tentang produk atau jasa. Hasil dari kuesioner CSAT cukup efektif untuk mengukur kepuasan pelanggan. Anda dapat melihat berapa persen tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa yang Anda jual.
2. NPS (Net Promoter Score)
NPS Kuesioner termasuk jenis kuesioner di mana pelanggan akan memberikan nilai dari 0 – 10 dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Isi kuesioner NPS hampir sama dengan kuesioner CAST hanya saja jawabannya berupa penilaian angka. Jika hasil dari rata-rata jawaban kuesioner terdapat di skala 7 – 10 maka pelanggan Anda sudah cukup puas dengan produk Anda.
3. CES (Customer Efforts Score)
CES Kuesioner merupakan jenis kuesioner untuk menilai customer service atau pelayanan untuk sebuah toko. CES tidak dapat digunakan untuk toko fisik saja, melainkan toko online sudah banyak menggunakan kuesioner ini untuk mengukur kepuasan pelanggan. Salah satu pertanyaan yang sering diajukan di dalam kuesioner ini yaitu penilaian pada penyelesaian masalah cs toko. Dan biasanya pertanyaan yang diajukan CES seputar kualitas pelayanan.
4. Milestone Survey
Milestone Survey merupakan kuesioner untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap produk yang akan digunakan dalam jangka waktu tertentu. Biasanya kuesioner ini dapat dikirimkan kepada pelanggan setelah 30 hari setelah menggunakan produk. Anda juga dapat memberikan kuesioner ini setelah selesai bertransaksi.
Pada dasarnya, tujuan dan manfaat dari kuesioner adalah untuk mendapatkan sejumlah data atau informasi yang relevan dengan isi topik penelitian. Demikianlah penjelasan cara menyebarkan kuesioner secara online dan mudah yang dapat kamu lakukakan.