7 Tips Meningkatkan UMKM di Era Digital

meningkatkan UMKM di era digital

UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) mengalami perkembangan yang pesat saat ini. Karena, keberadaan UMKM tersebut mampu mendukung perekonomian nasional terlebih masyarakat kecil. Oleh karena itu, diperlukan usaha untuk meningkatkan UMKM terutama di era digital saat ini.

Karena tanpa adanya peningkatkan yang pasti, maka keberadaan UMKM tersebut tidak bisa bertahan untuk waktu yang lama. Inilah mengapa setiap pemilik UMKM harus memiliki taktik dan strategi ampuh agar bisa mengembangkan usahanya sehingga dapat menjadi usaha besar atau korporasi di masa depan.

Berbagai Tips Untuk Meningkatkan UMKM di Era Digital

Cara mengembangkan UMKM yang ada tidaklah sulit. Namun, kamu membutuhkan waktu dan konsistensi dalam menerapkan cara tersebut. Karena dengan konsistensi dan terus beriovasi dalam perbaikan jasa serta manajemen maka UMKM yang ada dapat berkembang dengan pesat.

Selain itu, kamu juga harus memanfaatkan setiap peluang yang ada sehingga perkembangan UMKM bisa melesat. Inilah mengapa cara, tips untuk pengembangan UMKM sangatlah penting. Adapun beberapa tips tersebut seperti:

1. Mengembangkan Produk dan Jasa

Hal yang paling utama untuk mengembangkan sebuah usaha adalah dengan mengembangkan produk dan jasa yang ada. Ketika baru memulai sebuah UMKM kamu harus menentukan akan menjadi usaha jasa atau produk.

Kamu bisa memilih keduanya, namun untuk tahap awal sebaiknya memilih salah satu agar lebih fokus dan bisa mengembangkan potensi yang dimiliki. Sebelum memilih salah satunya kamu harus melakukan riset terlebih dahulu.

Karena, produk atau jasa yang ditawarkan tanpa adanya riset memiliki risiko besar untuk gagal. Kamu harus memahami apa yang diinginkan masyarakat, tantangan, peluang dan ancaman yang ada. Minimalnya kamu harus melakukan analisis SWOT sebelum menentukan produk.

Setelah itu kembangkan sebaik mungkin. Jika produk maka tingkatkan kualitasnya. Sedangkan jika jasa, maka perbaiki pelayanan yang ada dan buat komunikasi yang baik kepada customer.

2. Melakukan Riset Pasar

Setiap usaha wajib melakukan riset pasar. Mengapa? Karena hal ini akan memudahkan kamu untuk mengembangkan bisnis sehingga tepat sasaran dan bisa memberikan hasil yang diinginkan. Riset pasar ini cukup banyak dan minimalnya kamu harus memperhatikan positioning, segmenting dan targeting.

Tiga hal ini akan menentukan posisi bisnis di pasaran, lalu kamu bisa memilih segmentasi dengan menentukan kelompok calon customer. Kemudian, kamu juga bisa menentukan target pasar yang ingin dimasuki.

Kamu juga sebaiknya membuat riset pasar lebih lanjut sehingga bisa mengetahui market share di lini bisnis yang sama. Karena dengan demikian, kamu bisa melihat peluang yang ada dengan lebih jelas

3. Mengikuti Event

Salah satu dari 7 strategi pengembangan UMKM yang ada adalah dengan mengikuti event atau kegiatan yang dekat dengan area bisnis. Kamu bisa menjadi sponsor atau ikut serta mendirikan stand di acara tersebut.

Mengikuti kegiatan ini tidak hanya membantu penjualan produk tetapi juga membantu kegiatan marketing terutama di masyarakat sekitar. Hal ini sangat penting karena semakin terkenalnya nama bisnis kamu maka akan semakin tinggi pula peluang berkembangnya bisnis tersebut.

Kamu tidak bisa memilih event atau festival secara sembarangan. Lebih baik memilih yang sesuai dengan lini bisnis masing-masing agar pasar yang diinginkan dapat diperoleh. Contohnya saja, jika kamu menyediakan produk pakaian maka ikuti event fashion. Sedangkan untuk produk kuliner sebaiknya kamu ikuti event yang sama seperti Pasar Kangen Jogja yang dilakukan setiap tahunnya.

4. Membangun Relasi yang Baik

Tidak ada bisnis yang dapat berdiri dan beroperasi dengan sendirinya. Oleh karena itu, kamu harus menjalin relasi dan Kerjasama dengan pihak lainnya. Sebagian besar pengusaha akan membangun relasi dengan pihak yang berhubungan langsung dengan bisnisnya.

Contohnya saja, untuk pengusaha UMKM coffee shop sebaiknya menjalin relasi dengan petani kopi atau minimalnya supplier kopi. Menjalin relasi yang baik dengan pihak lain tidak hanya memperkuat bisnis yang ada tetapi juga membantu relasi bisnis serta membantu marketing.

Mengapa? Karena relasi bisnis yang baik pastinya merekomendasikan bisnis kamu pada orang yang tepat. Jika bisnis kamu mengalami penurunan maka bisnis yang mereka miliki juga akan mengalami hal yang sama. Inilah mengapa kerjasama dalam bisnis sangatlah baik dan wajib dilakukan setiap pengusaha.

5. Meningkatkan Pelayanan

Pengembangan UMKM di Indonesia berikutnya adalah dengan meningkatkan pelayanan yang dimiliki. Pelayanan ini sangat penting karena sebaik apapun produk dan jasa yang ada jika tidak sebanding dengan pelayanan yang memadai maka bisnis UMKM akan sulit berkembang.

Mengapa? Karena pelayanan adalah hal yang paling utama. Pelayanan tersebut dimulai dari komunikasi dengan Customer Service baik dari telepon ataupun langsung, hingga kepada pemberian produk ataupun jasa.

Pelayanan yang baik harus didahului dengan komunikasi. Inilah mengapa setiap pemilik bisnis akan mengedepankan sopan santun, tutur, nada dan cara bicara yang menyenangkan kepada karyawannya. Karena, customer akan lebih mudah mengingat dan mengenali UMKM yang memiliki komunikasi yang baik.

Selain komunikasi, kamu juga harus mengembangkan jenis pelayanan lain. Semisalnya saja after service, seperti gratis konsultasi, refund, garansi dan lainnya. Hal ini sangat menarik perhatian customer karena mereka mendapatkan hal lebih dari bisnis yang kamu miliki.

6. Menggunakan E-Commerce

Era digital pasti dekat dengan teknologi, dan dengan mengikuti hal ini setiap pengusaha bisa mengembangkan bisnisnya dengan baik. Bahkan pangsa pasar yang ada menjadi tidak terbatas. Dahulu pasar yang memungkinkan hanyalah di kota atau daerah tempat bisnis beroperasi namun dengan teknologi seperti e-commerce pangsa pasar menjadi se Indonesia bahkan ke luar negeri.

Kamu sebaiknya mengikuti beberapa e-commerce dengan ikut berjualan di Shopee, Tokopedia, Lazada dan berbagai e-commerce lainnya. Mengikuti beberapa situs tersebut akan memudahkan bisnis kamu berkembang dan customer lebih mudah mengenalinya.

7. Memakai Teknologi Payment Digital

Perkembangan zaman memberikan banyak kemudahan bagi para pemilik bisnis. Salah satunya dengan adanya teknologi payment digital sepeti QRIS. Keberadaan payment digital ini memudahkan proses pembayaran baik dari kamu dan customer. Jadi, dari sisi keuangan bisnis kamu akan berjalan dengan baik.

Terdapat banyak pihak yang menyediakan jasa qris. Contohnya saja, sooltanPay, berbagai bank lokal di Indonesia, OVO, Gopay dan lainnya. Semua penyedia jasa QRIS tersebut pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Contohnya saja sooltanPay yang tidak hanya memudahkan transaksi tetapi juga pencatatan keuangan. Jadi, perkembangan cash flow dapat kamu ketahui dengan cepat dan akurat. Hanya saja, sooltanPay ini tergolong baru sehingga tidak banyak yang mengetahuinya. Sedangkan masyarakat Indonesia lebih terbiasa payment digital yang mainstream atau memakai debit untuk bertransaksi.

Tips meningkatkan UMKM di atas bisa kamu gunakan dengan baik secara langsung atau melalui beberapa modifikasi. Tapi, tips tersebut membutuhkan waktu agar bisa terimplementasi dengan baik. Oleh karena itu, kamu harus melakukan perencanaan serta konsistensi dalam menerapkannya agar UMKM tersebut dapat berkembang sesuai harapan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Konsultasi Sekarang !