Mana yang efektif? Merekrut Sendiri Atau Menggunakan Jasa Konsultan HRD?

Jasa Konsultan HRD

Mengelola sumber daya manusia perlu dilakukan secara teliti dan komprehensif. Terlebih lagi jika perusahaan baru bertumbuh. Tanpa tim HR yang mumpuni, Maka hal yang mungkin terjadi adalah kesalahan dalam memilih kandidat. Kalaupun secara kompetensi sudah cocok, namun ternyata secara sikap dan perilaku tidak sesuai dengan budaya Perusahaan. Untuk mengantisipasi ini, perusahaan perlu bantuan pihak ketiga. Maka dari itu, munculah Jasa konsultan HRD.

Siapa sih Konsultan HRD itu?

Konsultan HRD adalah tenaga profesional dari eksternal perusahaan yang berperan untuk memecahkan segala masalah dan kompleksitas sumber daya manusia di suatu badan usaha. 

Nantinya konsultan HRD ini akan banyak membantu perusahaan untuk memecahkan masalah talent di perusahaan dengan berbagai saran dan nasihat jangka panjang. 

Selain itu, konsultan HRD juga digunakan oleh beberapa perusahaan untuk menyelesaikan masalah yang sulit diatasi oleh tim internal. Dengan adanya bantuan dari konsultan HRD, diharapkan perusahaan mampu menyelesaikan berbagai masalah dengan tidak merugikan pihak manapun.

Kenapa Harus Menggunakan Jasa Konsultan HRD?

Dari ulasan singkat di atas, Anda sudah mengetahui bahwa peranan konsultan HRD dalam proses perekrutan karyawan khusus sangat krusial. Ada banyak sekali manfaat menggunakan konsultan HRD dalam proses perekrutan karyawan baru. Perusahaan tentunya juga akan sangat terbantu dengan menggunakan jasa konsultan HRD. Tapi, apa saja alasan menggunakan jasa konsultan HRD?


  1. Manajemen SDM Perusahaan terkelola dengan baik

    Alasan yang membuat perusahaan pakai konsultan HRD adalah, karena mereka bisa memberikan masukan terbaik bagi perusahaan. konsultan HRD merupakan tenaga perekrut yang memiliki spesialisasi khusus di berbagai bidang. Sehingga, mereka bisa lebih tepat dalam membantu menyelesaikan masalah internal perusahaan.

    Tak hanya itu, jasa konsultan HRD juga memiliki circle atau lingkar pergaulan yang didominasi oleh orang-orang yang berpengalaman di dalam bidang tersebut. Bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan banyak advice bagi perkembangan perusahaanmu.

  1. Mempermudah Proses Rekrutmen

    Jasa konsultan HRD juga bisa digunakan untuk meringankan tugas divisi HR. Karena, berbeda dari konsultan HRD, HR biasanya memiliki tanggung jawab yang cukup banyak. Mulai dari mengadakan perekrutan karyawan hingga mengurusi kebutuhan administrasi para karyawan yang ada di dalam perusahaan tersebut.

    Proses perekrutan yang dilakukan HR biasanya membuat divisi tersebut dibanjiri dengan ratusan atau bahkan ribuan CV. Membaca satu persatu dan memberikan keputusan yang tepat tentunya sangat sulit untuk dilakukan. Ditambah lagi, belum tentu hasil akhir dari proses perekrutan tersebut memuaskan.

    Itulah salah satu alasan menggunakan konsultan HRD. Anda hanya perlu memberikan informasi detail mengenai kualifikasi kandidat karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Mulai dari job description, skill khusus yang harus dimiliki, dan lain-lain. Selanjutnya, pihak konsultan HRD yang akan melakukan proses pencarian kandidat dan perekrutan. Sehingga perusahaan Anda Bisa lebih berfokus kepada hal-hal lain yang tidak kalah penting. Nantinya, pihak perusahaan hanya perlu melakukan tes wawancara kepada kandidat terbaik yang diajukan oleh pihak konsultan HRD.

  1. Menyediakan Solusi Bagi Pengembangan Kompetensi Karyawan

    Selain membantu jalannya proses rekrutmen konsultan HRD juga bisa membantu memberikan pelatihan terhadap tenaga kerja terutama dibidang akuntansi, pajak, keuangan dan sistem accounting supaya tenaga kerja tersebut menjadi lebih handal dan bisa bekerja secara maksimal di perusahaan.

    Konsultan HRD juga bisa membantu membuatkan KPI (Key Performance Index) agar dapat membantu melakukan penilaian terhadap kinerja karyawan, sehingga dapat memutuskan penghargaan dan bonus yang pantas diterima

  1. Melakukan Evaluasi Terhadap Kinerja Setiap Departemen

    Evaluasi memiliki peran penting dalam perusahaan. Jika evaluasi terus dilakukan dari dalam pihak organisasi, tentu akan sulit menciptakan penyelesaian masalah dengan lebih objektif. Oleh karena itulah, perusahaan sesekali juga perlu mendapatkan masukan dari pihak lain agar kinerja lebih optimal.

    Nantinya, konsultan HRD akan memberikan masukan dan saran yang lebih variatif demi menunjang perkembangan organisasi. Seperti diketahui, konsultan HRD pastilah mereka yang sudah berpengalaman menangani banyak permasalahan dari berbagai perusahaan.

Nah, itu tadi alasan pentingnya keberadaan jasa konsultan HRD dalam sebuah perusahaan. Untuk menemukan jasa konsultan HRD yang terpercaya dan telah berpengalaman, Anda bisa menghubungi Grapadi Konsultan. Dengan pengalaman menghandle klien baik dari dalam maupun luar negeri, Grapadi bisa menjadi partner perusahaan untuk berkembang dan mendapat talenta terbaik. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Konsultasi Sekarang !