Ini Proses Rekrutmen Perusahaan yang Efektif Tanpa Buang Waktu

Proses Rekrutmen Perusahaan

Mencari talenta yang tepat untuk sebuah perusahaan tidaklah mudah. Selain jumlah pelamar yang banyak, proses seleksi untuk setiap kandidat pun memerlukan waktu yang tidak sedikit pula. Oleh sebab itu, tim HR harus dapat menyiapkan proses rekrutmen perusahaan yang efektif sehingga alokasi waktu, tenaga, dan biaya dapat dioptimalkan untuk hal-hal yang lebih strategis.

Lalu, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mencapai proses rekrutmen yang efektif? berikut tips yang bisa Anda lakukan.

Proses Rekrutmen Perusahaan Efektif

  1. Identifikasi Kebutuhan Posisi

    Anda perlu melakukan identifikasi terlebih dahulu pada posisi baru atau pergantian karyawan di perusahaan. Hal yang perlu Anda lakukan adalah melihat kondisi karyawan yang memiliki beban kerja terlalu banyak sehingga memerlukan bantuan.

  1. Rencanakan Perekrutan dengan Seksama

    Hal ini berkaitan dengan bagaimana tim HRD akan mempublikasikan informasi lowongannya, siapa yang akan meninjau proses perekrutan, siapa yang akan berpartisipasi dalam proses wawancara, dan lain sebagainya. Anda harus merencanakan ini secara matang dan seksama.

  1. Publikasikan Lowongan

    Sudahkah Anda memutuskan dimana akan mempublikasikan lowongannya? Beberapa pilihan seperti membuka rekrutmen melalui platform/situs pencari kerja, melalui media cetak atau media elektronik, melalui job fair, atau Anda juga bisa menginformasikannya kepada karyawan di perusahaan untuk ikut membantu mencari kandidat terbaik.

  1. Lihat Latar Pendidikan dan Pengalaman Kerja

    Untuk memastikan Anda menerima kandidat terbaik, hal pertama yang harus diperhatikan adalah latar pendidikan dan pengalaman kerja. Hal ini sangat penting untuk beberapa posisi tertentu agar mereka bisa bekerja sesuai dengan jobdesknya. Pelamar yang dipilih adalah mereka yang dinilai berdasarkan syarat-syarat yang sudah dipenuhi.

  1. Lakukan Tes Kompetensi Bidang

    Beberapa posisi di perusahaan Anda mungkin membutuhkan tes kompetensi yang harus diikuti sejumlah kandidat. Dengan melakukan tes kompetensi bidang, Anda bisa menilai seberapa kompeten kandidat tersebut dalam bekerja sesuai dengan posisi yang dilamarnya.

  1. Hindari Proses Rekrutmen Karyawan Karena Mengenalnya

    Hal ini untuk menghindari penilaian bias dalam perusahaan Anda. Mungkin Anda merasa mengenal baik orang tersebut, tapi belum tentu dia berkompeten dalam mengerjakan tugasnya. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika Anda memilih kandidat yang memang tidak dikenal sama sekali.

Hal yang perlu diperhatikan adalah, jangan sampai Anda mempekerjakan karyawan hanya rasa kasihan. Belum tentu orang tersebut kompeten dalam melakukan pekerjaannya. Alih-alih berhasil dalam karir, hal ini mungkin bisa menjatuhkan citra perusahaan Anda. Oleh sebab itu Anda memerlukan strategi merekrut karyawan yang baik dan efisien. (mt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Konsultasi Sekarang !