Strategi Analisis Peluang Pasar untuk Bisnis Baru

Analisis Peluang Pasar

Market opportunity analysis atau analisis peluang pasar adalah sebuah analisis segmen pasar untuk menemukan potensi terbaik berdasarkan pertimbangan permintaan dan persaingan. Analisis dan evaluasi tidak hanya untuk situasi saat ini, tetapi juga untuk situasi masa depan yang mungkin terjadi. Ini adalah bagian dari analisis strategis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan (analisis SWOT).

Analisis pasar menjadi salah satu komponen yang penting dalam perencanaan pemasaran suatu produk. Omset penjualan akan meningkat dan keuntungan perusahaan juga akan bertambah jika pelaku usaha melakukan analisis pasar. Analisis ini harus dilakukan supaya pelaku usaha bisa menemukan berbagai peluang dalam bisnis dan potensi di dalamnya yang bisa dimanfaatkan dengan baik.

Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi peluang pasar yang dapat dieksploitasi perusahaan secara menguntungkan. 

Analisis peluang pasar dapat mencakup pemeriksaan terhadap faktor-faktor seperti:

  • Kondisi politik, ekonomi, sosial demografi, peraturan, teknologi, dan lingkungan alam
  • Ukuran pasar dan potensi penjualan 
  • Tingkat profitabilitas pasar
  • Analisis persaingan pasar

Nah, agar bisa meningkatkan penjualan dan meraih ruang pasar yang lebih besar, maka Anda harus menggunakan berbagai kebijakan yang tepat untuk bisa memasuki peluang pasar yang sudah tersedia.

Tips dan Cara Melakukan Analisis Peluang Pasar Bagi Para Pelaku Usaha

  1. Tentukan Pasar yang Relevan

    Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan pasar yang sifatnya relevan. Pasar relevan ini maksudnya adalah serangkaian produk barang ataupun jasa yang di dalamnya terdapat struktur pasar produk secara total, yang akan dinilai oleh pihak manajemen sebagai sesuatu yang strategis dan dan sangat penting. Dengan menentukan pasar yang relevan, maka nantinya langkah pemasaran produk yang Anda lakukan bisa lebih tepat sasaran.

  1. Mengamati kebutuhan yang diperlukan oleh konsumen.

    Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengetahui lebih dulu apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Kebutuhan akan produk apa yang sekiranya mampu membuat mereka menjadi pelanggan tetap bisnismu. Bukan hanya menjadi konsumen yang datang sekali lalu tidak kembali.

    Metode polling, survey di internet atau memaksimalkan mesin pencari di internet akan sangat bisa kamu gunakan di tahap ini. Dengan begitu kamu jadi paham apa yang benar-benar diperlukan oleh konsumen.

  1. Mengenal lebih dekat konsumen.

    Mengetahui karakter para konsumen berdasarkan analisis usia, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, pendapatan, juga status sosialnya. Hasil analisis ini bisa kamu gunakan untuk memperkirakan potensi beli konsumen terhadap produk yang kamu tawarkan.

  1. Menentukan target pasar secara spesifik

    Setelah melakukan proses analisa terhadap konsumen, maka target pasar bisa dengan segera ditentukan. Pasar yang kamu tuju biasanya dikenal dengan nama pasar relevan. Di dalam pasar relevan ini nantinya kamu bisa menemukan mana konsumen calon pelanggan tetap bisnismu, mana yang sekiranya membeli hanya saat sedang butuh sekali, dan mana yang tidak akan membeli sama sekali. Semuanya tergantung dari hasil analisismu di poin sebelumnya.

  1. Menilai Persaingan

    Setelah berhasil melakukan empat poin di atas, maka tahap terakhir yang harus Anda perhatikan adalah ketersediaan kompetitor di pasar. Sebagai pebisnis, sudah seharusnya bagi Anda untuk mampu menilai produk Anda dibandingkan dengan tawaran pesaing.

    Selain itu, Anda juga bisa menilai apakah operasional bisnis Anda sudah memadai untuk melakukan persaingan. sebagai contoh, bila kompetitor Anda masih menggunakan cara yang manual dalam melakukan transaksi, maka Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi kasir yang modern agar mempunyai nilai yang lebih besar dari kompetitor Anda.

Bisnis yang sudah menjamur di masyarakat hingga saat ini memang memerlukan strategi khusus supaya bisa bersaing di masyarakat dan meningkatkan penjualan. Maka dari itu, analisis pasar dibuat untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis yang tepat. Sehingga bisnis yang Anda jalankan akan lebih meningkat. Anda juga bisa berkonsultasi dengan business coach dari grapadi konsultan seputar bagaimana cara melakukan analisis pasar yang sesuai dengan usaha Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Konsultasi Sekarang !