Studi kelayakan adalah analisis tentang seberapa sukses suatu proyek yang diselesaikan. Dalam pembuatan studi kelayakan akan mempengaruhi beberapa bidang seperti faktor ekonomi, teknologi, hukum, dan penjadwalan. Adapun Manajer proyek yang menggunakan studi kelayakan untuk menentukan potensi dampak positif dan negatif dari suatu proyek sebelum menginvestasikan banyak waktu dan uang ke dalamnya.
Adanya Jasa pembuatan studi kelayakan memungkinkan perusahaan untuk menentukan dan mengatur semua detail yang diperlukan untuk membuat bisnis tersebut berjalan. Studi kelayakan akan membantu serta mengidentifikasi masalah logistik, dan hampir semua masalah terkait bisnis, serta solusi untuk mengatasinya.
Jasa pembuatan studi kelayakan membutuhkan tenaga ahli yang memiliki kemampuan dan informasi yang handal serta berbagai pengalaman yang sesuai jurusan atau posisi yang dibutuhkan dalam studi kelayakan, seperti: mempersiapkan studi pasar dan pemasaran, ahli akuntan, keuangan, ekonomi, teknik dan sebagainya. Berikut ini pihak-pihak penting yang berkontribusi pada pembuatan studi kelayakan proyek sebagai berikut.
- Kantor
Kantor dianggap sebagai penyedia jasa dan ahli dalam menyusun studi kelayakan. Kantor bervariasi sesuai dengan spesialis dalam mempersiapkan studi. Ada kantor khusus untuk aspek teknis seperti kantor teknik, dan ada kantor khusus untuk aspek ekonomi yang dikelola oleh ahli ekonomi di bidangnya dan ada kantor akuntansi.
- Pemilik Usaha
Jelas sekali pemilik usaha adalah orang yang memiliki kepentingan langsung dari hasil analisa studi kelayakan bisnis. Adanya studi kelayakan bisnis ini, bisa menjadi modal utama yang sangat penting dalam berbagai macam tindakan yang dilakukan terkait dengan kondisi dan situasi dari usaha yang dijalankan. Pemilik usaha harus memiliki keterampilan yang memadai untuk mengelola dan mengarahkan proyek selama pelaksanaannya.
- Kelompok Sasaran
Kelompok sasaran (segmen konsumen) dianggap sebagai salah satu pihak terpenting yang mempengaruhi proyek, karena mereka adalah sumber yang efektif dalam memantau keinginan mereka dan mengubahnya menjadi ide dan peluang dalam produk proyek yang sesuai dengan keinginan mereka.
- Instansi Resmi Pemerintah
Instansi resmi pemerintah berkepentingan dengan penerbitan izin dan surat-surat yang dibutuhkan untuk pelaksanaan proyek di lapangan, dan membuat undang-undang serta peraturan untuk melaksanakan proyek dan kegiatan. Pemerintah juga seharusnya mengetahui berbagai macam kondisi yang ada di lapangan. Sehingga pemerintah tidak terkesan menghambat pertumbuhan dari para pengusaha. Itulah pentingnya studi kelayakan bisnis yang juga harus dipelajari oleh pemerintah daerah maupun pusat.
- Ketenagakerjaan dan input produktif
Ketenagakerjaan dan input produktif merupakan elemen penting dalam pengoperasian proyek karena memerlukan ketersediaan keterampilan yang memadai dalam pekerjaan untuk mengelola tugas-tugas proyek dan ketersediaan peralatan dan bahan baku untuk menyediakan layanan serta produk proyek secara tepat waktu kepada segmen tujuan.
- Badan pemasaran dan sarana
Badan pemasaran dan sarana menjelaskan berbagai macam hal yang berkaitan dengan kondisi pasar dimana usaha Anda segera berjalan. Bagian ini berkontribusi dalam melakukan survei lapangan dan pengumpulan data untuk mempelajari pasar dan pesaing, serta menentukan pasar yang sesuai, ukuran terdapat metode komunikasi sesuai dengan segmen sasaran. Bagaimana agar produk yang akan dijual bisa terus diterima di pasar.
- Karakteristik Produk
Sifat dan karakteristik produk yang ditawarkan kepada kelompok sasaran dan keunggulan kompetitif atas apa yang ada di pasar. Bagian ini harus menjelaskan detail tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan. Karakteristik produk menjadi poin pertama yang harus dijalankan sebaik mungkin. Menjelaskan bagaimana produk yang Anda tawarkan mudah diingat, mempunyai nilai tawar yang tinggi, unik, sehingga bisa menarik para konsumen.